5 Kriteria Contoh CV yang Menarik Perhatian Perusahaan Tahun 2020

Ada banyak sekali contoh CV yang dapat diikuti, namun apakah Anda sudah melihat kriteria paling tepat? Jika belum, mari sama-sama kenali poin-poin tersebut. Cara membuatnya mudah, praktis dan tak perlu repot. Catat detailnya lewat artikel di bawah ini!

Persaingan kerja hari ini begitu kompetitif lewat sistem perekrutan yang ketat. Tak pandang bulu, kalangan fresh graduate maupun profesional bersaing memperebutkan kursi kerja. Salah satu hal paling berpengaruh adalah mengikuti kriteria contoh CV yang baik dan benar.

Tak sembarangan memilih, pihak HRD perusahaan bakal menyaring ratusan hingga ribuan resume pelamar kerja dan memeriksa satu per satu. Maka dari itu, kesan pertama yang biasanya mereka lihat adalah bagaimana informasi, penjelasan hingga pengemasan CV Anda dibuat.

Singkat kata, jika ingin mendapatkan pekerjaan yang baik, Anda harus dapat bersaing dengan kandidat lain dengan kualifikasi serupa. Sudah punya rencana dan referensi contoh CV

yang baik untuk diikuti? Jika belum, simak melalui penjelasan sebagai berikut…

5 Kriteria Contoh CV Terbaik Tahun 2020

1. Memakai Format yang Tepat
Kriteria contoh CV yang biasanya menarik perhatian perusahaan adalah pilihan format sesuai tujuan. Jenis format resume terbagi tiga, yakni kronologis, kreatif dan kombinasi. Titik keberhasilan seseorang dalam membuat CV bertumpu pada seberapa cocok dia memilih format.

Jika Anda melamar kerja di industri kreatif, biasanya membuat CV dengan format kreatif adalah pilihan tepat. Ada pula yang membuat CV format kronologis yang tersusun secara sistematis untuk mencari aman. Bingung akan dua pilihan? Satukan semuanya dalam format kombinasi.

2. Kalimat Perkenalan Menarik
Guna menarik perhatian pihak HRD dari perusahaan yang dituju, ringkasan atau kalimat perkenalan Anda harus singkat, padat dan menarik. Tak perlu lebih dari dua atau tiga kalimat, gunakan untuk menyoroti pengalaman profesional hingga keterampilan yang relevan.

Tak ada salahnya menyertakan kemampuan khusus serta prestasi baik di pekerjaan sebelumnya ataupun di luar sana. Hindari pemborosan dan pilih poin yang dapat menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang ideal untuk pekerjaan tersebut.

Mulailah dengan membuat daftar karakter terkuat Anda dalam beberapa kata, lalu sebutkan pekerjaan Anda saat ini bila ada. Beralihlah ke prestasi yang pernah diraih, kemudian nyatakan secara singkat tujuan Anda untuk bekerja di perusahaan tempat Anda melamar.

3. Pakai Template CV Kekinian
Salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian pihak HRD perusahaan adalah memakai template kekinian yang menyenangkan secara visual, sehingga menarik mereka untuk membaca konten dalam CV tersebut. Lebih lanjut, susun serta tentukan elemen di dalamnya.

Pilih tata letak dan desain yang tepat untuk posisi yang Anda lamar. Secara garis besar, template yang dapat diterima akan tergantung pada industri tertentu. Dari sekian banyaknya pilihan, tugas Anda adalah menentukan pilihan paling tepat dan sesuai untuk diimplementasikan dalam CV.

Sumber: https://canva.com

4. Tanpa Bahasa Bertele-tele
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda harus menyusun kalimat pada CV secara singkat, padat dan jelas. Resume yang menarik dengan kata-kata kreatif juga bagus, namun hindari bahasa terlalu bertele-tele. Hal ini justru akan membuat HRD bosan saat membaca.

Resume bukanlah ajang untuk memamerkan diri, namun perkenalan sepintas terkait diri Anda dan mengapa hendak melamar pada perusahaan tersebut. Minimalisir cerita-cerita yang tak penting. Lagipula, Anda juga mesti memikirkan space agar CV tidak terlihat penuh.

5. Jauh dari Kesalahan
Proofreading adalah hal penting. Kriteria contoh CV yang baik adalah minim bahkan tidak ada kesalahan ketik sama sekali. Pihak HRD perusahaan biasanya menilai diri Anda ceroboh jika tak mampu memperhatikan hal-hal detail seperti tanda baca, kata-kata dan sebagainya.

Itulah tadi 5 kriteria contoh CV yang menarik perusahaan. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan ahlinya demi hasil resume optimal dan enak dilihat. Selamat mencoba!


One Reply to “5 Kriteria Contoh CV yang Menarik Perhatian Perusahaan Tahun 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.