6 Tools Yang Diperlukan Untuk Membuat Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Web

Membuat sebuah aplikasi berbasis website, dekstop ataupun mobile, pastinya memerlukan tool agar aplikasi yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan harapan. Sistem pakar sebagai bagian dari ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intellgence), telah banyak digunakan untuk membantu menyelsaikan tugas/masalah yang ada dalam dunia nyata. Aplikasi sistem pakar yang cukup terkenal diantaranya: aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa bakteri penyakit tertentu dari Universitas Standford bernama Mycin, Aplikasi Sistem Pakar untuk konsultasi kerusakan lokomotif di buat oleh General Electric.

Baca: tutorial sistem pakar

Tools Untuk Membuat Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Website

Berikut beberapa tools yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi sistem pakar berbasis web, diantaranya:

1. Bahasa Pemrograman

Menggunakan bahasa pemrograman PHP sejauh ini bisa anda jadikan pilihan utama. Walaupun ada beberapa bahasa pemrograman lain seperti ASP (Active Server Page), JSP (Java Server Pages), Perl dan Phyton, tetapi sejauh yang saya ketahui tutorial/ebook dan penggunaan PHP lebih banyak dibandingkan pemrograman lainnya.

Artikel terkait: 2 Buku Gratis bahasa pemorgraman web dengan PHP dan MySQL Terbaik

Untuk menuliskan bahasa pemrograman PHP bisa menggunakan tools seperti: notepad, notepad++, dreamweaver, dan lain-lain.

2. Database

MySQL bisa dijadikan pilihan untuk menyimpan data-data yang telah anda buat. MySQL merupakan software database open source yang cukup populer. Banyak pengembang software dan aplikasi populer yang menggunakannya seperti google, yahoo, nokia, youtube, wordpress dan facebook.

Banyak tools yang bisa anda gunakan untuk mempermudah administrasi MySQL, diantaranya: MySQL command line client, MySQL-Front, SQL Yog, MySQL Administrator dan yang paling sering digunakan hampir semua penyedia hosting adalah PHPMyAdmin.

baca juga : ebook gratis MySQL lengkap bahasa Indonesia

3. Web Server

Web server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima request (permintaan) berupa halaman web web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya (response) dalam bentuk dokumen html.

Beberapa web server yang bisa anda gunakan diantaranya IIS (Internet infromation service) keluaran microsoft, Xitami Web server, Sun Java System Web Server dan Apache (www.apache.org). Anda bisa menggunakan Apache sebagai web server di komputer/laptop sendiri (localhost).

Proses instalasi Apache, PHP dan MySQL terkadang menjadi kendala dalam pembuatan pemrograman web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Untuk itu gunakanlah aplikasi paket gratis yang menyediakan ketiga software tersebut. Untuk hal ini, saya lebih menyarankan XAMPP (versi windows) dan LAMPP (linux) untuk dijadikan pilihan.

Untuk proses instalasi xampp anda bisa membaca pada tulisan saya sebelumnya, Tutorial Lengkap Cara Menggunakan xampp di windows.

4. Ms. Office Excel

Aplikasi keluaran microsoft corporation ini, masih menjadi pilihan saya untuk mengumpulkan data dan menyortirnya sebelum di input ke dalam database. Biasanya saya akan membuat tabel dalam bentuk matriks, dimana ciri-ciri dari sebuah sistem pakar yang saya buat. Lalu saya klasifikasikan data mana yang paling banyak muncul (keluar) untuk dijadikan level 1 sebagai ciri pertama yang paling banyak keluar dibandingkan ciri yang lain, dan seterusnya. Biasanya saya membuat hanya sampai level ke 5 atau sampai ciri yang ke 5 saja.

Contoh: Saya membuat Aplikasi sistem pakar Mengidentifikasi Buah Untuk Pengobatan Herbal. Lalu saya mengumpulkan ciri-ciri dari jenis buah tersebut dalam sebuah tabel di ms. Excel, seperti gambar di bawah ini:

contoh matriks sistem pakar di excel

5. Microsoft Office Visio

Microsoft office visio bisa anda gunakan untuk membuat flowchart dan pohon keputusan (decision tree) pada program sistem pakar. Untuk pohon keputusan, anda bisa melihat contoh-contohnya pada tulisan kumpulan skripsi sistem pakar referensi skripsi budi luhur pada bagian lampiran.

6. Browser

Tentunya untuk menjalankan program berbasis web, memerlukan browser untuk menampilkan aplikasi yang telah dibuat. Untuk Browser, mozilla firefox dan google chrome buatan google, masih menjadi pilihan saya.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website