Cara Menggunakan Multiple Themes Dalam Satu Presentasi

Pada tulisan contoh presentasi menggunakan powerpoint, telah dibahas langkah-langkah membuat presentasi dengan menggunakan thema/template yang sama pada setiap slidenya. Terkadang, bila presentasi yang kita lakukan hanya menampilkan satu thema dengan banyak slide, tentu hal ini akan terlihat kurang keren dan tidak menarik. Agar presentasi yang kita lakukan tidak monoton dengan tampilan template yang itu-itu saja alias tidak ganti-ganti, menggunakan multiple theme (banyak template) dalam satu presentasi bisa menjadi solusinya.

Oke, langkah pertama yang Anda lakukan untuk menggunakan multiple themes dalam satu presentasi, silahkan buka slide yang sudah ada. Pada contoh ini, saya mengambil dari materi sebelumnya, yang terdiri dari 4 slide, seperti gambar di bawah ini:

membuat multiple themes powerpointBila belum punya filenya, Anda bisa juga menggunakan file powerpoint yang Anda miliki atau donwload seperti materi gambar di atas, klik disini.

Kemudian aktifkan/klik slide kedua, pilih tab menu design, klik kanan pada theme yang dipilih (pada contoh ini saya memilih theme civic) lalu klik apply to selected slides.

memilih thema slide pertamaHasil dari theme civic yang telah dipilih, Akan merubah tampilan slide kedua, menjadi seperti gambar di bawah ini:

hasil mengganti thema slide keduaSetelah thema pada slide kedua berubah, Selanjutnya silahkan klik slide ketiga dengan cara yang sama seperti mengganti thema pada slide kedua. Pilih menu Design klik kanan pada themes apex lalu pilih apply to selected slides. Hasilnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini:

mengganti thema slide ketigaUntuk slide keempat, silahkan pilih kembali menu design, pilih themes flow klik kanan lalu klik apply to selected slides. Hasil dari pengerjaan slide keempat ini, terlihat seperti gambar di bawah ini:

mengganti slide template keempatHasil dari pengerjaan slide kedua sampai keempat yang telah dirubah menggunakan thema yang berbeda, bisa dilihat seperti gambar di bawah ini:

hasil akhir dari menggunakan multiple templateSemoga presentasi yang dibuat dengan menggunakan banyak thema ini bermanfaat. Ada pertanyaan? Silahkan tinggal pesan pada kotak komentar.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website