Cara Melamar Pekerjaan Lewat Internet

Melamar kerja sekarang ini tidak lagi harus dilakukan dengan datang langsung ke perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan, tetapi bisa juga dilakukan secara online. Banyak penyedia jasa lowongan kerja maupun informasi lowongan pekerjaan yang bisa kita temukan di internet seperti pada situs/web jobsDB.com, JobStreet.co.id dan lain sebagainya. Dimana pihak jobsDb dan JobStreet menjadi pihak yang memfasilitasi pelamar kerja untuk mencari pekerjaan lewat informasi lowongan pekerjaan yang tersedia dari perusahaan yang telah memasang iklan di websitenya.

Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan secara online, silahkan daftar atau membuat akun di salah satu penyedia jasa layanan pekerjaan tersebut. Biasanya setelah Anda mempunyai akun di sana, lowongan pekerjaan atau informasi pekerjaan akan banyak masuk melalui email yang Anda miliki. Nah bagi Anda yang bingung atau belum pernah melamar pekerjaan melalui Email. Berikut langkah-langkah bagaimana cara melamar pekerjaaan lewat email yang  dapat Anda lakukan:

1. Pastikan Anda sudah membuat surat lamaran pekerjaan (CV), bila belum membuatnya silahkan Anda membaca dan download filenya di artikel contoh surat lamaran kerja dengan ms word

2. Setelah Anda membuat surat lamaran kerja/CV.  Saatnya Anda melamar pekerjaan menggunakan email yang Anda punya dengan cara dilampirkan (Attach  File). Bila belum mempunyai email dan belum tahu bagaimana cara melampirkan file (surat lamaran pekerjaan), silahkan membaca artikel cara mudah membuat email baru di google mail/gmail

Keterangan: Cara no. 1 dan 2 di atas, digunakan bila melamar langsung dengan email yang anda punya ke alamat email perusahaan yang anda inginkan.

3. Bila Anda sudah membuat surat lamaran pekerjaan (curriculum vitae) dan mempunyai email, Anda bisa mendaftarkan di salah satu penyedia jasa layanan informasi pekerjaan yang Anda inginkan semacam JobsDB.com, JobStreet.co.id dan lain sebagainya. Setelah Anda punya akun di sana, biasanya setiap ada informasi mengenai lowongan pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan seperti jenis pekerjaan, gaji, dan lain-lain akan dikirimkan secara langsung oleh penyedia jasa layanan tersebut melalui email yang Anda yang gunakan sewaktu mendaftar di layanan tersebut.

gambar tips melamar pekerjaan dari jobstreet

Belum punya akun di jobstreet? Berikut langkah-langkah membuat akun di jobstreet.co.id.

Cara Membuat Akun di Jobstreet

1. Ketikkan di browser anda jobstreet.co.id. Lihat gambar di bawah ini:

cara buat akun jobstreet

2. Setelah itu klik menu/tulisan mendaftar atau daftar gratis. Kemudian akan muncul form yang harus anda isikan, seperti gambar di bawah ini:

mengisi form jobstreet

  • Email : Isikan dengan email yang anda punya.
  • Kata Sandi/Password: masukkan pasword yang anda inginkan.
  • Nama depan dan nama belakang: Isikan sesuai dengan KTP yang anda punya.
  • Setelah itu klik tombol Mendaftar

3. Pilih salah satu saya dari dua pilihan yang ada. Dalam contoh ini saya memilih yang kedua: saya memiliki pengalaman kerja

setelah isi form jobstreet4. Muncul form untuk anda isikan kembali, seperti gambar di bawah ini:

isi form data diri di jobstreet

Isikan sesuai dengan keinginan anda, dalam contoh ini saya mengisi data seperti gambar di atas. Setelah semua data anda isikan, silahkan klik tombol tunjukkan lowongan pekerjaan saya

5. Validasi email. Silahkan anda klik tombol masuk alamat email anda untuk validasi sekarang

tombol validasi email di jobstreet

Setelah tombol validasi di klik, anda akan dibawa ke akun email yang digunakan saat mendaftar. Isikan email dan password. Bukalah email validasi dari jobstreet ([email protected]), Lalu klik tanda validasinya. Seperti gambar berikut ini:

membuka dan klik email validasi jobstreet

Selamat !!!!sekarang anda sudah punya akun di jobstreet. Langkah berikutnya klik menu myjobstreet dan pilih buat resume pada beranda akun jobstreet anda.

cara mengisi resume jobstreetIsikan data-data anda, seperti keterangan pribadi dan detil kontak informasi, upload/unggah surat lamaran kerja resume yang Anda punya. Sampai langkah ini, silahkan anda telusuri dan isi beberapa data yang memang menurut anda perlu untuk diisi.

Selain memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan, terkadang pihak penyedia informasi loker atau lowongan kerja tersebut memberikan tips-tips melamar pekerjaan melalui email, seperti: tips dari jobstreet berikut ini:

“Memperbaharui resume meningkatkan kesempatan mendapatkan wawancara kerja”

“Promosikan diri Anda saat mengirim lamaran pekerjaan untuk meningkatkan kesempatan mendapat panggilan kerja”

“No Show (Tidak hadir saat jadwal interview) membuat Anda dilarang untuk dapat melamar pekerjaan di JobStreet.com untuk waktu yang ditentukan”

Info: Untuk mengetahui cara mengisi profil dan mempromosikan diri di jobstreet, silahkan baca kelanjutan dari artikel ini, pada tulisan: cara mempromosikan diri dan mengisi profil di jobstreet

So, semoga artikel singkat mengenai cara melamar pekerjaan lewat internet bermanfaat bagi Anda. Keep Spirit, Hadapi semua dengan senyuman.

Share This

    17 Comments

    Add a Comment
    1. Wah…mantabs neh infonya….mkasih yaa om umar…..gk perlu cpe2 lg bli koran n kkntor pis.heehehee…

      1. sama2 om hendry…ke kantor kalo udah keterima kerja aja om..

    2. Ane udah bergabung di jobstreet tapi blm berhasil mendapat panggilan sampai sekarang..

      1. @lowongan kerja: di tunggu aja atau membuka usaha lapangan kerja sendiri, tapi biasanya setelah kita pny akun jobstreet selalu mendapat email notifikasi tentang informasi lowongan pekerjaan terbaru.

    3. saya sudah mendaftar di jobstreet. tapi saya masih bingung jika saat apply disuruh menjelaskan tentang diri saya. atau promosikan diri anda. saya bingung. mohon bantuannya ??
      Makasih.

      1. @iki windi: promosinya bisa seperti keahlian yang anda miliki, yang tidak tertulis di cv/daftar riwayat hidup, misalnya: seperti keahlian mengetik dengan 10 jari dengan cepat, dan lain-lain.

    4. Thanks gan sangat membantu 😊

      1. @almira: sama-sama mba, sukses buat anda

    5. kalo lowongan ny dlm bhs inggris, kita promosikan diri harus dlm bhs inggris juga?

      1. @yenyen: kalau lamaran anda semuanya menggunakan bahasa inggris ga masalah mas, tapi kalau ada beberapa lamaran anda yang ke berbagai perusahaan yang ada menggunakan bahasa inggris dan Indonesia. Lebih baik promosinya didalam lamaran atau cv yang dikirimkan ke perusaahaan yang bersangkutan…

    6. Thanks gan infonya 🙂
      Selain jobsDB dan Jobstreet ada lagi gan?

      1. @fazzams: banyak kok mas, tinggal di search aja di google, kayak karirdotcom, lokerdotwebdotid, dll..

    7. Terima kasih atas informasinya ini penting buat saya

    8. Admin, mengapa tidak ada lowongam nagi yg usia 46 atau 47 th untuk wanita.
      Pengalaman saya di mining 8 th mulai staf administrasi, keuangan, purchassing dan terakhir selaku Mamager HRD & GA.
      MOHON DIBANTU YA

      1. @Aulia: coba mba kerja menggunakan media online, jadi kerja tidak harus ke kantor, cukup di rumah saja..Kan banyak penyedia jasa yang mempertemukan pemberi kerja dan pelamar kerja seperti: freelancer, sribulancer, projects, serba50ribu..silahkan di search di google, banyak kok yang lainnya..

    9. Tks Mas Umar atas ilmu dan informasinya yang sangat bermanfaat.
      Semoga ilmu dan informasi yang diberikan, diganti dan dibalas Yang Maha Kuasa, amiin.
      Btw, Apakah diusia kepala lima, ada perusahaan yang mau terima?

    10. Tks Mas Umar atas ilmunya,
      saya sdh lakukan yang diajarkan.
      Semoga berhasil,
      Rgds

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Panduan Belajar Ms. Office | Sistem Pakar © 2017 Frontier Theme