Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word 2007

Mail merge adalah sebuah aplikasi surat menyurat yang disediakan oleh aplikasi seperti microsoft word untuk membuat user/penggunanya membuat banyak surat dengan format dan isi yang sama dengan cepat. Dengan adanya fasilitas mail merge di ms word ini, memudahkan user yang terbiasa membuat surat dengan isi atau konsep surat yang sama dengan nama dan alamat yang berbeda. lalu bagaimana cara membuat mail merge di microsfot word 2007?

Langkah-langkah membuat mail merge di ms word

Untuk pembuatan mail merge sebagaimana fungsinya yaitu membantu mempermudah dalam pembuatan surat atau tulisan dengan jumlah banyak tetapi dengan format yang sama, biasanya dibutuhkan dua file.  Yang pertama bisa menggunakan aplikasi spreedsheet/excel  atau database untuk meletakkan data seperti alamat, nama yang akan diolah. File yang kedua berupa isi surat, biasanya dibuat  dengan aplikasi pengolah kata seperti ms word.

Sebagai contoh mail merge kali ini saya akan mengambil contoh pembuatan surat undangan kepada klien/pelanggan, dimana “nama”, alamat”, “kota” yang menjadi acuannya/data, lihat gambar dibawah ini :

gambar mail mege

Lalu bagimana membuat mail merge seperti di atas, berikut tahap pembuatannya:

1.Bukalah program ms. word 2007 anda, Buatlah header terlebih dahulu dengan cara klik “insert”, lalu  pilih “header” kemudian pilih “blank” dengan terlebih dahulu mengklik tanda panah dibawah icon header.

gambar1

2. Ketikkan teks sesuai gambar di bawah ini , lalu klik kanan setelah teks maka toolbar font akan muncul atau atur dengan klik “home”. Kemudian atur font menjadi “calibri”, size 14, alignment center. Untuk baris pertama silahkan anda hitamkan/bold.

gambar2

3. Tambahkan garis dengan memilih tab “insert” klik “shapes”. Kemudian anda pilih icon line, kemudian drag di bawah teks sambil sambil menekan shift agar hasil garis lurus.

gambar3

4. Untuk mengatur ketebalan garis, pilih Tab Format yang muncul otomatis setelah membuat garis.  Masuk sub menu weight pilih 1 pt.

gambar4

5. Hasil pengerjaan no. 4 seperti gambar di bawah ini:

gambar 5

6. Lalu lengkapilah/ketik surat anda menjadi seperti gambar di bawah ini, di bawah header tentunya.
gambar 6

7. Untuk membuat surat dengan Mailing List klik Tab Mailings klik icon Start Mail Merge pilih Step by step Mail Merge Wizard.

gambar 7

8. Akan muncul panel di sebelah kanan dokumen. Pilih Letters, klik Next. Kemudian kita pilih Use the current document, klik Next.

gambar 8

9. Karena daftar penerima belum kita miliki, maka buat baru dengan memilih Type a new list, klik Create.

gambar 9

10. Akan muncul kotak dialog New Address List lalu klik customize colums untuk mengubah fieldnya menjadi Nama, Alamat dan Kota. Gunakan tombol delete untuk menghapus field yang tidak diperlukan. Lalu klik Ok

gambar 10
11. Isikan Address List dengan data penerima surat. Gunakan tombol New Entry untuk menambah data, lalu klik Ok jika sudah selesai.

gambar 11
12. Simpan data source anda ke dalam sebuah file, contoh data.mdb. Perhatikan posisi file. Defaultnya sebuah data source berada di dalam folder My Document/My Data Source. Anda bisa memilih lokasi lain pada saat proses penyimpanan.

gambar 12
13. Di bawah ini adalah daftar penerima surat yang sudah dibuat. Apabila ada yang tidak diperlukan, hilangkan tanda cek pada data.

gambar 13
14. Klik Next pada panel, lalu masukkan field ke dalam surat dengan cara posisikan kursor setelah teks Yth kemudian pada Tab Mailings klik icon Insert Merge Field, klik Nama, enter, klik Alamat, enter, lalu klik Kota.

15. Akan muncul seperti di bawah ini:
gambar 14

16. Untuk melihat hasilnya klik Next pada panel.
gambar 15
17.Akan muncul hasil seperti di bawah ini

gambar 16
18. Untuk melihat data yang lain, klik tanda panah pada Recipient seperti di bawah ini. Kemudian klik Next untuk mengakhiri Mail Merge. Surat bisa dicetak ke printer atau dicetak ke dalam sebuah file lalu bisa diedit secara individual.

gambar 17

Sampai di sini tahap pembuatan mail merge telah selesai. Anda bisa mendownload materi pembuatan mail merge di atas, dan juga contoh pembuatan mail merge dalam surat undangan (mail merge untuk envelopes) dilengkapi soal-soal latihan. Silahkan klik  di sini untuk mendapatkan materinya.

Demikian artikel tutorial mail merge, semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    3 thoughts on “Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word 2007

    1. Christa April 20, 2015 at

      wah memudahkan banget ini, jadi ga perlu ketik tujuan surat satu persatu..

      • umar danny April 20, 2015 at

        @christa: ya begitu deh, fungsi mail merge memudahkan kita untuk pembuatan surat 🙂

    2. cingug September 18, 2016 at

      mantappp gannn artikelnya sangat bermanfaat
      http://www.tutorial-office.com/

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website