Cara Mempromosikan Diri dan Mengisi Profil di Jobstreet

Masih bingung cara mempromosikan diri dan mengisi profil di jobstreet? Tulisan berikut ini, akan menjelaskan secara rinci, apa yang harus Anda lakukan setelah anda mempunyai akun di jobstreet, dan sering mendapatkan email pemberitahuan dari jobstreet. Belum punya akun di jobstreet? silahkan baca tulisan saya sebelumnya, cara melamar pekerjaan lewat internet, dimana pada tulisan tersebut dijelaskan langkah-langkah membuat akun di jobsteet.co.id.

Cara Mengisi Form Promosi di Jobstreet

Saat Anda membuka email, dan dan mendapatkan email dari [email protected], artinya ada pemberitahuan dari jobstreet, bahwa ada posisi pekerjaan untuk anda apply/lamar. Silahkan Anda klik isi email tersebut, dan biasanya akan muncul beberapa lowongan pekerjaan yang siap untuk Anda tindak lanjuti.

Contoh email masuk dari jobstreet setelah Anda mengkliknya, tampak seperti dibawah ini:

email pemberitahuan dari jobstreet

 

Silahkan Anda klik salah satunya, maka anda akan dibawa pada halaman profil perusahaan, yang menampilkan deskripsi pekerjaan, rekuitmen, lokasi kerja, gambaran perusahaan, informasi perusahaan, simpan dan tombol lamar sekarang.

Bila anda merasa oke dan cocok dengan profil perusahaan tersebut, silahkan klik tombol lamar sekarang.

Maka Anda akan dibawa pada halaman login terlebih dahulu.  Selanjutnya Masukkan Email dan kata sandi (password) akun jobstreet Anda.

login jobstreet untuk apply lamaran

Setelah mengisi alamat email dan password di atas, klik tombol masuk & melamar, lalu Anda akan dibawa ke halaman pengisian form untuk mempromosikan diri.

 

form promosi lamaran kerja jobstreet

Silahkan, promosikan diri Anda, tuliskan promosi didalam tulisan “Beritahu perusahaan mengapa Anda paling cocok untuk posisi ini. Sebutkan keterampilan khusus dan bagaimana Anda berkontribusi. Hindari hal generik seperti Saya bertanggung jawab”.

Tulisan tersebut akan menghilang saat Anda memasukkan/mengetikan kalimat promosi. Tulisan promosi yang harus Anda masukkan maksimal 300 karakter. Bagaimana bila Anda tidak mengisi form di atas, dan langsung mengklik tombol Kirim Lamaran? Tetap bisa, tapi alangkah baiknya bila Anda mengisinya.

Ok, Sesuai dengan instruksi dari jobstreet, silahkan masukkan keterampilan Anda yang paling cocok dengan posisi yang Anda lamar pada perusahaan tersebut. Contoh: bila Anda melamar sebagai staff admin, maka anda bisa memasukkan: mengetik 10 jari dengan lancar, menguasai microsoft office (word, excel, powerpoint, ms.access) selengkapnya bisa Anda lihat seperti gambar dibawah ini:

mengisi form promosi di jobstreetSetelah form di atas terisi, silahkan klik tombol kirim lamaran, dan lamaran Anda sudah terkirim ke perusahaan yang bersangkutan. Selanjutnya tunggu beberapa hari, bila perusahaan yang Anda lamar tertarik dengan CV/resume yang telah Anda buat, biasanya akan ada panggilan interview lewat email ataupun kontak lainnya seperti sms lewat handphone.

Mengisi Profil di Jobstreet

Bagi Anda yang belum mengisi profil atau ingin kembali melengkapi (perbarui) data di jobstreet, silahkan login ke www.jobstreet.co.id klik tombol masuk, lalu masukkan Email dan kata sandi yang Anda miliki.

Setelah anda berada di berada/Halaman Personal Saya, silahkan klik menu My Jobstreet, lihat gambar dibawah ini:

menu my jobstreet

 

Silahkan Anda pilih lihat profil, maka Akan tampak halaman seperti dibawah ini:

profil jobstreet

Di atas terlihat data-data yang bisa Anda masukkan, seperti foto, pengalaman, pendidikan, keterampilan, bahasa, info lain, profil saya, resume diunggah dan pengaturan privasi.

1. Foto

Untuk mengisi/mengganti/menghapus foto dengan yang terbaru, silahkan klik gambar foto/ yang berada di bagian kanan, ada dua pilihan yang diberikan, yaitu unggah dan hapus. Silahkan pilih upload/unggah untuk mengisi foto, File atau foto yang Anda unggah harus dalam bentuk JPEG (.jpg atau.jpeg) atau GIF(.gif) atau PNG(.png). Lalu besar file tidak boleh melebihi 3MB, dimensi foto yang disarankan adalah 150×150 pixels. Klik Telusuri/Browse untuk menemukan file pada komputer Anda. Lalu klik tombol Unggah untuk memulai proses pengunggahan.

2. Pengalaman

Pada bagian pengalaman, Anda bisa memilih salah satu dari 3 pilihan seperti:

  • Saya telah bekerja sejak, isikan tahun dimana Anda mulai bekerja
  • Saya seoerang lulusan baru mencari pekerjaan pertama saya
  • Saya seorang mahasiswa magang atau mencari pekerjaan paruh waktu

Lalu pada bagian bawahnya, isikan posisi dimana Anda bekerja sekarang, nama perusahaan, lama bekerja, spesialisasi, bidang pekerjaan, negara, propinsi, industri, jabatan, gaji bulanan dan Keterangan Kerja.

3. Keterampilan

Untuk keterampilan isikan keterampilan yang Anda miliki, misalnya: menguasai dan mahir HTML dan CSS, menguasai pemprograman PHP dan jQuery, Menguasai pemprograman Java, Menguasai Microsoft Office, dan lain-lain.

4. Bahasa

Pada bagian ini, Anda bisa mengisi beberapa bahasa yang Anda kuasai,  seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan lain sebagainya, lalu tentukan tingkat kemahiran lisan dan tulisan Anda dalam bahasa tersebut.

Selain itu, Anda bisa mengikuti penilaian bahasa Inggris Job Street yang bernama JELA (Jobstreet English Language Assessment) dengan cara mengklik ikut tes/latihan.

5. Info lain

Info lain berisikan info tambahan yang harus Anda isikan, menurut saya ini sangat penting, karena berkenaan dengan gaji (heehehehehe)..Silahkan Anda isi gaji bulanan yang diharapkan, lokasi kerja yang diharapkan dan informasi lainnya. Untuk informasi lainnya Anda bisa menambahkan projek yang pernah Anda hasilkan, informasi lokasi dimana Anda bekerja, yang belum atau tidak terdapat pada menu profil Anda.

6. Profil saya

Profil saya berisikan biodata lengkap tentang Anda yang harus diisikan, seperti: nama, jenis kelamin, nomor telepon, email, alamat, tanggal lahir, warga negara dan ijin permanen laen.

7. Resume diunggah

Pada bagian ini, silahkan unggah/upload resume yang telah Anda buat berupa lamaran, CV dan data-data lainnya dengan cara mengklik tombol unggah sekarang. Format file yang disarankan adalah Word (.doc or .docx), text (.txt), Rich Text (.rtf) atau PDF (.pdf) dengan ukuran maksimum 1MB. Setelah itu klik tombol choose file, lalu browse untuk mencari/mengambil file resume (lamaran) yang telah Anda siapkan di media penyimpanan komputer Anda. Setelah itu klik tombol Upload.

Belum punya surat lamaran kerja atau Anda ingin membuat surat lamaran kerja, CV, dan resume dengan mengunakan Ms. Word? Silahkan baca panduan pembuatannya:

Pada bagian resume yang diunggah ini, pihak jobstreet memberikan sebuah catatan, dimana Anda bisa membacanya dengan mengklik tulisan pelajari lebih lanjut.

Pada tulisan tersebut, pihak jobstreet menuliskan, seperti yang saya sadur berikut ini:

Melamar Lowongan dengan Resume yang Saya Unggah

Apakah saya bisa memakai resume yang saya unggah untuk melamar lowongan?
Ya. Anda cukup login ke MyJobStreet, buka bagian MyResume dan klik “Unggah resume saya sendiri” di bagian Resume yang Terunggah. Ikuti petunjuk di halaman tersebut untuk mengunggah resume Anda ke akun MyJobStreet.

Ketika Anda melamar suatu lowongan, resume yang Anda unggah beserta profil JobStreet Anda secara otomatis akan dikirimkan ke perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut akan dapat melihat:

  • Profil JobStreet Anda
  • Resume yang Anda unggah

Apa yang terjadi ketika saya mengganti resume yang saya unggah?
Ketika Anda mengganti resume yang Anda unggah, file yang lama akan tergantikan dengan file yang terbaru.

Setelah saya mengganti/memperbarui resume yang saya unggah, perlukah saya melamar kembali pada suatu lowongan sehingga perubahan resume saya dapat terlihat oleh perusahaan?
Tidak, Anda tidak perlu melamar kembali pada suatu lowongan. Perusahaan akan dapat mengunduh versi terbaru dari resume yang Anda unggah. Perhatikan bahwa perusahaan akan tetap dapat melihat versi lama yang Anda gunakan untuk melamar lowongan mereka.

Apa yang terjadi ketika saya menghapus resume yang saya unggah?
Jika Anda sudah pernah melamar lowongan menggunakan resume yang Anda unggah, perusahaan akan tetap bisa mengaksesnya (kecuali Anda melamar kembali pada lowongan tersebut).
Untuk aplikasi lamaran yang baru, hanya profil JobStreet Anda yang akan dikirimkan ke perusahaan (karena Anda belum mempunyai resume yang terunggah).

Pada artikel 5 tips menulis resume yang memukau, jobstreet menjelaskan yang saya kutip dan sadur dengan lengkap berikut ini:

Menulis resume yang memukau menjadi satu tiket emas untuk mendapatkan pekerjaan baru. Tidak hanya membantu mendapatkan pekerjaan baru, namun juga menjadi alasan utama yang dapat membantu Anda menerima gaji dan posisi yang lebih baik.

Resume adalah alat marketing Anda, namun ada perbedaan yang jelas antara mempromosikan diri dengan baik atau menjadi sombong. Agar resume Anda terlihat memukau, pastinya Anda perlu menulis, menyampaikan, dan terstruktur dengan baik. Jangan lupa untuk menulis sesuatu yang membedakan Anda dengan kandidat yang lain.

Jadi bagaimana Anda merasa bahwa resume Anda dilirik? Apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kesempatan interview? Jawabannya sangat simple: kunci dari menulis resume yang memukau adalah dengan mempromosikan keahlian yang Anda miliki, pengalaman dan pencapaiaan yang Anda dapat sehingga HRD mengerti apa yang hendak Anda sampaikan dan nilai yang bermanfaat untuk perusahaan tersebut.

Lima hal yang dapat Anda lakukan untuk menulis resume yang memukau adalah: Fokus pada pencapaian-bukan tugas dan tanggung jawab, gunakan contoh kuantitatif, gunakan kata kunci, hapus informasi tidak penting.

Fokus pada pencapaian-bukan tugas dan tanggung jawab:

HRD tidak begitu memperdulikan aktivitas sehari-hari Anda dan apa yang Anda kerjakan. Namun mereka lebih tertarik terhadap apa yang telah Anda capai dipekerjaan lama Anda. Jika resume Anda terlihat seperti sebuah catatan harian, saatnya menganti resume Anda dan fokus terhadap pencapaian yang pernah Anda terima. Jangan lupa juga untuk menyebutkan value yang telah Anda bangun dikantor lama Anda dan calon kantor Anda. Penulisan pencapaian terbukti sangat efektif untuk menarik perhatian pembaca (HRD) dan membedakan resume Anda dengan kandidat lain.

Contoh dari pencapaian yang dapat Anda tulis:

  • Bagaimana Anda meningkatkan pendapatan utama perusahaan
  • Bagaimana Anda dapat mengurangi jumlah anggaran keluar atau meningkatkan efisiensi bisnis
  • Ide baru, inovasi dan perubahan yang dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang positif
  • Penghargaan khusus, gelar kehormatan atau awards.
  • Pelatihan dan mentoring

Gunakan contoh kuantitatif

Sama pentingnya dengan fokus terhadap pencapaian yang pernah diraih. Cara mudah untuk menunjukan prestasi dan kesuksesan Anda adalah dengan contoh. Gunakan angka, figur dan statistik untuk mendukung pernyataan Anda. Contohnya daripada menuliskan “meningkatkan penjualan, menambah besar hasil perusahaan”, lebih baik menuliskan “meningkatkan jumlah penjualan menjadi 25% selama 6 bulan”.

Gunakan kata kunci

Menggunakan kata kunci yang benar dalam resume Anda bukan hanya akan menarik perhatian pembaca (HRD) saja, namun juga akan meyakinkan mereka bahwa Anda terlihat profesional. Tentunya resume Anda tidak akan dilupakan begitu saja oleh HRD. Tingkatkan kualifikasi yang ada pada diri Anda dengan membuat resume dengan menggunakan diksi (pemilihan kata) yang benar.

Biasanya HRD hanya membutuhkan waktu 10 detik saja untuk menentukan apakah resume Anda menarik atau tidak. Rangkum kualifikasi diri Anda dengan baik pada resume Anda sebagai awal yang baik untuk memulai mencari pekerjaam impian Anda.

Hapus informasi tidak penting

Pastikan semua informasi yang ada di resume Anda bisa meningkatkan kesempatan Anda memperoleh pekerjaan impian Anda. Informasi yang tidak relevan hanya akan memenuhi resume Anda tanpa memberikan nilai tambah pada diri Anda. Contohnya jika Anda melamar untuk posisi project manager, yakinkah bahwa resume Anda menyoroti keahlian Anda dalam hal manajemen. Ingat bahwa resume Anda adalah sebuah tiket emas, jadi pastikan bahwa resume Anda memiliki nilai lebih daripada resume kandidat lain.

Sebuah resume yang menarik akan meningkatkan kesempatan Anda untuk bertemu dan menceritakan siapa diri Anda dan apa keahlian Anda kepada HRD tempat Anda melamar pekerjaan. Fokus pada resume Anda dan promosiklan diri Anda dengan baik agar kesempatan mencari pekerjaan impian semakin besar. Jika Anda telah membuat sebuah resume yang menarik, tugas Anda selanjutnya adalah melahap semua pertanyaan dari HRD dan ceritakan siapa diri Anda pada saat interview.

8. Pengaturan Privasi

Pada pengaturan privasi profil ada 2 pilihan, yaitu dicari dengan detil informasi dan tidak dapat dicari. Silahkan pilih yang pertama, yaitu dicari dengan detil informasi, karena memungkinkan perusahaan untuk mencari profil dan melihat nama rincian informasi Anda.

Catatan: jangan lupa untuk mengklik tombol SIMPAN, pada setiap data atau perubahan yang telah Anda lakukan pada akun jobstreet yang Anda miliki.

Oke, sampai tahap kesembilan kedelapan ini, selesai sudah tulisan cara mempromosikan diri dan mengisi profil di jobstreet, semoga bermanfaat..see you

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Cara Mempromosikan Diri dan Mengisi Profil di Jobstreet

    1. Linuxsec October 4, 2016 at

      mantep nih artikelnya. 😀

      • umar danny October 4, 2016 at

        @linuxsec: wah bisa aja mas linux, Mas linux yang artikelnya mantaaab mas..membahas soal linux soalnya, kereeen

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website