Buku Pedoman Pelayanan Anak Gizi Buruk dari MenKes

Kata Pengantar Buku Pedoman Pelayanan Anak Gizi Buruk dari Menkes – Dalam upaya mengatasi masalah gizi buruk dan gizi kurang pada balita, Kementerian kesehatan telah menetapkan kebijakan yang komprehensif, meliputi pencegahan, promosi/edukasi dan penanggulangan balita gizi buruk. Upaya pencegahan dilaksanakan melalui pemantauan pertumbuhan di posyandu. Penanggulangan balita gizi kurang dilakukan dengan pemberian makanan tambahan (PMT) sedangkan balita gizi buruk harus mendapatkan perawatan susuai Tatalaksana Balita Gizi Buruk yang ada. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan gizi dalam penanganan anak gizi buruk dilakukan melalui pelatihan Tatalaksana Gizi Buruk bagi tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan.

Untuk menekan kematian bayi atau balita, dan menurunkan prevalensi gizi kurang dan buruk pemerintah menetapkan target bahwa semua balita gizi buruk dirawat. Penanganan dan pemulihan balita gizi buruk dapat dilakukan secara rawat inap dan rawat jalan. Selama ini pemulihan balita gizi buruk dilakukan dengan rawat inap di fasilitas kesehatan, tanpa pemisahan penderita yang disertai komplikasi ataupun yang tidak disertai komplikasi. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya antara lain cakupan balita yang ditemukan dan dirujuk masih rendah, lamanya masa perawatan yang mengakibatkan perawatan tidak tuntas karena umumnya pulang paksa. Untuk mengatasi kendala tersebut, penderita gizi buruk tanpa komplikasi dapat dirawat di rumah secara rawat jalan.

Penanganan rawat jalan dilakukan berupa Pemulihan Gizi Berbasis Masyarakat (PGBM) di rumah tangga yang dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa penemuan penderita gizi buruk secara dini dan ditangani secara tepat maka tingkat keberhasilan penatalaksanaannya akan tinggi.

Terkait dengan hal-hal tersebut diatas untuk pelayanan anak gizi buruk secara tepat dan cepat, maka perlu untuk diterbitkannya buku pedoman pelayanan anak gizi buruk yang menjelaskan tentang kriteria balita gizi buruk yang
ditangani secara rawat jalan dan rawat inap, standar dan operasional prosedur tatalaksana serta metode pemantauan dan evaluasinya.

Semoga buku ini bermanfaat bagi tenaga kesehatan dan tenaga pengelola gizi khususnya yang bekerja di Puskesmas, Rumah Sakit dan sarana pelayanan kesehatan lainnya. (Dr. Budihardja DTM&H, MPH, 2011)

gambar anak gizi buruk

Review

Buku pedoman pelayanan anak gizi buruk setebal 76 halaman ini dengan format PDF, bisa Anda jadikan referensi untuk pembuatan skripsi, artikel, makalah, jurnal, proposal penelitian dan lain-lain. Daftar Isi buku dalam bentuk ebook ini diantaranya:

  • Kata Pengantar, yang telah saya tuliskan pada paragraf pembuka.
  • Daftar Istilah: Berisikan kata/istilah seputar kesehatan yang digunakan pada buku ini.
  • Bab 1 Pendahuluan : Latar Belakang, Tujuan, Sasaran, Prinsip Dasar
  • Bab 2 Kriteria Anak Gizi Buruk dan Alur Pemeriksaan: Kriteria Anak Gizi Buruk, Alur Pemeriksaan
  • Bab 3 Penanganan Anak Gizi Buruk Rawat Jalan: Langkah Persiapan, Langkah Pelaksanaan
  • Bab 4 Penanganan Anak Gizi Buruk Rawat Inap: Persiapan, Kegiatan pelaksanaan
  • Bab 5 Pemantauan dan Evaluasi: Pemantauan dan evaluasi rawat jalan, Pemantauan dan evaluasi rawat inap
  • Bab 6 Penutup
  • Lampiran

Download

Untuk mendonwload ebook/buku pedoman pelayanan anak gizi buruk, silahkan klik disini.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website