Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP, MID, LEFT di Microsoft Excel

Penggunaan rumus vlookup – Sebagaimana kita ketahui rumus vlookup digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Lalu bagaimana bila rumus vlookup ini, kita gabungkan dengan fungsi-fungsi excel lainnya seperti mid dan left? berikut langkah dan tahapan cara menggunakan rumus vlookup, mid, left di microsoft excel.

Cara menggabungkan fungsi vlookup dan mid

Sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa Fungsi mid digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari posisi tertentu sebanyak yang diinginkan. Untuk menggabungkan fungsi mid dan vlookup, pastinya kita memerlukan soal donk untuk dibahas atau dikerjakan. Jadi, silahkan Anda lihat gambar soalnya di bawah ini :

gambar soal vlookup mid

Pada gambar di atas, terlihat kolom “jurusan” dan “tahun masuk” masih kosong. Lalu bagaimana cara mengisinya. Untuk menampilkan/mengisinya gunakan fungsi vlookup dan fungsi string MID. Oh iya, yang perlu Anda ketahui juga untuk penulisan di kolom “NIM”, “kode jurusan (tabel jurusan)”, dan “kode tahun masuk(tabel tahun masuk)”, gunakan type data text. Atau pada saat mengetik tambahkan ‘ (kutip 1). Misal ’11. Hasil  pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini:

gambar jawab vlookup mid

Pada gambar di atas fungsi yang digunakan =VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,2) Setelah mengisi formula di sel E5, copy formula atau drag hingga sel E14. Setelah kolom “jurusan” berhasil Anda isikan, selanjutnya adalah mengisi mengisi kolom “tahun masuk”, berikut langkah-langkahnya.

Cara menggabungkan fungsi vlookup dengan left

Untuk menampilkan/mengisi tahun masuk  gunakan fungsi vlookup dan fungsi string LEFT. Fungsi left menghasilkan karakter pada data bertipe teks sebanyak x karakter yang dimulai dari posisi sebelah kiri. Bentuk penulisannya =LEFT(text, num_chars). Dalam soal ini, dikombinasikan/digabung dengan vlookup . Hasil pengerjaan dari penggabungan vlookup dengan left bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini:

gambar jawaban vlookup left

Pada gambar di atas fungsi yang digunakan =VLOOKUP(LEFT(C5,2),$E$18:$F$23,2). Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula atau drag hingga sel F14.

Artikel terkait: penggunaan fungsi vlookup dan hlookup 

Hasil lengkap untuk pengerjaan dari soal di atas, akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

gambar hasil rumus vlookup mid left

Anda bisa melihat panduan artikel lengkap dan download materinya(termasuk materi vlookup ini) di artikel saya sebelumnya, panduan lengkap belajar microsoft excel 2007 Semoga artikel cara menggunakan fungsi vlookup dengan left dan mid, bermanfaat bagi anda.

Bagikan Yuuk!

    22 thoughts on “Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP, MID, LEFT di Microsoft Excel

    1. Hari Rahmad Dani April 24, 2014 at

      Makasi gan. saya sangat butuh script nya

      • umar danny April 24, 2014 at

        iya sama2..semoga membantu ya..

    2. ruli hidayati September 12, 2014 at

      saya sudah mencoba sesuai intruksinya tetapi malah #N/A.
      di mana salahnya ya?

    3. Siva Seftiani April 3, 2015 at

      Terima Kasih Pak, sangat membantu 🙂 (y)

      • umar danny April 3, 2015 at

        @siva: oke, semoga sukses belajarnya ya

    4. Halizah August 9, 2015 at

      Kenapa Hasil yang aku coba juga #N/4 padhal rumus yang ak masukan juga sudah bnar.

      • umar danny August 9, 2015 at

        @halizah: bila keluar pesan error #N/A merupakan pemberitahuan bahwa ada data yang kosong ketika Anda menggunakan fungsi atau formula (vlookup)

        • agus April 17, 2016 at

          maksutnya?

          • umar danny April 18, 2016 at

            @agus: datanya tidak ditemukan dalam tabel referensi/tabel bantu..dalam hal ini yang menjadi tabel referensi adalah tabel tabel jurusan dan tabel tahun masuk..

    5. Irfan Pinandhityo December 2, 2015 at

      makasih mas, sangat membantu

    6. Aidyl December 11, 2015 at

      =VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,2)
      pada rumus di atas, setelah C5 terdapat angka 3 (start_numb/SN) dan angka 2 (numb_chars/NC)
      naah,,, disini saya masih belum memahami yang dimaksud dengan SN & NC, lalu dr mana angka tersebut (3,2) didapat ? Kemudian apa pengertian dari MID ?
      mohon pemaparannya ya mas Umar.

    7. moe March 26, 2016 at

      Gan kok saya dapat hasil #N/A ya?

      • umar danny March 26, 2016 at

        @moe: Coba ditambahkan nilai 0 (nol) atau false pada formulanya, misalnya: untuk menghitung kolom jurusan di cel E5 =VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,2) menjadi =VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,2,0) atau =VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,False)..

    8. tiya November 17, 2016 at

      mas q mau tanya kalaau ada soal dibca berdasarkan 2 karakter dan karakter terakhir itu gmana..

    9. umar danny November 17, 2016 at

      @tiya: maksudnya bisa diperjelas?

    10. Shiddiq November 27, 2016 at

      Hasilnya NA.
      fungsi MID tidak bisa digunakan untuk memanggil tabel jurusan dan tabel tahun masuk, karena yang dipanggil adalah ANGKA, jika angka diganti HURUF baru bisa, atau harus ada yang di setting?

      • umar danny November 28, 2016 at

        @shiddiq: type data angka rubah menjadi type data text, kan sudah dijelaskan diartikelnya…tambahkan kutip satu pada saat penulisan atau kalau sudah terlanjut mengetik semua datanya dalam bentuk angka, tinggal blok semua area yang ingin dirubah tipe datanya menjadi text dengan cara klik kanan format cell, dalam posisi/keadaan menu number pilih text

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website