Buku Seperti Apa, yang Bisa dijadikan Sumber Pembuatan Skripsi Sistem Pakar

Dalam pembuatan skripsi, tentu tidak lepas dari yang namanya buku. Buku bisa di jadikan acuan sebagai latar belakang penulisan skripsi, landasan teori dan juga sebagai sumber data. Untuk skripsi dengan topik sistem pakar, pastinya memerlukan knowledge base (basis pengetahuan) yang bisa diambil dari pakar/ahlinya. Selain dari pakar, sebuah basis pengetahuan bisa diambil dari sumber lain yaitu: buku. Lalu buku seperti apa yang bisa dijadikan sumber pembuatan skripsi sistem pakar?

mencari buku referensi sistem pakarUntuk membuat aplikasi sistem pakar, tentunya ada beberapa metode yang bisa anda gunakan, seperti: metode forward chaining, backward chaining dan metode certainty. Dalam hal ini saya asumsikan, saya menggunakan metode forward chaining (pelacakan ke depan), dimana sebuah fakta-fakta yang ada menuju suatu obyek/kesimpulan.

Contoh: Bila anda membuat sebuah aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi dan melakukan riset di rumah sakit, tentunya tidak hanya ada satu penyakit bayi yang anda temukan. Penyakit bayi itu macam-macam, seperti: penyakit demam, diare, batuk, dan lain-lain. Nah, bila saya menggunakan metode forward chaining untuk menemukan penyakit demam, tentunya saya memerlukan fakta-fakta (ciri-ciri) yang mendukung penyakit demam tersebut. Jadi, sebelum sampai pada sebuah kesimpulan (dalam hal ini penyakit demam), maka dibuatkan dulu faktanya seperti: badan bayi panas, bayi gampang menangis, tidak mau makan, gelisah dan rewel.

Artikel terkait: Aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi baru lahir

Untuk menemukan fakta/ciri seperti tersebut di atas, tentunya mahasiswa atau user yang ingin membuat sebuah aplikasi sistem pakar membutuhkan ahli/pakarnya untuk membuat sebuah database yang sesuai dengan aplikasi yang dibuatnya. Dalam hal ini peranan dokter di rumah sakit sangat berperan, karena mahasiswa dapat menanyakan data yang masih kurang jelas tentang suatu penyakit secara langsung.

Intinya, mahasiswa dapat mengumpulkan data dari pakarnya dan juga buku. Buku yang memuat banyak fakta/ciri dari sebuah obyek, bisa anda jadikan sumber pembuatan skripsi sistem pakar.

Sebagai Bahan Daftar Pustaka dan Referensi Penulisan

Buku yang banyak mempunyai banyak fakta/ciri menuju sebuah obyek (kesimpulan), selain bisa digunakan untuk pembuatan database, juga bisa digunakan untuk melengkapi setiap halaman skripsi yang membutuhkan referensi atau penguat sebuah landasan teori. Tidak hanya itu, dalam penulisan skripsi pastinya ada yang namanya daftar pustaka. Dan Tentunya buku tersebut bisa dimasukkan ke dalam halaman daftar pustaka.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website