Cara Penggunaan Fungsi If Pada Microsoft Excel 2007

Fungsi if pada excel digunakan jika ada pernyataan ekspresi logika yang mempunyai perintah diantara “salah” atau “benar”. penggunaan fungsi IF erat kaitannya dengan fungsi logika atau ekspresi logika. Berikut langkah atau panduan cara penggunaan fungsi if pada microsoft excel 2007. 

Mengenal fungsi logika

Fungsi atau expresi logika biasanya digunakan untuk operator relasi sebagai berikut :

gambar operasi relasi logika excel

Untuk penggunaan expresi logika, lihat contoh soal untuk fungsi logika dalam penerapannya di bawah ini:
expresi logika broo

Buatlah di sheet lembar kerja excel anda yang baru, lalu anda ketik soal seperti gambar di atas. Bila  hasil jawaban  Anda untuk kolom “C” seperti gambar di bawah ini, artinya jawaban Anda sudah benar.

gambar ekspresi logika2

Ket: Jika ditampilkan pernyataan “TRUE” berarti benar, “FALSE” berarti salah.

1. Penggunaan Fungsi If (menghitung Tunjangan dan Total Gaji)

Setelah fungsi logika diatas sudah anda pahami, sekarang waktunya kita melangkah ke Fungsi IF. Untuk lebih memudahkan pemahaman Anda. Kerjakan soal berikut di bawah ini:

Contoh Soal: Lihat gambar di bawah ini, isilah “kolom tunjangan” dan “total gaji”dengan menggunakan Fungsi. Tunjangan 30% dari Gaji Pokok, dan diperoleh jika lama kerja di atas 2 tahun.

gambarlogika if

Untuk menghitung tunjangan gunakan fungsi IF di Sel E7. Setelah mengisi formula di sel E7, copy formula drag hinga sel E13. Bentuk penulisan fungsi IF adalah sebagai berikut,

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false),

atau

=IF(tes_logika;nilai_jika_benar;nilai_jika_salah)

Catatan: Untuk penanggalan di komputer dengan format 24 hours, pada penulisan formula gunakan pemisah; (titik koma) seperti penulisan fungsi IF diatas. Sedangkan untuk format penanggalan AM PM, gunakan pemisah, (koma), seperti contoh pengerjaan dibawah ini:

Untuk soal di atas rumus untuk mengisi “tunjangan” adalah =if(D7>2,30%*C7,0)

gambar logika if 2
 


 
Lalu Untuk menghitung total gaji gunakan operator penjumalahan di sel F7. Setelah mengisi formula di sel F7, copy formula atau drag hinga sel F13, lihat gambar di bawah ini:

gambar logika if 3

Hasil keseluruhan dari soal di atas, dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

gambar logika if 4

Artikel menarik lainnya: penjelasan mengenai fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP disertai gambar

  

2. Penggunaan Fungsi If (menghitung Total dan Diskon)

Contoh soal: Isilah kolom “Total” dan “Diskon” gambar di bawah ini, dengan menggunakan Fungsi. Diskon 10% diperoleh jika yang dibeli adalah komputer Merk Relion dengan pembelian total di atas 30000000.

gambar fungsi if 5

Untuk menghitung “total” soal di atas, gunakan operator perkalian. Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula atau drag hingga sel F10. Lihat gambar di bawah ini:

gambar logika if 6

Untuk menghitung total “diskon” gunakan fungsi IF dan AND di F5. Setelah mengisi formula di sel G5, copy formula atau drag hingga sel G10.

gambar logika if 7

Catatan: Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE (benar) jika semua argumen yang diuji bernilai benar dan akan menghasilkan nilai FALSE (salah) jika salah satu atau lebih argumen bernilai salah. Bentuk penulisan fungsinya adalah =AND(logical1,logical2,…). Dalam soal di atas tadi dikombinasikan dengan IF.

gambar fungsi if 8
Untuk mendapatkan/download materi lengkap fungsi excel if  di atas , silahkan anda download tutorialnya di sini atau bila ingin membaca artikel lainnya silahkan baca artikel sebelumnya cara menghitung sum, count, dan counta.

Demikian tutorial excel cara menggunakan rumus if di excel 2007, semoga bermanfaat.

8 Comments

Add a Comment
  1. mudah juga belajar if di excel
    makasih infonya…

  2. Pada Latihan pertama dalam tutorial pertemuan ke-3 (Daftar Pembelian Tiket Pesawat “Save Air”, saya kebingungan dalam mencari formula untuk mengisi kolom Diskon.
    Sudah saya coba mengotak-atik menggunakan penggabungan rumus VLOOKUP, MID & IF, namun masih belum ketemu. Jika demikian, maka penggunaan Rumus apa dan alur logika bagaimana yg pas dalam mengisi kolom diskon tersebut…?

    1. @aidyl: insyaallah nanti saya buatkan tutorialnya ya mas, cuman maaf mas tidak bisa cepat, soalnya masih ada urusan offline yang harus dikerjakan..

      Update: Sudah saya buatkan tutorialnya, silahkan dibaca pada cara menggunakan rumus kombinasi excel dengan contoh soal kasus..

      1. ok mas, ditunggu yaaa 😀
        Sukses selalu yaa,,,,

  3. Mau tanya min, mencari Tunjangan menggunakan rumus if seperti contoh diatas=if(D7>2,30%*C7,0). Itu >2,30%*c7,0 dari mananya yaa. Kalau dilihat rumusnya =IF(tes_logika;nilai_jika_benar;nilai_jika_salah). Mohon dijelaskan min. Maklum masih belajar hehe

    1. @falya: Untuk mengerjakan soalnya, pertama kali pastikan petunjuk soalnya dibaca terlebih dulu ya..

      Oke, untuk menghitung tunjangan disoal telah dijelaskan bahwa Tunjangan didapatkan bila kolom masa kerja (D7) lebih dari 2 tahun, penulisan rumus/formulanya =IF(D7>2 ini merupakan test_logikanya. Lanjut ke nilai_jika benar, masukkan kolom gaji pokok (C7) dengan mengalikannya dengan 30% (sesuai dengan petunjuk soalnya), sampai sini penulisan rumusnya menjadi =IF(D7>2,30%*C7. Kemudian masukkan nilai_jika_salah dengan angka 0. Maksud penambahan 0 disini adalah, jika masa kerjanya tidak lebih besar dari 2 tahun maka hasilnya adalah 0 (FALSE)… sehingga penulisan akhirnya =IF(D7>2,30%*C7,0)..

      Semoga paham dengan penjelasannya 😀

  4. maaf min mau tanya, rumus =IF(AND(C5=”RELION”,F5>30000000).10%*F5,0) itu kenapa “RELION” ya? jadi kita membandingkan yang ZYREX atau RELION? maaf saya kurang paham sama rumus yang ini. Mohon penjelasannya, terima kasih

    1. @nara: coba baca petunjuk soalnya terlebih dahulu.. disoal tersebut tertulis seperti ini: Diskon 10% diperoleh jika yang dibeli adalah komputer Merk Relion dengan pembelian total di atas 30000000. Jadi kalau merknya selain RELION ya ga dapet diskon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Panduan Belajar Ms. Office | Sistem Pakar © 2017 Frontier Theme