Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi

Aplikasi sistem pakar penyakit bayi  ini dibuat menggunakan sistem pakar berbasis web  dengan metode forward chaining (pelacakan ke depan/fakta-fakta menuju ke kesimpulan) bahasa pemprograman PHP dan database mysql. Tujuan diciptakan aplikasi sistem pakar berbasis web untuk mempermudah bagi petugas kesehatan seperti Dokter, Bidan, perawat dan masyarakat luas untuk mendiagnosa atau memeriksa secara cepat kondisi bayi, serta menemukan solusi dari masalah bayi.

Sebelum Anda menuju halaman konsultasibayionline.umardanny.com , Ada baiknya Anda mengikuti petunjuk/cara penggunaan sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit bayi atau anak Anda berikut ini.

Cara Menjalankan Program Sistem Pakar

1. Langkah Pertama

Pada langkah pertama akan tampil layar halaman utama. Pada layar ini terdapat pilihan menu home, konsultasi dan kamus istilah. Pilih menu “konsultasi” untuk melakukan diagnosa penyakit. Tampilan layar pada langkah ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

konsultasi bayi online
Gambar Tampilan Layar Halaman Utama Sebelum Konsultasi Dimulai

2. Langkah Kedua

Pada langkah kedua akan tampil layar yang berisi pertanyaan level yang pertama. Kemudian pilih opsi yang sesuai dengan keadaan bayi, dan mengklik tombol ‘lanjut’ untuk melanjutkan pertanyaan ke pertanyaan level berikutnya. Tampilan layar langkah kedua ini dapat dilihat pada gambar

langakah menjalankan sistem pakar berbasis web
Gambar Tampilan Layar Konsultasi pertanyaan pertama (level 1)

3. Langkah Ketiga

Pada langkah ketiga akan tampil layar yang berisi pertanyaan level kedua. Pilih tombol ‘lanjut’ untuk melanjutkan pertanyaan ke level ketiga setelah pertanyaan dipilih, tombol ‘kembali’ untuk kembali ke pertanyaan level pertama, tombol ‘arahan’ untuk menarik kemungkinan kesimpulan-kesimpulan (bila pertanyaan-pertanyaan yang ada, tidak sesuai dengan kondisi bayi. User/pengguna bisa mengklik tombol arahan untuk melihat kesimpulan penyakit bayi/kemungkinan-kemungkinan yang ada, bila ditahap/level ketiga ini dilanjutkan). Tombol  ‘image  kembali’ untuk kembali ke menu halaman utama.

langkah ke 3 diagnosa penyakit
Gambar Tampilan Layar Konsultasi pertanyaan kedua (level 2)

4. Langkah keempat

Pada langkah keempat akan tampil layar yang berisi pertanyaan level ketiga. Pilih tombol ‘lanjut’ untuk melanjutkan pertanyaan ke level keempat setelah pertanyaan dipilih, tombol ‘kembali’ untuk kembali ke pertanyaan level kedua, tombol ‘arahan’ untuk menarik kemungkinan kesimpulan-kesimpulan. Tombol  ‘image  kembali’ untuk kembali ke menu halaman utama.

langkah ke 4 menjalankan sistem pakar
Gambar Tampilan Layar Konsultasi pertanyaan ketiga (level 3)

5. Langkah Kelima

Pada langkah kelima akan tampil layar yang berisi pertanyaan level keempat. Pilih tombol ‘lanjut’ untuk melanjutkan pertanyaan ke level kelima setelah pertanyaan dipilih, tombol ‘kembali’ untuk kembali ke pertanyaan level ketiga, tombol ‘arahan’ untuk menarik kemungkinan kesimpulan-kesimpulan. Tombol  ‘image  kembali’ untuk kembali ke menu halaman utama

langkah ke5 sistem pakar
Gambar Tampilan Layar Konsultasi pertanyaan keempat (level 4)

6. Langkah keenam

Pada langkah keenam akan tampil layar yang berisi pertanyaan level kelima. Pilih tombol ‘lanjut’ untuk melanjutkan pertanyaan ke kesimpulan setelah pertanyaan dipilih, tombol ‘kembali’ untuk kembali ke pertanyaan level keempat, tombol ‘arahan’ untuk menarik kemungkinan kesimpulan-kesimpulan. Tombol  ‘image  kembali’ untuk kembali ke menu halaman utama.

langkah ke 6 sistem pakar
Gambar Tampilan Layar Konsultasi pertanyaan kelima (level 5)

7. Langkah ketujuh

Pada langkah ketujuh akan menampilkan layar yang berisi kesimpulan dan solusi mengenai penyakit bayi baru lahir. Pilih tombol ‘tanya lagi’ untuk kembali ke pertanyaan level pertama atau mengklik tombol ‘image kembali’ untuk kembali ke menu halaman utama.

langkah ke7 sistem pakar penyakit
Gambar Layar Konsultasi menemukan kesimpulan dan solusi

Baca juga : contoh flowchart program sistem pakar

Kelebihan dan Kekurangan Program

Kelebihan yang terdapat pada program sistem pakar ini, antara lain :
1. Program sistem pakar ini memiliki antar muka (interface) yang berbasiskan web sehingga lebih mudah diakses.
2. Sistem pakar ini dapat digunakan untuk dokumentasi dan untuk menyimpan pengetahuan dan pengalaman seorang pakar.
3. Sistem pakar ini dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi setiap orang yang ingin mengetahui penyakit pada bayi baru lahir.

Sedangkan kekurangan yang ada program sistem pakar ini, antara lain adalah :
1. Karena keterbatasan waktu, biaya, dan kemampuan, sistem pakar ini belum mampu menampilkan data yang spesifik.
2. Belum ada kerjasama dengan lembaga penelitian khusus untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

Aplikasi Sistem pakar penyakit ini telah dibuat dalam bentuk jurnal dengan format pdf dengan isi antara lain :

  • Abstrak
  • Pendahuluan berisi tentang kematian bayi neonatal  atau sebelum bayi menginjak usia sebulan, tujuan penulisan dan metode waterfall.
  • Landasan teori berisi metode yang dipakai untuk aplikasi sistem pakar penyakit ini.
  • Analisa masalah berisi fakta dari hasil analisa dan refrensi. Rancangan layar , ERD, flowchart dan algoritma.
  • Hasil pembahasan bagian ini mejelaskan secara lengkap tampilan-tampilan layar pada program aplikasi sistem pakar.
  • Daftar pustaka

Artikel terkait : contoh jurnal sistem pakar

Untuk membaca lebih lengkap jurnalnya, silahkan klik link download  jurnal sistem pakar diagnosa penyakit berbasis web, atau mungkin Anda ingin melihat contoh aplikasi sistem pakar-nya silahkan klik aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi. Semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    15 thoughts on “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi

    1. andika March 3, 2014 at

      sangat bermanfaat sekali, terima kasih cing umardanny.com, semoga terus bisa berkarya 🙂

      • umar March 3, 2014 at

        terima kasih bang dika kunjungannya…terus berkarya juga bang dika…

      • umar danny May 23, 2014 at

        untuk sourcode sistem pakar silahkan lihat di artikel kumpulan skripsi sistem pakar, kalau tidak salah sudah ada didalam contoh skripsi sistem pakar

    2. siti indrayanti June 5, 2014 at

      bisakah saya mengirim jurnal saya ke website ini,,,,? dan klo boleh sistematika penulisan nya sperti apa??

      • umar danny June 5, 2014 at

        boleh mba, tpi jurnalnya tentang sistem pakar juga kan? jurnal yang Ada di website ini kebanyakan dari teman-teman+hasil blogging(bentuk PDF)..kalau mau jurnalnya di bagikan/share, email ke saya aja mba, buat dalam bentuk PDF ya. nanti saya upload di website ini, saya sertakan sumbernya juga..Terima kasih

    3. hilda June 18, 2014 at

      pak umar boleh minta sourcode nya ga ? saya lihat comment yang diatas ” untuk sourcode sistem pakar silahkan lihat di artikel kumpulan skripsi sistem pakar, kalau tidak salah sudah ada didalam contoh skripsi sistem pakar ” tapi tidak ada, boleh saya minta sourcodenya langsyung dari bapak ? terimakasih

      • umar danny June 18, 2014 at

        source codenya dalam bentuk pdf, ada di di lampiran skripsi. kalau memang kurang lengkap/kurang, coba nanti saya cek lagi..

    4. fadly March 10, 2016 at

      kunjungi juga blog sy, bnyak contoh sistem pakar, SPK & aplikasi lainnya, terima kasih admin. http://code-skripsi.blogspot.co.id/

      • umar danny March 10, 2016 at

        Oke, terima kasih juga mas fadly

    5. Novaldy October 5, 2016 at

      kak umardanny makasihh bangettt penjelasan tentang sistem pakarnya sangat membantu saya buat mengerjakan tugas kuliah mohon ijin untuk saya screenshot setiap langkah yang saya isi di web konsultasinya hehehe 🙂

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website