Contoh Flowchart Penerimaan Bank

Pada artikel contoh flowchart program sistem pakar diagnosa penyakit, telah dijelaskan pengertian dan juga alasan mengapa menggunakan flowchart (relationship, analysis dan communication).

Ada beberapa simbol flowchart yang tidak ada di artikel sebelumnya, yang memang simbol tersebut tidak digunakan pada program rancangan pembuatannya. Nah untuk contoh flowchart penerimaan Bank berikut ini, bisa Anda lihat perbedaannya, seperti terlihat pada gambar simbol flowchart di bawah ini:

gambar simbol dan kegunaan flowchart

Penerimaan Bank

1. Konsumen menyerahkan Formulir Pembelian Rumah (FPR) dan melakukan pembayaran dengan cek melalui administrasi pemasaran. FPR digunakan untuk membuat laporan penjualan.

Laporan penjualan dibuat 2 rangkap:

rangkap ke-1 diberikan ke kepala bagian akuntansi dan rangkap ke-2 sebagai arsip. Cek disetor ke bank.

2. Administrator pemasaran membuat kwitansi sebanyak tiga rangkap:

– rangkap ke-1 diberikan ke konsumen

– rangkap ke-2 diberikan ke kasir kas besar beserta bukti setor cek untuk dibuat Bukti Bank Masuk (BBM) dan laporan penerimaan bank.

Laporan penerimaan bank dibuat 2 rangkap:

– Rangkap ke-1 diberikan ke kepala bagian akuntansi dan rangkap ke-2 sebagai arsip. Rangkap ke-3 digunakan untuk membuat laporan piutang yang dibuat 2 rangkap: rangkap ke-1 diberikan ke kepala bagian akuntansi, rangkap ke-2 sebagai arsip.

3. Laporan penjualan, piutang dan penerimaan bak di-posting ke buku besar oleh kepala bagian akuntansi untuk dibuat laporan keuangan yang dibuat 2 rangkap: rangkap ke-1 diberikan ke direktur dan rangkap ke-2 sebagai arsip.

Untuk Contoh Flowchartnya penerimaan bank, dapat Anda lihat seperti gambar di bawah ini:

gambar contoh flowchart penerimaan bank

Untuk Penerimaan Kas, Pengeluaran Kas dan Pengeluaran Bank Anda bisa membaca selengkapnya dengan mendownload tutorial dari Dian Palupi Rini bawah ini dalam bentuk PDF :

Download Contoh Flowchart Penerimaan Bank

Bagi Anda yang membutuhkan simbol flowchart dan keterangan lainnya (teknik informatika), bisa mendownload skripsi-skripsi sistem pakar, dengan membaca artikel skripsi-skripsi sistem pakar berbasis web dan mobile

Demikian artikel singkat contoh flowchart penerimaan Bank, semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    One thought on “Contoh Flowchart Penerimaan Bank

    1. Alive June 5, 2015 at

      Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Contoh Flowchart Penerimaan Bank.

      Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Perbankan yang bisa anda kunjungi di http://banking.blog.gunadarma.ac.id

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website