3 Langkah Mudah Mengetik Soal 2 dan 1 Kolom Menggunakan Microsoft Word

Anda ingin membuat soal ulangan/ujian pilihan ganda dengan dua kolam dan satu kolomnya lagi, berbentuk essay? Tulisan berikut ini, merupakan panduan 3 langkah mudah mengetik soal 2 dan 1 kolom menggunakan Microsoft Word.

Versi Ms. Word yang digunakan?

Saya menggunakan Ms. Office Word 2007, bagi Anda yang menggunakan versi sebelumnya (2003) atau yang terbaru 2010, 2013, 2016.. tidak masalah, semua versi bisa digunakan.

#Langkah pertama

Silahkan ketikan soal pelajaran yang ingin anda buat, biarkan semuanya menjadi satu kolom terlebih dulu..

Contoh: saya mengetikan soal TIK dengan 5 soal PG, dan 5 essay. Ini hanya sebuah contoh ya, pada umumnya soal-soal ulangan sebuah mata pelajaran di sekolah itu, minimal 20-an soal PG lebih.

Lihat gambar di bawah ini:

contoh soal di ms.word

#Langkah Kedua

Oke, setelah semua soal anda ketikkan, langkah selanjutnya adalah memblok area tulisan yang ingin dijadikan dua kolom. Ingat, hanya yang dua kolom saja!

Blok tulisan, seperti gambar di bawah ini:

Artikel terkait: Posisi Jari pada papan ketik (keyboard) untuk mengetik 10 jari

Setelah di blok, silahkan pilih menu tab PAGE LAYOUT, lalu klik two/dua kolom.. dan hasil akhirnya akan tampak seperti gambar di bawah ini:

2 kolom ms.word

Selain membagi dua kolom dengan bentuk seperti gambar di atas, anda juga bisa memberikan garis di tengah kolomnya. Caranya? Pilih tab menu page layout ==> More Columns ==>Two lalu ceklist line between.

#Langkah Tambahan/Ketiga

Soal yang anda buat, terkadang diharuskan di print ke dalam kertas kop sekolah yang sudah disediakan. Umumnya, kertas yang disediakan ada bagian header-nya berukuran 4-6 cm dengan ukuran Legal/F4. Atau bila anda ingin membuat header sendiri, silahkan setting sesuai dengan keperluan.

Sebelumnya, saya pernah membuat artikel pengaturan microsoft word dalam pembuatan tulisan, dimana untuk setting langkah tambahan ini, pernah saya tulis panduannya di artikel tersebut.

Tetapi, akan saya tuliskan kembali langkah singkatnya, kurang lebih seperti berikut ini.

Untuk merubah ukuran kertas, bila default word anda menggunakan paper A4, letter/kuarto,dll. Lalu anda ingin mengubahnya menjadi legal/F4. Silahkan pilih tab menu PAGE LAYOUT ==> Margins ==> Custom Margins.

Setelah mengklik custom margins, anda akan dibawa ke halaman PAGE SETUP, silahkan ganti margin Top/atas sesuai dengan ukuran header kertas anda. Kalau ragu dengan ukurannya, anda bisa memastikan dengan mengukurnya terlebih dahulu menggunakan penggaris, berapa TOP/tinggi (dalam cm/centi meter) headernya.

Setelah margins diganti, misanya 5,5 cm, lanjutkan dengan memilih PAPER, ganti HEIGHT/tinggi-nya menjadi ukuran 33 cm (Customize).


3 thoughts on “3 Langkah Mudah Mengetik Soal 2 dan 1 Kolom Menggunakan Microsoft Word

    1. umar danny Post author

      bisa menggunakan tabulasi pada keyboard, bila menurut Anda kurang sesuai posisi jaraknya..BIsa juga menggunakan Left tab (posisinya ada di RULER atas, tinggal klik dan tahan, maka akan muncul garis hitam kecil berbentuk huruf L) pada aplikasi ms.word tinggal Anda sesuaikan saja..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.