cara mudah perpendek url panjang dengan bitly

Perpendek url atau URL shortener adalah sebuah cara mengubah alamat website/blog yang tadinya panjang menjadi lebih ringkas (baca:pendek). Sebagai contoh saya mempunyai sebuah artikel dari halaman website umardanny.com dengan url: http://umardanny.com/cara-menggunakan-rumus-microsoft-excel-2007-sum-average-max-min-dan-counta/ lalu setelah saya menggunakan short url (URL shortener) maka akan berubah urlnya menjadi  http://bit.ly/1hp1RFp lebih pendek bukan? itulah yang di sebut URL shortener. Tutorial kali ini membahas cara mudah perpendek url panjang dengan bitly.

Penyedia jasa URL Shortener

Banyak penyedia jasa URL shortener diantaranya bitly.com , goo.gl (google url shortener), is.gd  dan sebagainya yang banyak digunakan oleh para user atau pengguna internet. Penyedia layanan URL Shortener tersebut bisa anda gunakan dengan gratis alias free. Saya sendiri menggunakan bitly.com untuk share artikel/post, selain gratis, bitly.com bisa atau sudah diintegrasikan dengan rss graffiti facebook dan twitterfeed .

Keuntungan menggunakan URL Shortener

Lalu mengapa mesti mengunakan URL Shortener? Memang tanpa kita perpendek alamat website/blog sebuah post atau artikel tetap akan tampil, baik saat kita sebar ke social media semacam facebook, twitter, memasukkan/menyisipkan saat membalas email pada body email, bermain affiliate untuk strategi promosi dan sebagainya. Dengan menggunakan URL shortener,  halaman yang kita sebar ke internet akan terlihat lebih eye catching atau lebih enak dilihat, tidak terlihat url yang mungkin sangat panjang, sehingga user(pengguna internet) lainnya tidak merasa terganggu(tidak nyaman) dengan link share kita.

Cara Mendaftar URL Shorter (bitly.com)

Tanpa mendaftar/login di bitly, anda tetap bisa menggunakan layanan ini, dengan langsung memasukan url yang ingin anda ubah menjadi lebih pendek ke dalam kotak pengubah yang ada di bagian halaman atas situs bitly.com, tetapi anda tidak bisa menyimpan (baca:mengarsip) file/data tersebut jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya kembali. Bisa saja sih anda menyimpan satu persatu ke dalam media penyimpanan yang anda punya, tetapi alangkah baiknya bila anda juga menyimpannya di bitly dengan mempunyai akun bitly tentunya.

Untuk mendaftar di bilty langkah pertama silahkan anda ketik di browser https://bitly.com  lalu akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini :

gambar daftar bitly

 

Lalu klik sign up/daftar :

gambar signup bityly.com

 

  • Username : isi username/nama yang anda inginkan
  • Email address: Isi dengan akun email yang anda punya
  • Password : Isi password anda (6-20 karakter)
  • Password again: ulangi password (samakan dengan yang password yang di atas)

  • Create Account: Klik tombol create account.

Sampai di sini anda sudah mempunyai akun di bitly, tinggal anda memasukan url dari website/blog yang ingin diubah menjadi pendek. Anda juga bisa menggunakan akun facebook atau twitter yang anda miliki untuk login ke layanan ini.

Cara Menggunakan bitly

Setelah login menggunakan akun bitly yang anda punya, copy alamat url yang ingin anda ubah, lalu masukkan ke dalam kotak seperti di bawah ini :

gambar masuk bitly

Setelah itu tinggal anda copy url yang tadi sudah diubah, atau bisa juga langsung anda share ke facebook, twitter dan email.

gambar ubah url bitly

Update: URL yang telah dipendekkan dengan bitly, bisa juga anda rubah alamatnya, agar terlihat lebih kereeen? Silahkan baca tulisan custom url shortener dengan bitly dan google

Demikian cara mengubah url panjang menjadi pendek dengan bitly, semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    One thought on “cara mudah perpendek url panjang dengan bitly

    1. anjas August 26, 2016 at

      pemendek url a3a.co Payout ratenya cukup tinggi hingga $4,6 per 1000 kali tayang. Lumayanlah buat nambah2 penghasilan

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website