Cara Membagi Flowchart Menjadi dua Bagian

Membagi Flowchart menjadi dua bagian – Pada penulisan sebuah tugas akhir atau skripsi, pastinya ada ketentuan-ketentuan dalam penulisan yang diberikan oleh pihak universitas lewat panduan penulisan skripsi. Panduan penulisan yang diberikan, bisa seperti:

  • Isi Bab 1 sampai dengan Bab-5 minimum 40 halaman, tidak termasuk lampiran-lampiran pelengkap.
  • Total halaman Bab 3 dan Bab 4 lebih besar (jumlah halaman) dari jumlah Bab 1 + Bab II + Bab V
  • Pada halaman yang hanya berisikan gambar saja tidak dihitung sebagai halaman.

Mahasiswa yang sedang melakukan skripsi umumnya menggunakan aplikasi perkantoran seperti microsoft word, dengan ketentuan pengaturan kertas seperti margin, spasi dan lain-lain. Tentunya menjadi pertimbangan bagi anda yang kebetulan mempunyai gambar seperti gambar flowchart yang terlalu besar, sehingga tidak bisa dihitung sebagai suatu halaman. Untuk mensiasatinya, anda harus membuat gambar flowchart tersebut menjadi dua bagian.

Artikel terkait: pengaturan microsoft word dalam pembuatan tulisan (makalah, skripsi, jurnal)

Cara membagi flowchart menjadi dua bagian berikut ini, menggunakan flowchart menu utama yang ada pada sistem pakar diagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web. Dimana pada flowchart tersebut, saya buat menjadi dua bagian, dikarenakan gambar flowchartnya terlalu memakan space/tempat di microsoft word yang saya gunakan waktu itu. Sehingga isi tulisan yang ada di halaman tersebut menjadi terlalu sedikit dan terlihat aneh. Kalau waktu itu saya paksakan hanya ada gambar flowchartnya saja, tentu tidak akan dihitung sebagai sebuah halaman, karena merujuk pada ketentuan universitas waktu itu. Di bawah in, merupakan gambar flowchart yang belum dirubah menjadi dua bagian, sebelum saya copy drawing dari microsoft visio dengan cara select all (CTRL+A) dan pindahkan (paste) ke microsfot word :

flowchart sebelum dirubah menjadi dua bagian

Menggunakan On-Page Reference

Untuk merubah flowchart yang memanjang seperti gambar di atas, anda bisa memotong atau membagi menjadi dua bagian, lalu gunakan flowchart simbol on-page reference yang berbentuk lingkaran. Fungsi dari on-page reference adalah menghubungkan satu simbol dengan simbol lainnya pada halaman yang sama. Anda bisa memotong flowchart tersebut sesuai dengan keinginan, selama flowchart tersebut sesuai dengan alur program/aplikasi yang anda buat. Dalam hal ini, saya memotong flowchart setelah menu konsultasi, yang digambarkan dengan simbol flowchart decision.

Baca juga: contoh flowchart program sistem pakar

Hasil pemotongan/membagi flowchart tersebut menjadi dua bagian, hasilnya tampak seperti gambar berikut di bawah ini:

contoh flowchart menu utama

Nah, demikianlah cara membagi flowchart menjadi dua bagian, untuk contoh-contoh flowchart yang sudah jadi, anda bisa mendapatkannya pada kumpulan skripsi sistem pakar. Semoga bermanfaat

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website