Aplikasi Kecerdasan Buatan dan Fungsinya

Definisi Artificial Intelligence – Aplikasi kecerdasan tiruan(buatan) atau biasa disingkat AI merupakan proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia. AI mempelajari bagaimana membuat komputer melakukan pada suatu kejadian atau peristiwa yang mana orang melakukannya dengan baik. Sebelum lebih jauh kita membahas aplikasi kecerdasan buatan dan fungsinya, ada baiknya kita mengetahui sejarah aplikasi kecerdasan buatan ini.

gambar artificial intelligence
gambar kecerdasan tiruan dari www.matamata.com

Tahun 1963, merupakan tahun bersejarah lahirnya beberapa aplikasi kecerdasan tiruan. Seperti Samual yang menulis sebuah program lalu memberinya nama checker playing program. Program Samual tersebut digunakan tidak hanya untuk bermain game, tetapi digunakan juga pengalamannya pada permainan untuk mendukung kemampuan sebelumnya. Pada tahun yang sama banyak ditemukan pembuktian theorema (theorem proving) yang mendukung AI seperti logic theorist yang diawal percobaan digunakan untuk membuktikan teorema matematika tentang Prinsip Matematika Whiteheat dan Russel. Theorema Gelernter membuktikan pencarian area yang laen dari matematika yaitu geometri. Lalu ada pembuktian dengan abstraksi/eksternal dengan menggunakan object sebagai pemecahan masalah umum.

Di atas telah diuraikan sejarah singkat lahir dan perkembangan kecerdasan tiruan. Oleh karena itu tidak ada salahnya saya selipkan sedikit sejarah sistem pakar yang merupakan bagian dari ilmu kecerdasan tiruan atau Artificial Intelligence.

Sejarah Sistem Pakar

Sebelum tahun 1963 dan tahun berikutnya menjadi tolak ukur perkembangan sistem pakar. Sistem Pakar atau expert System merupakan bagian dari ilmu kecerdasan tiruan/buatan. Bila diambil dari sejarah sistem pakar berdasarkan tahun, bisa ditarik kesimpulan tahun lahir dan perkembangan sistem pakar, sebagai berikut:
– Tahun 1943, Post E.L membuktikan bahwa permasalahan-permasalahan komputasi dapat diselesaikan dengan aturan IF-THEN.
– Tahun 1961 , General Problem Solver (GPS) oleh A. Newel dan H. Simon.  Membuat sebuah program yang dibangun untuk menyelesaiakan permasalahan mulai dari games sampai matematika integral.
– Tahun 1969, Dendral. Dibangun di Stamford University atas permintaan Nasa (Buchanan dan Feigenbaum) untuk melakukan analisisi kimiawi terhadap kondisi tanah di planet Mars.
– Tahun 1970, MCYN. Dibuat untuk diagnosa medis oleh Buchanan dan Shortliffe.
– 1982, R1/XCON. Dibuat oleh para peneliti di Carnegie Melon University (CMU) merupakan sistem pakar pertama yang dibuat.
Baca juga artikel lainnya : kumpulan contoh-contoh skripsi sistem pakar

Merujuk pada hal di atas, permainan catur merupakan bagian dari program/aplikasi kecerdasan tiruan, hal ini dikarenakan permainan catur merupakan permainan yang lengkap, harus jelas situasi dan ketentuannya. Dari awal pekerjaan AI hingga sekarang ini, AI  dapat dikelompokkan ke dalam tiga tugas(task) yang lebih berguna/berfungsi, diantaranya:

1. Tugas biasa (Mundane Tasks)
Contoh tugas biasa merupakan kebiasaan kita, seperti: mahasiswa, pekerja, pegawai, karyawan, customer service, teller atau pekerjaan makan, dimana dalam menyelesaikan pekerjaan harus memahami (menyamakan persepsi yang kita lihat (visionatau yang diucapkan (speech), di samping itu itu kita harus mengerti atau menerjemahkan/memunculkan bahasa alami yang biasa kita pakai dalam pekerjaan ini serta harus dikendalikan dengan pertimbangan berdasarkan pikiran yang sehat (kita tidak dapat mengerjakan tugas ini bila yang diperintahkan oleh pemberi pekerjaan objeknya tidak terlihat, tidak ada yang diucapkan/menyeluruh serta tidak mengerti bahasa bahasa pengantarnya dan pikiran lagi tidak sehat).

2. Tugas Formil (Formal Task)
Contoh tugas formil yang dapat selesai bila aturan formalnya terpenuhi, seperti: Polisi, Atlet Nasional, Tentara/TNI, programmer, debugger, yang kesemuanya membutuhkan kemampuan logika terbaik.

3. Tugas Ahli (Expert Task)
Contoh tugas yang dapat diselesaikan bila ahlinya ada, seperti: tenaga ahli di berbagai bidang, dokter spesialist, montir ahli, peneliti senior, dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi AI

Aplikasi-aplikasi dari Program kecerdasan tiruan/buatan diantaranya:
– Game Playing
– Sistem Bahasa Alami
– Sistem Perancangan dan Pembuatan CAD/CAM
– Sistem Pakar VLSI
– Sistem Pakar Reparasi Perangkat Keras
– Manajemen Data Cerdas
– Sistem Otomatisasi Kantor, dll.

Baca juga : Download ebook gratis sistem pakar pdf

Untuk Sistem pakar, saya pernah membuatnya dan aplikasi ini bisa anda lihat demonya di artikel aplikasi sistem pakar untuk diagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web. Atau bila butuh refrensi tentang sistem pakar, anda bisa membaca artikel saya lainnya yaitu jurnal sistem pakar, mungkin bisa anda jadikan acuan untuk pembuatan makalah sistem pakar komputer, perancangan sistem pakar, materi kuliah artificial intelligence dan lain sebagainya.

Demikian artikel aplikasi kecerdasan buatan dan fungsinya, semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website