Analisa Jaringan Internet Dengan Cara Melakukan Tracerout

Ketika saya membuka website umardanny.com, ternyata loading terus atau lama sekali. Kemudian saya mencoba membuka lewat dashboardnya ternyata sama aja, tidak bisa diakses!Kenapa ini ya?Apakah tempat hosting yang saya gunakan sedang bermasalah?atau memang modem/koneksi internet saya yang lemot/down? tapi saat saya membuka website yang lain lancar-lancar saja, tidak ada masalah. Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama? bila Anda pernah mengalaminya juga, mungkin kejadian yang pernah saya alami, bisa juga Anda lakukan, yaitu dengan analisa jaringan internet Anda dengan cara melakukan traceroute.

Setelah menunggu sekitar 30 menitan ternyata website saya umardanny.com masih sulit untuk diakses, akhirnya saya coba menghubungi TS (Technical Support) dari qwords.com, kebetulan website saya di hosting di sana. Sepengetahuan saya selama berlangganan atau menjadi klien qwords tidak pernah mengalami gangguan server, walaupun ada biasanya hanya pemindahan server. Untuk pemindahan serverpun biasanya pihak qwords terlebih dahulu menghubungi kliennya lewat email jauh-jauh hari. Di samping itu TS maupun CS nya siap 24 jam melayani customernya. Akhirnya saya mengajukan ticket support, dan selang tidak beberapa lama dapat email balasan yang isinya, bahwa saya harus melakukan clear chace pada browser yang saya gunakan. Setelah melakukan clear chace ternyata website saya belum bisa diakses juga.  Akhirnya atas anjuran Technical Support Qwords saya melakukan traceroute.

hosting domain murah berkualitas terpecaya indonesia

Cara Melakukan Traceroute pada Sistem Operasi Windows

Traceroute adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan.  Traceroute atau tracert berguna untuk menganalisa jaringan internet yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host/server melalui media di internet atau jaringan komputer. Langkah yang Anda lakukan bila ingin melakukan traceroute, bisa seperti waktu saya mengalaminya, dengan cara:

1. Klik Start lalu ketikkan “Run”
2. Setelah muncul pop up lalu ketikkan “CMD”
3. Kemudian munculah gambar seperti di bawah ini, kemudian Anda  mengetikkan “tracert(spasi)namadomainanda”

Contoh hasil tracert berikut saya ambil dari qwords.com, dikarenakan saya lupa mengambil screen shoot (ss) pada waktu mengalami kejadian itu.

gambar traceroute

Pada gambar di atas menunjukkan bahwa koneksi dari qwords.com cukup stabil, dimana bisa dilihat dari Hops (loncatan) atau perpindahan data yang terjadi tidak terlalu jauh, Hops ini terlihat pada urutan 1,2,3 dan seterusnya. Untuk waktu dalam satuan milisecond (ms) sama seperti halnya Hops, semakin kecil waktu perpindahan data, maka semakin baik/cepat Anda mengakses situs yang Anda traceroute tadi.

Tetapi jika muncul pesan RTO (request time out) atau tanda * (bintang) pada hasil tracert yang Anda lakukan, maka koneksi internet Anda lah yang menjadi masalah. Untuk menyelesaikan masalah ini(koneksi internet) silahkan menghubungi atau menanyakan pihak ISP (internet service provider /jasa layanan internet) atau bisa juga didiskusikan dengan admin jaringan komputer Anda/orang yang mengerti tentang jaringan internet (komputer), siapa tau ada hal lainnnya yang mengganggu penyebab LOLA (loading lama) koneksi internet Anda. 🙂

Sumber ArtikelMenganalisa Jaringan Internet Dengan Cara Melakukan Tracerout

www.Qwords.com, cara melakukan traceroute

Bagikan Yuuk!

    3 thoughts on “Analisa Jaringan Internet Dengan Cara Melakukan Tracerout

    1. Cherie April 17, 2015 at

      oh ternyata pake cmd toh, kirain ada software lain hehe

    2. umar danny July 22, 2015 at

      @cherie: iya mba, ini pake cmd traceroutenya..

    3. arie January 7, 2016 at

      saya ada 2 web, telah di tracert hasilnya RTO tetapi 1 web tetap bisa diakses dengan lancar dan 1 nya tidak bisa diakses. berarti kendalanya dimana ya ?

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website