Bounce Rate Blog Tinggi, Gunakan Template Responsive

Bounce Rate blog – Template sebuah blog itu ibarat sebuah rumah, bila template yang digunakan nyaman, tentunya ngeblog juga semakin asik dan menyenangkan. Selain pemilik blog nyaman, tentunya pengunjung (visitor) akan betah berlama-lama, dan hal ini sangat penting untuk mengurangi bounce rate.

Definisi Bounce rate

Bounce rate adalah jumlah prosentase pengunjung yang langsung meninggalkan blog yang anda miliki setelah membuka sebuah halaman. Bounce rate ini bisa dilihat saat anda menggunakan tools statistik, salah satunya adalah google anlytics milik google. Semakin besar bounce rate blog, maka semakin tidak bagus blog yang anda miliki. Bounce rate yang bagus itu adalah di bawah 75%. Oh ya, bounce rate memberikan nilai prosentasi dari 0 sampai 100%.

Bagi anda yang ingin tahu, bagaimana tampilan bounce rate (rasio pentalan dalam bahasa Indonesia) Di bawah ini merupakan gambar yang saya ambil dari akun google analytics:
bounce rate blog di google analytics

Pada gambar di atas, bounce ratenya 74,85%, masih lumayanlah di bawah 75%, hehehehe…Oh ya, anda juga bisa membuat akun google analytics seperti diatas, tapi terlebih dahulu anda harus punya akun email google mail. Setelah punya email di google, silahkan anda buat akun google analytics  (www.google.co.id/Analytics/).

Artikel terkait: cara buat email baru di google mail

Penyebab bounce rate

Banyak hal yang menyebabkan bounce rate anda di atas 75%, tentu hal ini perlu disikapi, kira-kira dimana/faktor apa yang menyebabkan bounce rate (pentalan) blog anda tinggi. Berikut ini, beberapa faktor yang mungkin salah satunya menjadi penyebab tingginya bounce rate blog anda:

  • Tampilan blog yang tidak enak dipandang mata, seperti terlalu banyak widget yang tidak jelas/pemakaian javascript yang berlebihan (kursor melayang-layang membentuk animasi tertentu, background yang tidak sesuai dengan warna tulisan, dll).
  • Navigasi blog yang tidak jelas
  • Tata bahasa atau kalimat yang anda gunakan pada penulisan sebuah artikel berantakan/strukturnya tidak jelas (red: tidak enak untuk dibaca).
  • Artikel yang ditulis tidak memberikan manfaat bagi visitor yang berkunjung ke blog anda
  • loading blog lola( loading lama) atau berat saat dibuka menggunakan browser.

baca juga : cara mengganti template blogspot dengan template hasil download

Menggunakan Template Responsive

Solusi dari permasalahan bounce rate adalaah blogger wajib menggunakan template responsive, tujuannya apa? Ya, agar saat blog dibuka dengan ukuran layar gadget yang lebih kecil seperti smartphone/tablet ukurannya bisa menyesuaikannya. Selain menggunakan template/tema blog yang responsive. Berikut beberapa hal, yang perlu diperhatikan:

  • Kurangi penggunaan widget yang tidak penting, hal ini cukup penting, karena visitor datang ke blog anda untuk mencari solusi dari tulisan yang anda buat, bukan mau melihat widget yang malah merusak pandangan matanya.
  • Sesuaikan warna font/tulisan dan background template yang digunakan. Jangan yang terlalu mencolok cukup yang standar aja, bila background putih, maka gunakan warna font itu hitam.
  • Gunakan struktur bacaaan/tata bahasa yang enak untuk dibaca manusia bukan mesin pencari. Tulisan yang baik menurut saya (sesuai rekomendasi plugin seo by yoast) minimal 300 kata dan saat user/pengunjung blog anda membacanya, jadi betah berlama-lama, membacanya dari awal sampai akhir tulisan.
  • Berikanlah pengunjung blog anda dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat/yang mereka cari. Jangan diberikan dengan suguhan iklan/banner yang berlebihan. Cukup 3 sampai 5 iklan saja, karena semakin banyak iklan yang tampil di blog, tentu membuat loading blog semakin berat.
  • Gunakan template blog responsive dengan ukuran kecil, Usahakan di bawah 1 Mb. Saya pribadi menggunakan ukuran template untuk blog ini umardanny.com tidak sampai 250 kb.

Oke, semoga tulisan tentang bounce rate Blog Tinggi, Gunakan Template Responsive ini bermanfaat, jangan lupa baca tulisan saya sebelumnya custom url shortener menggunakan bitly dan google (goo.gl).

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Bounce Rate Blog Tinggi, Gunakan Template Responsive

    1. Lindati January 13, 2016 at

      Saya belum pakai analytics jadi belum tau bounce rate berapa 🙂 tapi OOT itu related post pakai plugin apa mas?

      • umar danny January 13, 2016 at

        @lindati: pake plugin wordpress related posts

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website