Cara ini, Bisa Membuat Tugas Akhir Lebih Mudah

Tugas akhir merupakan bagian dari satuan kredit semester (SKS) yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk mencapai gelar sarjana. Untuk menyelesaikan Tugas akhir atau yang lebih akrab dengan istilah skripsi, mahasiswa diberikan waktu sekitar 5-6 bulan (1 semester). Tetapi pada perjalanannya waktu efektif yang bisa anda manfaatkan hanya 3-4 bulan. Jadi, manfaatkanlah waktu yang ada, dengan serius dan sungguh-sungguh agar skripsi berjalan lancar dan sukses.

Cara ini, bisa membuat tugas akhir/skripsi anda akan terasa lebih mudah, mengapa? karena cara yang saya tulis berikut ini, merupakan cara yang pernah teman-teman saya pakai (lakukan) untuk menyelesaikan skripsinya dengan tepat waktu dan terbukti berhasil.

foto wanita depan laptop

Menggunakan Skripsi yang Sudah Ada

Yup, menggunakan skripsi yang sudah ada, merupakan langkah yang paling mudah untuk menyelesaikan skripsi yang sedang anda jalani. Skripsi yang sudah ada yang saya maksudkan di tulisan ini adalah skripsi mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan tugas akhirnya, bisa berbentuk hard copy yang bisa anda baca di perpustakaan kampus/universitas dimana anda kuliah. Selain itu, skripsi yang sudah ada bisa anda dapatkan dari media internet dalam bentuk ebook (buku elektronik), anda tinggal searching dan browsing aja, puluhan judul yang anda inginkan, biasanya dihadirkan sesuai dengan kata kunci (keyword) yang anda masukkan.

baca juga : kumpulan skripsi sistem pakar

Dari skripsi yang sudah ada, banyak hal yang bisa anda ambil, untuk anda jadikan referensi dalam pembuatan skripsi yang sedang anda jalani. Diantaranya:

1. Memudahkan dalam penulisan

Dengan melihat skripsi orang lain yang sudah ada, terutama skripsi yang satu kampus/universitas, tentunya pembuatan paper/penulisan, tidak akan jauh berbeda. Mulai dari cover, kata pengantar, bentuk font/huruf yang digunakan, dll.

2. Upgrade dan Modifikasi

Bila skripsi anda berhubungan tentang teknik/sistem informatika, tentunya skripsi yang sudah ada menggunakan bahasa pemrograman dan database, seperti bahasa pemrograman PHP dengan databasenya MySQL, bahasa pemrograman asp.net untuk aplikasi berbasis website. Kedua bahasa pemrograman tersebut bisa anda upgrade/ubah, contoh bila sebelumnya aplikasinya berbasis web upgrade menjadi aplikasi berbasis mobile seperti android atau java.

Selain diupgrade, modifikasi bisa menjadi pilihan lainnya, dengan tetap menggunakan program/aplikasi yang sama, tetapi menjadi lebih bagus lagi dari aplikasi yang dibuat sebelumnya, bagaimana caranya? Banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya aplikasi yang anda modif tersebut lebih user freindly, akses/loadingnya lebih cepat, dan lain sebagainya.

Tapi jangan hanya asal upgrade dan modifikasi saja, tambahkanlah kekurangan skripsi sebelumnya, dengan cara menambahkan data/database yang kurang lengkap, memperbaiki kekurangan program/aplikasi dengan penambahan menu, dan lain-lain.

3. Hemat Waktu, Lebih Fokus dan Terarah

Dengan menggunakan skripsi yang sudah ada, tentunya memudahkan anda untuk lebih fokus mengejar waktu sidang. Kenapa? Karena anda tidak perlu lagi membuang waktu mencari-cari referensi untuk daftar pustaka ataupun sumber landasan teori yang berisi rujukan skripsi yang anda buat. Tinggal menambahkan beberapa referensi lainnya, tentunya akan lebih memudahkan jalan anda menuju pintu gerbang kelulusan.

Dengan menggunakan skripsi yang sudah ada, tentunya skripsi yang sedang anda jalani bisa lebih terarah ke satu tujuan, Lulus sidang..

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website