Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel 2007 (sum, average, max, min dan counta)

Rumus microsoft excel 2007 digunakan untuk memudahkan user atau penggunanya, diantaranya fungsi SUM untuk menghitung total, Fungsi Average digunakan untuk mencari rata-rata dari sekumpulan data (arithmetic mean). Fungsi MAX digunakan untuk menampilkan nilai atau angka maksimum (terbesar) yang terdapat dalam suatu sel/range data. Lalu ada fungsi MIN yang digunakan untuk menampilkan nilai atau angka minimum (terkecil) yang terdapat dalam suatu sel/range.

Masih banyak Fungsi-fungsi excel lainnya yang bermanfaat, tetapi kali ini saya mencoba berbagi penggunaan rumus-rumus excel untuk  fungsi SUM, Average, Max, Min dan Counta. Sebelum lanjut ke materi cara menggunakan rumus rumus pada microsoft excel 2007, bagi yang ingin lebih mengenal lebih jauh apa itu Microsoft excel 2007, bisa membuka/melihat artikel saya sebelumnya panduan belajar microsoft excel 2007 bahasa indonesia.

Oke, lanjut ke pembahasan…

Untuk penggunaan rumus excel pastinya kita harus mempunyai contoh soal ms excel atau data yang ingin kita kerjakan. Sebagai contoh saya mempunyai tampilan soal/data seperti berikut :

gambar microsoft excel 2007

Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel 2007

Dari gambar soal di atas, yang perlu diisi datanya adalah total, total gaji, gaji rata-rata, gaji terbesar, gaji terkecil dan jumlah karyawan. Langkah-langkah untuk mengerjakan soal di atas adalah :

1. Gunakan fungsi SUM untuk menghitung total.

Bentuk penulisan fungsi SUM, adalah:

=SUM(number1,number2,…)

atau bisa juga dituliskan

=SUM(selawal:selakhir)

Penulisan fungsi SUM diatas, dibaca: menghitung jumlah dari sel awal sampai sel akhir.

Keterangan: Number pada fungsi SUM merupakan sel/range yang berisikan angka atau bilangan, nilai  logika atau teks yang mewakili bilangan.

Berdasarkan formula/rumus dari Fungsi SUM, untuk mengisi sel F7 atau menghitung total adalah:

=SUM(C7:E7)

Setelah mengisi formula di sel F7, silahkan copy  formula atau drag hingga F13

Lihat gambar microsoft excel untuk menghitung total di cell F7 di bawah ini :

gambar rumus excel

rumus microsoft excel fungsi sum

2. Gunakan fungsi SUM juga untuk total gaji di sel C15

gambar fungsi excel sum

3. Gunakan fungsi Average pada sel C16 untuk menghitung gaji rata-rata

Bentuk Penulisan formulanya:

=Average (number1, number2,..)

atau

=Average(selawal:selakhir)

Keterangan: Number pada fungsi average dapat berupa sel atau range yang berisi angka/bilangan atau nilai logika.

gambar fungsi average

4. Gunakan fungsi MAX pada sel C17 untuk menghitung gaji terbesar

Bentuk penulisannya

=MAX(number1, number2,..)

atau

=MAX(selawal:selakhir)

Keterangan: Number dapat berupa angka/bilangan, sel/range yang berisi angka atau nilai logika. Keterangan ini berlaku untuk fungsi MIN.

gambar fungsi max

5. Gunakan fungsi MIN untuk menghitung gaji terkecil di sel F15

Fungsi MIN digunakan untuk menampilkan nilai atau angka minimum (terkecil) yang terdapat dalam suatu sel/range data. Bentuk penulisannya

=MIN(number1, number2,…)

ATAU

=MIN(selawal:selakhir)

gambar fungsi min

baca juga: penjelasan lengkap menggunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

6. Gunakan fungsi COUNT/COUNTA di F16 untuk menghitung jumlah karyawan

Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah data tipe numerik yang terdapat dalam  suatu range data.  Fungsi COUNT berbeda dengan Fungsi Sum, bedanya dimana? SUM digunakan untuk menjumlahkan data, sedangkan COUNT digunakan untuk menjumlahkan pemilik data.

Bentuk penulisan fungsi COUNT

=COUNT(value1, value2,..)

atau

=COUNT(selawal:selakhir)

Value dapat berupa angka/bilangan, sel atau range yang berisi  angka/bilangan atau nilai logika. Keterangan ini berlaku untuk fungsi COUNTA.

Fungsi COUNTA digunakan untuk menghitung jumlah data (semua tipe) yang terdapat dalam suatu range data kecuali sel kosong. Bentuk penulisan fungsi COUNTA

=COUNTA(value1, value2,…)

atau

=COUNTA(selawal:selakhir)

Perbedaan Count dan Counta bisa anda lihat pada penjelasan diatas, bahwa fungsi COUNT hanya bisa digunakan untuk menjumlahkan angka (numeric) sedangkan COUNTA bisa untuk semua tipe data termasuk teks. seperti hasil pengerjaan dibawah ini:

gambar fungsi count/counta

Contoh COUNT, COUNTA, COUNTIF, COUNTBLANK dan COUNTIFS bisa Anda baca tutorialnya pada tulisan: cara menggunakan rumus pada fungsi count, counta, countif, countblank dan countifs di microsoft excel

Setelah menyelesaikan point 6 di atas, selesai sudah untuk pengerjaan soalnya. Untuk mendownload rumus excel lengkap di atas, silahkan anda mendownloadnya di sini

Demikian tutorial Cara Menggunakan Rumus Microsoft Excel 2007 (sum, average, max, min dan counta). Semoga bermanfaat.

Share This

    23 Comments

    Add a Comment
    1. Selamat Siang Bang
      Numpang Tanya…
      kan ada sheeet 1,2,3,dan seterusnya…
      gini bang misanya di sheet 1 kita tulis makanan di kolom A2 terus klw kita klick tulisan makanan yg ada di sheet 1 , biar pindah ke sheet dua gimana ya rumusnya ?….
      mohon bantunya gan

      1. @randoarifin: maksudnya biar data pada sheet 1 sama dengan sheet 2 ya? kalau yang dimaksud seperti itu, tinggal letakkan saja tanda sama dengan = di sheet2, lalu arahkan mouse/kursor ke sheet1 dan klik/drag data yang mau diambil, lalu tekan ENTER

    2. Sangat membantu . Terimakasih

    3. Numpang tanya bang, gimana caranya agar perkalian desimal di ms excel dengan titik agar tidak value/error. Misal kolom A 1,5 menjadi 1.5 (koma diganti titik) misal dikolom B dengan rumus =A1*1.5 hasilnya error.

      1. @agil:rubah komanya dengan titik, dengan cara klik tombol office (berada paling pojok kiri atas ms.excel), lalu pilih excel option, kemudian pilih advanced, setelah itu unceklis/jangan dicentang use system operatorsnya dan rubahlah koma menjadi titik pada bagian decimal separator lalu klik OK

    4. Sangat membantu buat saya yang sedang ujian praktek komputer

    5. Gan, mohon bantuannya yg jago rumus excel untuk bagikan ilmunya kesaya ke teman lainnya :
      Bagaimana cara menjumlahkan penjualan per sales : kode sales(ks) ks~1,ks-2,ks-3,ks-4 penjualan A,B,C,D,E,F, gmn cara membuat rumus jika kita ambil berdasarkan ks-1,? Terima kasih atas bantuannya ya.

      1. @ronny: coba mas googling, menggunakan artikel yang meggunakan SUMIF, sepertinya MS.office pernah membuat artikelnya.

    6. Sama sekali sangat membantu terimakasih.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Panduan Belajar Ms. Office | Sistem Pakar © 2017 Frontier Theme