7 Manfaat Air Putih Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Kesehatan Tubuh

gambar minum air putih
manfaat air putih

Pernahkah pencernaan anda tidak lancar? Atau anda mengalami sembelit, ingin menurunkan berat badan, terlalu banyak racun dalam tubuh, ingin mengeluarkan kotoran dari darah, ingin tetap bugar dengan mempertahankan kelembapan kulit dan menguatkan jantung. Air putih bisa menjadi solusi dari itu semua. Kok air putih? Yup, karena air putih merupakan minuman terbaik. Tidak diragukan lagi, air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut 7 manfaat air putih yang perlu anda ketahui untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Melancarkan pencernaan
Minum cukup air putih akan membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.

2. Air putih dapat menunda rasa lapar
Minum satu atau dua gelas air putih sebelum makan akan membuat perut terasa lebih penuh. Dalam kondisi perut yang terasa lebih penuh, seseorang akan makan dalam jumlah lebih sedikit. Proses inilah yang membantu penurunan berat badan.

Air putih juga membantu mengeluarkan penumpukan cairan di dalam tubuh melalui urine. 60% tubuh manusia terdiri dari air. Ketika mendapatkan air yang cukup, tubuh akan mencoba untuk menyimpan semua air tersebut ke dalam sel. Air yang disimpan ini memberikan berat ekstra pada tubuh. Kaki mungkin akan sedikit membesar. Saat tubuh menerima cukup asupan air, tubuh akan melepaskan air yang disimpan secara bertahap. Cara ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membantu proses metabolisme dalam tubuh, dengan mengubah makanan menjadi energi. Dalam hal ini, air berperan dalam membakar kalori.

3. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi)
Air putih berperan dalam penyaringan tubuh dan mengeluarkannya melalui urine. Air putih juga bekerja menghilangkan racun dan ampas makanan yang mungkin masih tersisa serta menumpuk di usus.

4. Memelihara fungsi ginjal
Fungsi ginjal antara lain membersihkan racun dan mengeluarkan kotoran dari darah, mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh, serta mengeluarkan hormon yang membantu produksi sel darah merah

Air berperan sebagai media untuk membersihkan sisa metabolisme. Sementara itu, ginjal berfungsi menyaring darah dan mengeluarkan sisa metabolisme. Kekurangan air membuat kinerja ginjal akan menjadi lebih berat. Itulah sebabnya, orang yang kurang minum air putih dapat mengalami gangguan ginjal. Sebaliknya, air putih yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap hari akan turut memelihara kesehatan ginjal.

5. Mencegah dehidrasi
Cairan tubuh keluar brsama urine, keringat, uap pernapasan, dan feses. Konsumsi air putih yang cukup berfungsi untuk mengganti cairan tubuh yang keluar sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi dan tetap bugar.

6. Menjaga kesehatan kulit
Air putih bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit. Konsumsi air putih yang cukup akan membuat kulit senantiasa lembap, elastis, memperlambat datangnya tanda-tanda penuaan, dan bercahaya. Kurang air putih dapat menyebabkan kulit menjadi mengerut, kering, dan kusam.

7. Menguatkan jantung
Air putih membantu jantung dalam memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Saat tubuh mengalami dehidrasi, jantung harus bekerja lebih keras. Akibatnya, tekanan darah pun menurun.

sumber : Keen Achroni. “semua rahasia kulit cantik dan sehat ada disini”.

Baca juga : obat hipertensi dengan daun sirih merah

Demikian artikel manfaat minum air putih  untuk kesehatan tubuh semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website