Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami untuk Anak

Ketombe dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Kepala yang terserang ketombe tampak bersisik atau terdapat keropeng halus yang berwarna kekuning-kuningan, berminyak, dan terasa gatal. Ketombe disebabkan oleh faktor keturunan atau cuaca lembap. Bila anak terserang ketombe, anda tidak perlu cemas, berikut tips cara menghilangkan ketombe secara alami untuk anak

  1. Olesi kulit kepala anak dengan minyak zaitun hangat dan biarkan selama semalam.
  2. Keesokan paginya, sisir rambut anak sebelum keramas.
  3. Keramasi anak dengan sampoo yang mengandung tea tree oil (jika ada) atau sampo bayi (jika tidak ada).
  4. Pijat-pijat kulit kepala anak selama keramas.
  5. Keringkan rambut dengan handuk bersih.

Kremasi anak setiap hari selama dua minggu atau sampai ketombe hilang. Setelah itu, keramasi dua hari sekali untuk menjaga agar rambut tetap bersih dan terhindar dari ketombe. Sampo harus berada di kulit kepala paling sedikit 10 menit untuk memberi hasil yang memuaskan.

gambar anak lucu tanpa ketombe
anak lucu tanpa ketombe

 

Tips menghilangkan ketombe secara alami di atas diperuntukkan untuk anak anda yang masih kecil atau berumur di bawah 5 (lima tahun), lalu bagaimana untuk anda atau anak yang sudah lebih dari 5 tahun ke atas, silahkan baca artikel saya sebelumnya tips cara menghilangkan ketombe secara alami dengan jeruk nipis, daun pandan dan buah nanas atau silahkan baca artikel singkatnya di bawah ini :

Berikut kutipan artikel singkatnya untuk cara menghilangkan/mengatasi ketombe membandel dengan bahan-bahan alami.

  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis yang telah tua. Belah menjadi dua bagian. Kemudian, gosokkan pada kulit kepala pada malam hari sebelum tidur. Cuci rambut dan kulit kepala hingga bersih keesokan paginya. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.
  2. Siapkan 3 hingga 7 lembar daun pandan. Cuci hingga bersih, lalu giling sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air sambil diremas-remas. Peras dan saring. Air perasan daun pandan ini dioleskan pada kulit kepala secara merata. Tunggu hingga 30 menit atau 1 jam. Cuci rambut dan kulit kepala hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.
  3. Siapkan 2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, kemudian diparut. Peras dan saring airnya. Oleskan air perasan buah nanas ke kulit kepala secara merata pada malam hari menjelang tidur. Cuci rambut dan kulit kepala hingga bersih keesokan paginya. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.
gambar jeruk nipis tua
gambar jeruk nipis

 

Baca juga : Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi. Sistem ini digunakan untuk mengecek kondisi bayi

 

Sumber: Semua rahasia kulit cantik dan sehat ada di sini, Keen Achroni dan dr. Adji Suranto, Sp.A. (Jangan Panik Bunda).

 

Dengan rambut indah alami tanpa ketombe membuat anda lebih percaya diri, dan dambaan semua orang tua mempunyai anak dengan kulit kepala yang sehat tanpa ketombe. Semoga artikel cara menghilangkan ketombe secara alami untuk anak bermanfaat. So, keep spirit!!

Bagikan Yuuk!

    One thought on “Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami untuk Anak

    1. hery February 20, 2016 at

      thanks gan infonya sangat membantu

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website