Basic yang Diperlukan Untuk Belajar AJAX

Panduan belajar AJAX – Ajax merupakan bahasa pemrograman gabungan dari teknik atau teknologi yang sebelumnya sudah ada. Pemrograman Ajax dibuat oleh Jesse James Garret pendiri perusahaan Adaptive Path. Ajax dibuat untuk mensiasati kurang interaktifnya aplikasi web dibandingkan aplikasi dekstop. Dimana Aplikasi dekstop lebih interkatif dan responsif dibandingkan aplikasi web. Seperti pada saat anda menjalankan aplikasi dekstop, lalu anda mengklik suatu tombol, maka reaksi perubahannya akan langsung terlihat pada aplikasi tersebut. Sedangkan pada aplikasi berbasis web, saat anda mengklik/menjalankan suatu tombol, browser yang kita gunakan akan menjadi halaman kosong kosong berwarna putih untuk beberapa saat. Untuk itulah kurang lebih Ajax diciptakan. Banyak situs dunia yang telah menggunakan AJAX  diantaranya Facebook, Twitter, GMail, Google Maps, Google Suggest, Flickr, Apple, Yahoo, dll. Lalu Apa saja basic yang diperlukan untuk belajar ajax? Berikut basic yang anda perlukan untuk belajar ajax.

Program dan Aplikasi Pendukung Ajax

Di awal sudah dipaparkan bahwa “ajax bukanlah bahasa pemprogaman yang baru, tetapi ajax merupakan gabungan dari teknik atau teknologi yang sebelumnya sudah ada. Gabunggan dari teknik yang sudah ada untuk belajar AJAX(Asynchronous Javascript and XML) kurang lebih ada lima, diantaranya:

1. XHTML (exTensible Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman pengembangan HTML.
2. CSS (Cascading Style Sheets) diperlukan untuk mengatur style/format tampilan suatu dokumen web.
3. XML ( eXtensible Markup Language) diperlukan untuk melakukan pertukaran data. Sebagai alternatif XML bisa digantikan dengan JSON (Javascript Object Notation). Keduanya merupakan bahasa pemrogramn untuk format data yang memungkin untuk melakukan pertukaran data.
4. DOM(Document Object Model) diperlukan untuk mengatur interaksi dan tampilan sisi HTML dan XML secara dinamis.
5. Javascript merupakan bahasa utama yang membentuk lapisan Ajax.

Dilihat dari uraian di atas, terlalu banyak yang mesti dipelajari untuk belajar ajax, tetapi anda tidak perlu khawatir dengan JQuery anda bisa terbantu untuk menyederhanakan itu semua. Yang perlu anda ketahui, inti dari pemrograman AJAX adalah metode atau teknik pengambilan data dari server menggunakan sebuah fungsi dalam Javascript, yaitu XMLHttpRequest(XHR). Apa sih XMLHttpRequest itu? XMLHttpRequest merupakan objek yang dirancang untuk memungkinkan permintaan layanan ke server HTTP secara asinkron. HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol, yaitu protokol yang digunakan oleh HTML. Perbedaan Asinkron dan Sinkron yang dimaksud disini, Asinkron berarti bahwa klien bisa meminta layanan dari server dan tidak perlu menunggu server melayaninya, sedangkan Sinkron kebalikan dari asinkron yaitu klien harus menunggu layanan dari server.

Untuk mempelajari dasar-dasar ajax, anda bisa mempelajari dengan download tutorial ajaxnya, silahkan baca dan klik dulu artikel belajar ajax pdf.

Demikian artikel belajar ajax untuk pemula semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website