Blog Gratisan, Bisa kok Menghasilkan Rupiah!!

Punya blog gratisan seperti blogspot bisa juga kok dimonetasi untuk menghasilkan dollar maupun rupiah. Bagaimana caranya? Cara yang paling banyak digeluti para pemilik blog/blogger biasanya dengan memasang iklan PPC (pay per klik). Dimana, pemilik blog akan dibayar, saat ada pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut. Agar blog yang Anda miliki dapat menayangkan iklan, silahkan daftar blog tersebut ke penyedia jasa iklan PPC seperti google adsense dan kliksaya

Baca: ppc lokal indonesia ~ kliksaya terbukti membayar dan terus meningkatkan mutu layanannya.

gambar bisnis online
image diambil dari maxmanroe.com

Darimana Harus Memulai?

Untuk mulai menghasilkan rupiah, tentunya Anda harus mempunyai blog terlebih dahulu, bila belum punya, silahkan buat blog gratisan di blogger.com.

artikel terkait: bagaimana cara membuat blog gratis di blogger.com dengan mudah

Setelah punya blog, silahkan Anda isi blog tersebut dengan artikel/tulisan yang sesuai dengan tema/topik yang Anda kuasai atau sukai. Ingat, jangan daftarkan dulu blog yang baru Anda buat beberapa minggu atau satu bulan ke penyedia jasa iklan PPC, mengapa? Logikanya, bila blog Anda masih baru, tentunya traffik/pengunjung pun masih sedikit. Dan bila masih sedikit pengunjungnya, klik yang didapatkan tentu tidak banyak, otomatis pendapatan yang didapatkan jauh dari yang Anda harapkan bukan?

Daftarkan Blog ke Google Webmaster dan Yahoo! Bing

Agar blog cepat terindeks di mesin pencari, daftarkan blog tersebut ke search engine nomor satu yaitu google dan yahoo, bing. Untuk bing dan yahoo, cukup pilih salah satunya, karena kedua mesin pencari ini telah menjadi satu, tepatnya pada tahun 2010.

Setelah punya akun google webmaster dan bing, buatlah sitemap/peta situs, upload dan terbitkan ke dalam mesin pencari tersebut.

Pada tulisan ini, saya tidak membahas cara mendaftar/membuat akun ataupun mengoptimasi blog ke halaman mesin pencari. Silahkan anda cari di eyang google, banyak kok artikel yang mengulas tentang cara membuat akun dan membuat sitemap di google dan bing.

Pasang Google Analytics dan Histats

Untuk melihat berapa banyak jumlah pengunjung blog yang Anda miliki,  gunakan statistik pengunjung buatan google, yaitu google analytics, dimana keakuratannya dalam menganalisa jumlah visitor, artikel yang paling banyak dibaca, pageview (jumlah halaman yang dilihat), asal negara dan data-data lainnya, lebih baik dibandingkan menggunakan statistik pengunjung yang lain. Selain google analytics, histasts bisa juga Anda jadikan salah satu pilihan.

Blogwalking dan Jangan Nyepam

Mendapatkan backlink sangat bagus untuk menguatkan blog/web di mesin pencari. Blogwalking (istilah yang digunakan, bila kita berkunjung ke blog lainnya) merupakan salah satu cara jitu mendapatkan teman/blogger lainnya. Dan tentunya backlink, lewat komentar yang Anda berikan pada kotak komentar. Tapi ingat!!!jangan nyepam, silahkan berkomentar dengan baik, dan jangan meletakkan link aktif pada komentar yang Anda berikan. Cukup, masukkan nama, alamat email dan url (nama blog yang anda miliki), kemudian berkomentarlah sesuai dengan tulisan/artikel yang dibahas di blog yang Anda kunjungi.

Rajin Update Tulisan

Setelah semua langkah di atas telah Anda lakukan, jangan lupa untuk menulis artikel, sehari dua atau satu tulisan, lebih baik dibandingkan seminggu satu artikel atau sebulan dua artikel. Semakin banyak tulisan yang anda buat, tentunya traffik/pengujung blog akan semakin banyak.

Apakah Blog Gratisan Bisa Menghasilkan Uang?

Setelah semua cara di atas Anda lakukan, daftarkanlah blog tersebut ke google adsense. Gimana kalau tidak diterima? Coba dan coba lagi. Alternatif, bisa pasang PPC kliksaya. Pengalaman Pribadi? iya, saya telah mencoba memasang kliksaya, menggunakan blog gratisan tanpa bayar hosting dan domain dengan platform blogspot. Hasilnya? lumayanlah, buat gantiin biaya internet tiap bulannya.

Jadi tunggu apalagi, ayo kita ngeblog!

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website