Cara Monetize Blog: PPCBlogger, CPM Adversal, IBN, Kliksaya.com

Monetize Blog atau cara menghasilkan uang lewat blog bukanlah sesuatu yang baru. Banyak cara dilakukan para blogger agar blognya dapat menghasilkan uang, diantaranya dengan mengikuti program PPC (Pay Per clik), CPM (Cost Per Mile), Job Review, Affiliate dan lain sebagainya.

Mungkin banyak di antara Anda para pengguna internet khususnya para blogger yang mengikuti beberapa program untuk menghasilkan uang lewat blog/website yang dikelolanya. Dan tentu sudah tidak asing dengan istilah PPC, CPM, Job Review, Afilliate dan lain-lain. Kali ini saya mencoba berbagi kepada Anda, beberapa program monetize blog yang pernah saya ikuti baik itu PPC, CPM dan Job Review.

gambar penyedia layanan untuk monetize blog

Baca juga artikel menarik lainnya: cara mendaftar di social media tagged.com

PPC atau pay perclick merupakan salah satu cara monetize blog dimana pemilik Blog (blogger) akan dibayar oleh pengiklan bila ada slot iklan yang ditampilkan di blog/websitenya di klik oleh pengunjung blog. Besarnya pendapatan dari PPC ini tergantung dari penyedia jasa layanan iklan yang kita ikuti. Beberapa program PPC yang pernah saya ikuti diantaranya:

1. PPCBlogger.com: PPC yang satu ini merupakan PPC yang tidak mengharuskan publisher (blogger/pemilik blog) memiliki traffik tinggi atau jumlah pengunjung yang banyak, asalkan Anda mempunyai blog/website silahkan Anda mendaftarkan ke ppcblogger.com. Setelah Anda mendaftar di ppcblogger.com dan mengambil kode/script, iklan sudah otomatis sudah tampil di blog/website Anda. Untuk nilai harga per klik ppcblogger bervariasi mulai dari iklan text 275 perklik sampai iklan banner sebesar 475 perklik.

Pembayaran atau payout dari ppcblogger biasanya bila blog Anda telah menghasilkan minimal Rp. 20.000 (dua puluh ribu rupiah) bisa ditransfter lewat rekening Bank yang telah Anda daftarkan. Selain pembayaran melalui rekening Bank, ppcblogger juga bisa menyediakan pembayaran lewat transfter pulsa saat pendapatan saldo sudah Rp. 11.000 (sebelas ribu rupiah) untuk transfter pulsa Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah). Bila Anda berminat menjadi publisher ppcblogger, silahkan daftar lewat refferal saya disini

pasang iklan

2. Kliksaya.com: PPC Kliksaya.com merupakan PPC yang cukup terkenal di kalangan blogger Indonesia, banyak para blogger yang berhasil mencapai angka 6 digit rupiahnya tiap bulannya dari situs yang didirikan oleh David Chiang ini. Untuk menjadi publisher kliksaya.com pageview (tampilan halaman) minimal 10.000 pv. Bila Traffic/pengunjung blog Anda sudah mencapai 340an lebih perhari, Anda bisa mencoba mendaftarkannya ke kliksaya. Setelah pasang kode/script kliksaya iklan tidak otomatis langsung muncul (iklan default dari kliksaya.com yang muncul), biasanya dibutuhkan waktu 1 hari untuk pihak klik saya mengukur traffic blog dari website Anda.

Harga perklik dari kliksaya.com cukup lumayan mulai dari Rp. 300 (tiga ratus rupiah)  sampai Rp. 800 (delapan ratus rupiah). Pembayaran/payout kliksaya.com akan dibayarakan setelah saldo Anda sudah atau diatas Rp. 60.000,- dengan transfer ke rekening Bank yang telah Anda daftarkan. Bagi Anda yang berminat memonitize blog/website dengan kliksaya.com. bisa mendaftarkan lewat referral banner saya di bawah ini:

3. IBN (idblognetwork.com): IBN merupakan startup yang didirikan pada tahun 2010 merupakan penyedia jasa layanan iklan yang mempertemukan antara advertiser (pengiklan) dan blogger (publisher). Untuk menjadi member/publisher dari IBN, Anda bisa memasukkan dua email rekomendasi saat mendaftar dari blogger lainnya yang telah dahulu sudah diterima IBN. Saya pribadi waktu diterima menjadi publisher IBN tidak menggunakan email rekomendasi, dan kebetulan langsung di terima dengan mendapat email balasan satu hari kemudian setelah mendaftar.

Harga per klik dari IBN cukup besar mulai dari Rp. 500 (lima ratus rupiah) sampai Rp. 1000 (seribu rupiah). Untuk pembayaran atau payout minimal saldo/pendapatan Anda sudah mencapai Satu Juta Rupiah. Selain PPC, Idblognetwork juga menawarkan PPA (pay per action), tweet campaign, PPB/PPR (pay per read), Video Banner, Article Backlink dan Job Review. Di antara program IBN yang ada, mungkin hampir semua blogger menyukai Job Review dari IBN ini. Kok bisa? Ya karena job review/PPP (Pay per Post) bayarannya cukup lumayan besar mulai dari Rp. 800.000 sampai dengan Rp. 1.200.000 untuk job menulis satu buah artikel. Pembayaran untuk job review sendiri akan langsung dibayarkan setelah campaign/kampanye selesai.

idblognetwork menyediakan ppc, pbr, artikel backlink, job review

4. CPM Adversal

CPM (Cost per Mille) merupakan program selain PPC, dimana pemilik blog (publisher) akan dibayar per seribu impresi (tampilan halaman). Besarnya bayaran dari CPM bervariasi dari $0,1 – $25 atau lebih tergantung dari penempatan, ukuran dan nilai blog itu sendiri. Dari Program CPM yang ada, hanya CPM adversal yang saya pakai di blog umardanny.com ini. Selain program CPM, adversal juga menyediakan program PPC, namun nilai pembayaran untuk kliknya tidak sebesar program CPM nya.

CPM Adversal didirikan pada tahun 2003 dan menerima blog berbahasa Indonesia. Syarat untuk menjadi publisher CPM Adversal adalah blog kita harus mempunyai 50.000 pageview (tampilan halaman) bukan visitor ya. Bagi Anda yang pageview perbulannya belum mencapai 50.000, silahkan coba saja daftarkan blognya ke adversal. Pengalaman saya pribadi, waktu mendaftar ke CPM Adversal pageview blog saya belum mencapai 50.000 per bulannya. Untuk payout (pembayaran) CPM Adversal adalah bila saldo sudah mencapai $20, bisa melalui paypall ataupun cek.

Keuntungan menghasilkan uang lewat program CPM adalah pemilik blog akan dibayar tanpa harus ada yang mengklik iklan yang ada di blog kita, berbeda dengan PPC dimana pemilik blog akan dibayar bila ada yang mengklik iklan. So, bagi Anda yang berminat mengikuti program CPM Adversal ini, silahkan mendaftarkan langsung ke CPM Adversal atau melalui banner link saya di bawah ini:

Dari empat program monetize blog di atas manakah yang Anda sukai? yang pasti untuk Anda yang mempunyai traffic/pengunjung blog di bawah 100 perhari ppcblogger.com layak Anda coba. Untuk ppckliksaya.com dari hasil pengalaman saya, akan sangat bagus untuk blog bertopik kesehatan dan dewasa (tidak porno ya). IBN/idblognetwork sangat potensial untuk Anda yang mempunyai google pagerank dua ke atas, Alexa rank di bawah 500 ribu dan jumlah pengunjng yang banyak untuk mendapatkan job review. Selain itu bagi Anda yang mempunyai jumlah akun twitter dan jumlah follower di atas 1000 lebih, coba deh daftarkan diri ke IBN, biasanya sering mendapatkan job tweet campaign, yang bayarannya lumayan besar sekali tweet. Sedangkan untuk CPM Adversal, saya lebih menyarankan blog Anda berbahasa Inggris, karena bila blog Anda berbahasa Inggris kemungkinan besar pembaca setia/pengunjung blog Anda berasal dari mancanegara, baik itu US, Canada yang memberikan pendapatan nilai lebih besar dari dari pengunjung dari Indonesia. Tapi Apapun pilihan Anda, tidak ada salahnya bila Anda mencoba menghasilkan uang dari blog yang Anda kelola.

Bagikan Yuuk!

    3 thoughts on “Cara Monetize Blog: PPCBlogger, CPM Adversal, IBN, Kliksaya.com

    1. iksandri March 18, 2015 at

      Cari dollar dgn Cashpirate ( khusus android ) download app via google play store daftar & masukan kode TSIWQA ( lsg dpt 500 point ) kemudian donwload semua offer app ( nilai point berbeda2 ) min PO 2,5 USD/2500 point via Paypal ( proses cpt hny 5 menit $ lsg msk paypal )

    2. Fransiska November 23, 2015 at

      Terima kasih atas infonya. Sangat bermanfaat.

      • umar danny November 23, 2015 at

        @fransiska:oke, semoga membantu

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website