Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com dengan Mudah

Panduan lengkap cara membuat blog gratis di blogger.com – Blog merupakan bagian website, dimana anda bisa meletakan tulisan, gambar, video di dalamnya. Jadi bila anda menyebut blog dengan istilah website ya sah-sah saja. Tapi yang pasti, blog itu updatenya lebih rutin dibandingkan sebuah website, karena pada awal pendirian sebuah blog (baca:blogger.com) berisikan tulisan catatan harian atau diary. Banyak blog di internet yang mungkin sering anda lihat, baik itu gratis maupun berbayar. Blog gratis diantaranya blogger.com/blogspot, wordpress.com, blog detik dan lain sebagainya. Untuk website yang berbayar biasanya menggunakan fasilitas media penyimpanan data/hosting dari penyedia jasa hosting atau istilahnya self hosted. Lalu bagaimana cara membuat blog gratis di blogger dengan mudah, dan apa saja keuntungan yang didapat bila anda membuat di blogger.com?

Keuntungan membuat Blog di Blogger.com

  1. Bloger.com dimiliki oleh google, jadi pada saat anda mau membuat blogger.com/blogspot.com tidak perlu membuat akun email lagi. Gunakan username dan password email anda di google mail.
  2. Kapasitas penyimpanan data/hosting yang unlimited (tak terbatas).
  3. Bisa mempunyai banyak blog dalam satu akun. Contoh: blog pertama yang saya buat dengan blogger: umar-danny.blogspot.com, lalu saya buat lagi dengan akun yang sama blog-umardanny.blogspot.com. Dari beberapa sumber banyak yang bilang bahwa kita bisa buat sampai 50 blog dengan satu akun, woooow banyak ya? Coba saja kalau mau buat sebanyak-banyaknya, urus satu blog saja mesti ekstra cape ya, apalagi sampai 50 blog.hehehehe..
  4. Dan yang pasti blogger.com itu gratis alias tidak bayar, enaak kan?

Panduan Lengkap buat blog di blogger
Langkah untuk membuat blog di blogger.com, yang perlu dipersiapkan selain koneksi internet, diantaranya:

1. Buka browser anda lalu ketikkan www.blogger.com, lalu isi kan username(email) dan password(kata sandi) samakan saja dengan akun gmail anda. Kalau anda belum punya email di google, silahkan baca dulu artikel saya cara buat email baru dengan mudah di google mail. Setelah anda memasukkan email dan password, selanjutnya anda di bawa ke halaman berikut ini:

gambar buat bloggger.com baruKlik tombol “lanjutkan ke blogger”, bila anda mau merubah setting ke bahasa indonesia (atau biarkan saja tidak opo-opo) silahkan klik pengaturan bahasa di sudut kanan atas. Kemudian klik “Blog Baru”

gambar buat blogger.com new

2. Langkah berikutnya berikutnya isi “judul” blog yang anda inginkan, sebagai contoh disini saya memberi nama judul “kumpulan obat tradisional”, lalu beri nama blog  anda, sebagai contoh saya beri nama : obatsakittradisional. Sehingga alamatnya menjadi seperti ini: obatsakittradisional.blogspot.com bila dilihat di browser. Pada saat memberi nama blog, bila keluar tanda “seru” artinya blog tersebut sudah ada yang menggunakan, bila tanda “ceklist” yang keluar artinya blog tersebut bisa anda gunakan. Pilih “template” blogger yang anda sukai:bisa sederhana, tampilan dinamis, jendela gambar,dll. Di contoh ini saya memilih template “sederhana”.

gambar buat blog dan template
Catatan: Untuk pemberian judul dan nama blog, sesuaikan dengan isi/artikel(topik) yang nantinya akan anda buat. Bila anda suka tema lagu-lagu ya beri nama blognya seperti:laguokeindonesia.blogspot.com atau kalau anda ingin menuliskan blog tentang tempat wisata, beri nama saja tempatwisataterkeren.blogspot.com dan lain sebagainya.

3. Setelah langkah memberi judul, alamat blog dan template, selanjutnya anda akan dibawa ke halaman untuk menulis artikel/pos (gambar pensil),  laman (membuat page), tata letak (mengatur sidebar) dll.

gambar artikel blogger.com

Artikel terkait : cara mengganti template blog hasil dengan template hasil download

 

Untuk sampai langkah ini silahkan anda klik “buat entri baru” lalu isilah artikel sesuai yang anda inginkan.

gambar artikel di blogger.com

 

  • Entri : isi dengan nama artikel yang ingin anda tulis
  • Compose: membuat tulisan dalam bentuk tulisan biasa (default).
  • HTML :membuat tulisan dalam format html
  • Insert image: untuk memasukkan gambar
  • Link : untuk mengaitkan artikel ke halaman website/artikel lainnnya
  • Publikasikan: Setelah selesai membuat tulisan silahkan klik tombol “publiskan”, tapi bila anda tidak mau menampilkan terlebih dahulu silahkan klik tombol “simpan”.
  • Pratinjau : Untuk melihat tampilan, sebelum diterbitkan/publikasikan.

Sampai disini anda sudah mengetahui cara daftar blogger.com dan cara buat blog gratis di blogger.com

Bagikan Yuuk!

    74 thoughts on “Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com dengan Mudah

    1. RAMA DINDA X AK 3 June 6, 2015 at

      ini pak saya udah..

      • umar danny June 6, 2015 at

        @rama dinda: di edit dulu isi artikelnya, jangan asal copas..

    2. muhammad isra December 10, 2015 at

      jelas dan terperinci artikelnya… sangat berguna bagi pemula seperti saya…

      • umar danny December 10, 2015 at

        @muhammad isra: semoga membantu artikelnya mas

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website