Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP, MID, LEFT di Microsoft Excel

Penggunaan rumus vlookup – Sebagaimana kita ketahui rumus vlookup digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Lalu bagaimana bila rumus vlookup ini, kita gabungkan dengan fungsi-fungsi excel lainnya seperti mid dan left? berikut langkah dan tahapan cara menggunakan rumus vlookup, mid, left di microsoft excel.

Cara menggabungkan fungsi vlookup dan mid

Sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa Fungsi mid digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari posisi tertentu sebanyak yang diinginkan. Untuk menggabungkan fungsi mid dan vlookup, pastinya kita memerlukan soal donk untuk dibahas atau dikerjakan. Jadi, silahkan Anda lihat gambar soalnya di bawah ini :

gambar soal vlookup mid

Pada gambar di atas, terlihat kolom “jurusan” dan “tahun masuk” masih kosong. Lalu bagaimana cara mengisinya. Untuk menampilkan/mengisinya gunakan fungsi vlookup dan fungsi string MID. Oh iya, yang perlu Anda ketahui juga untuk penulisan di kolom “NIM”, “kode jurusan (tabel jurusan)”, dan “kode tahun masuk(tabel tahun masuk)”, gunakan type data text. Atau pada saat mengetik tambahkan ‘ (kutip 1). Misal ’11. Hasil  pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini:

gambar jawab vlookup mid

Pada gambar di atas fungsi yang digunakan adalah:

=VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,2)

Setelah mengisi formula di sel E5, copy formula atau drag hingga sel E14.


Setelah kolom “jurusan” berhasil Anda isikan, selanjutnya adalah mengisi mengisi kolom “tahun masuk”, berikut langkah-langkahnya.

Cara menggabungkan fungsi vlookup dengan left

Untuk menampilkan/mengisi tahun masuk  gunakan fungsi vlookup dan fungsi string LEFT. Fungsi left menghasilkan karakter pada data bertipe teks sebanyak x karakter yang dimulai dari posisi sebelah kiri. Bentuk penulisannya =LEFT(text, num_chars). Dalam soal ini, dikombinasikan/digabung dengan vlookup. Hasil pengerjaan dari penggabungan vlookup dengan left bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini:

gambar jawaban vlookup left

Pada gambar di atas, fungsi yang digunakan adalah:

=VLOOKUP(LEFT(C5,2),$E$18:$F$23,2)

Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula atau drag hingga sel F14.

Artikel terkait: penggunaan fungsi vlookup dan hlookup 

 

Hasil lengkap untuk pengerjaan dari soal di atas, akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

gambar hasil rumus vlookup mid left

Anda bisa melihat panduan artikel lengkap dan download materinya(termasuk materi vlookup ini) di artikel saya sebelumnya, panduan lengkap belajar microsoft excel 2007 Semoga artikel cara menggunakan fungsi vlookup dengan left dan mid, bermanfaat bagi anda.

35 Comments

Add a Comment
  1. sangat sangat membantu

  2. Terimakasih, artikelnya bagus dan membantu belajar.

  3. Maaf pak itu rumusnya kayanya kurang “,0” ya pak..

    1. @awandri: angka 0 itu merupakan tipe data FALSE (tipe data yang nilainya pasti) bersifat optional, tapi alangkah baiknya kalau memang digunakan, silahkan mas awandri tambahkan 0

  4. Your comment is awaiting moderation.

    mohon bantuannya, bagaimana cara memisahkan contoh diSel A1 = 020582 dibuat di Sel B1 menjadi 02/05/1982 seperti tanggal, terima kasih sebelumnya

    1. @amsar: silahkan letakkan kursor di cell B1, lalu ketikkan =A1, setelah itu klik kanan di cell B1 pilih format cell pilih date dan pilih format tanggal yang dinginkan..

  5. Mas kenapa ya pas saya masukin rumus di vlookup+mid di kolom jurusan hasilnya n/a saya pake office 2013, padahal udah bener rumusnya

  6. TERIMA KASIH BANYAK GAN, SANGAT MEMBANTU

  7. Pak tolong jelasin ini “=VLOOKUP(MID(C5,3,2),$B$18:$C$21,2)”
    Angka 3 dan 2 nya dapet darimana ya
    .. biar makin paham.. makasih😁

  8. Agan ganteng, bener kata Widi subagya, hasilnya N/A, padahal rumus sudah benar, saya juga sudah ganti koma jadi titik koma, tetap aja N/A hasilnya. Terus angka 3 dan 2 nya yg di letakin dekat MID nya dapat dari mana agan yg baik. Hehehe.terimakasih banyak sebelumnya.

    1. @tya&juan: pesan N/A itu sama dengan Not Available atau tidak tersedia. Umumnya nilai yang dicari tidak ditemukan dalam tabel referensi/tabel yang dijadikan acuan.

      Sedangkan angka 3 dan 2 itu yang mas Juan tanyakan, digunakan untuk mengambil kode jurusan yang ada pada tabel utama (kolom NIM sebagai nilai kunci/lookup_value) dengan menggunakan fungsi MID.. Contoh: NIM 0011500100, yang diperlukan adalah angka 11 karena angka/kode ini yang membedakan jurusan yang diambil oleh setiap mahasiswa (lihat tabel data/tabel jurusan). Dan Angka 11 itu, bisa diambil dengan menggunakan fungsi MID(data_yang_diambil, posisi_awal,jumlah_pengambilan), sehingga penulisannya (C5,3,2) dimana:
      C5 = merupakan data yang diambil
      3 = posisi awal, ambil/hitung dari sebelah kiri
      2 = jumlah pengambilan

      1. Thanks soo much Mas. Udah bisa, ternyata masalahnya penulisan type text tadi Mas.

  9. Thanks banget gan. Jadi untuk nyelesaiin N/A nya gmna gan. Hasilnya kan seharusnya muncul nama jurusan, mksd saya apa karena NIM mahasiswa nya diketik dalam bentuk “Text” ya?!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Panduan Belajar Ms. Office | Sistem Pakar © 2017 Frontier Theme