Cara Mengatur Regional Setting Windows untuk Penggunaan Koma Atau Titik Koma di MS. Excel

Dalam penulisan sebuah formula atau rumus di ms.excel, tentunya Anda pernah menggunakan  2 tanda pemisah argumen/variabel yaitu: koma “,” dan titik koma “;”.  Dimana Anda harus memilih salah satu dari kedua tanda pemisah argumen tersebut, untuk Anda gunakan dalam pengoperasian  di lembar kerja ms. Excel.

Contoh tanda pemisah argumen

Sebagai contoh, Anda bisa melihat beberapa tulisan pada blog ini, yang menggunakan tanda pemisah argumen, diantaranya: Penjelasan mengenai fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP disertai gambar, pada tulisan tersebut ada satu formula VLOOKUP dengan penulisan seperti ini.

=vlookup(B5,$B$14:$E$16,2)

Pada formula di atas saya menggunakan koma bukan titik  koma, mengapa? Karena komputer saya menggunakan Sistem Operasi (OS) Windows 7 dengan Setting Regional English (United States).

Selain itu, banyak tulisan tutorial ms.excel di umardanny.com, dengan pembahasan tentang formula/rumus seperti: fungsi sum, VLOOKUP HLOOKUP, IF , COUNTIF, dan lain sebagainya menggunakan  banyak tanda pemisah argumen koma.

Jadi bagi Anda yang kebetulan menggunakan setting regional English atau lainnya dapat menggunakan koma (,) dalam mengikuti tutorial. Sedangkan penggunaan titik koma (;) bila setting regional komputer/windows Anda menggunakan Indonesia.

Artikel lain: panduan belajar Ms. Word 2007

Bila Anda salah memasukkan tanda pemisah argumen titik koma menjadi koma atau sebaliknya, maka excel akan mengeluarkan sebuah notifkasi/pesan kesalahan seperti dibawah ini:

Microsoft Office Excel

The formula you typed contains an error

  • For informatin about fixing common formula problems, click Help
  • To get assiteance in entering a function, click Function Wizard (Formulas tab, Function Library Group)
  • If you are not trying to enter a formula, avoid using an equal sign (=) or minus sign (-), or precede it with a single quotation mark (‘).

 

Cara mengetahui Harus Menggunakan Koma atau Titik Koma

Untuk mengetahui Apakah regional setting komputer Anda menggunakan bahasa Indonesia atau yang lainnya. Silahkan Anda lihat, penanggalan atau waktu di komputer yang terletak di pojok bawah paling kanan, bila Ada tulisan AM/PM nya, misalnya 06.45 PM, artinya…regional setting Windowsnya menggunakan English (United States), tetapi bila tidak ada AM PM nya atau 24 hours (24 jam), misalnya 18.45  maka setting regional nya menggunakan bahasa Indonesia.

Baca juga: cara menggunakan rumus kombinasi excel dengan contoh kasus soal

 

Cara Merubah Regional Setting Windows

Untuk merubah seting regional di Windows 7 dan 10

  • Klik start Menu -> Control Panel -> Region & Language (Windows 7)
  • Klik Star Menu -> Control Panel -> Region  (Untuk Windows 10)
  • Setelah itu akan tampil jendela Region, pilih setting regional yang Anda inginkan dengan memilih bagian format dan klik ok, seperti gambar dibawah ini:

setting regional Windows

Setting regiona l gambar di atas, bila Anda menginginkan tanda pemisah titik koma. Bila Anda ingin menggunakan tanda pemisah koma, silahkan pilih format English (United states) atau yang lainnya/selain format Indonesia.

Demikian cara mengatur regional setting Windows untuk penggunaan argumen/variabel di microsoft excel. Semoga bermanfaat.

Share This

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Panduan Belajar Ms. Office | Sistem Pakar © 2017 Frontier Theme