8 Cara Berdamai dengan Stres

Stres tidak dapat dihindari. Selalu datang dan pergi dalam kehidupan sehari-hari. Dan stres gampang sekali menyerang kita kecuali kita segera berintindak. Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dan berdamai dengan stres. Berikut 8 ide untuk menangani stres tanpa menyebabkan lebih banyak ketegangan.

1. Cari tahu penyebab stres

Sering kali, ketika kita sedang stres, kita merasa bahwa pemicu stres datang dari segala arah. Kita sudah berusaha menghindar dan mengambil posisi bertahan, namun gagal.

2. Yakinlah bahwa Anda dapat menanganinya dan bangkit

Meski Anda tidak dapat mengendalikan apa yang dilakukan bos Anda, apa yang dikatakan ibu mertua Anda atau keadaan ekonomi yang memburuk, Anda dapat mengendalikan bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi tersebut, bagaimana Anda bisa menghabiskan waktu Anda dan untuk keperluan apa Anda membelanjakan uang Anda.

3. Lakukan apa yang kamu inginkan

Akan jauh lebih mudah untuk menghadapi stres jika Anda memanfaatkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Bahkan jika pekerjaan Anda adalah sumber stresnya, Anda selalu dapat meluangkan waktu untuk hobi Anda untuk membuat hari Anda lebih berwarna. Apa yang Anda sukai? Jika Anda tidak yakin, lakukan eksperimen dengan berbagai aktivitas untuk menemukan sesuatu yang berarti dan sesuai dengan keinginan.

baca juga: cara melamar pekerjaan lewat internet

orang sedang stress

4. Atur waktu Anda dengan baik

Salah satu penyebab stres terbesar bagi banyak orang adalah kurangnya waktu. Mereka memiliki banyak hal yang harus diselesaikan, sementara waktu berlalu bergitu saja. Seberapa sering Anda berharap ada lebih banyak jam dalam sehari atau mendengar orang lain mengeluh kurang waktu?

5. Ciptakan kotak tehnik andalan Anda

Satu strategi saja tidak akan cuckup untuk menyelesaikan semua masalah Anda. Misalnya, meski mengambil nafas dalam-dalam sangat membantu ketika Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau harus menunggu seseorang di rumah, ini tentu saja tidak akan membantu Anda dalam pertemuan bisnis.

6. Apakah Anda membuat diri Anda sendiri lemah dan rawan terhadap stres?

Apakah Anda menganggap sesuatu sebagai pemicu stres atau tidak itu tergantung pada kondisi pikiran dan tubuh Anda saat itu. Jika Anda tidak tidur mencukupi atau kurang aktivitas di minggu-minggu tersebut, Anda memberikan kesempatan pada diri Anda sendiri untuk lebih mudah terserang stres. Jika Anda kurang tidur, kurang ativitas dan terlalu banyak kopi, bahkan pemicu sekecil apapun akan berdampak besar.

7. Sadari bahwa ada perbedaan antara khawatir dan peduli

Terkadang, cara berpikir kita dapat meningkatkan stres, masalah yang kecil bisa menjadi besar. Kita bisa terus merasa khawatir, setidaknya beberapa orang menganggap hal ini sebagai respon produktif terhadap stres yang tidak dapat dihindari. Tetapi jangan biarkan Anda berlarut-larut dalam situasi tersebut, lakukan sesuatu.

Artikel lain: cara mempromosikan diri dan mengisi profil di jobstreetĀ 

8. Terima kesalahan atau setidaknya jangan terlalu tenggelam dalam sikap perfeksionis

Cara berpikir lain yang dapat memperparah stres adalah sikap perfeksionis. Berusaha bebas dari kesalahan dan menjalani hari-hari dengan acuan tertentu tentu sangat melelahkan dan dapat memicu kecemasan. Lepaskan tekanan dari diri Anda! Sebagaimana kita menyadari bahwa kita tahu sesuatu tetapi cenderung lupa: Perfeksionisme adalah tidak mungkin dan tidak manusiawi.

Cari tahu penyebab stres dalam pekerjaan Anda dan temukan solusinya di Neuvoo Indonesia!

Artikel 8 Cara Berdamai dengan Stres ditulis oleh: nania pablo ([email protected])

Bagikan Yuuk!

    3 thoughts on “8 Cara Berdamai dengan Stres

    1. alya October 22, 2016 at

      wahhh…orang sukses harus selalu baca ini ni… kebetulan aku lagi mumet nih, cocok…hehe

      • umar danny October 22, 2016 at

        @alya:semoga setelah baca artikelnya, udah ga mumet lagi ya..hehehee

    2. dc shoes indonesia November 11, 2016 at

      cocok banget dah sma artikelnya, thanks mba

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website