Contoh Flowchart Program Sistem Pakar

Pengertian Flowchart Flowchart adalah penyajian yang sistematis tentang proses dan logika dari kegiatan penanganan informasi. Program Flowchart adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program (Widia, 1983:4).

Mengapa harus menggunakan Flowchart?

Bagi Anda yang sedang menyelesaiakan Tugas Akhir atau skripsi terutama jurusan teknik informatika,  menggunakan flowchart sangat diperlukan untuk membantu dalam pembuatan program. Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan Anda untuk mengerti jalannya/alur dari suatu program, karena didalam sebuah flowchart terdapat, antara lain:

1. Relationship
Flowchart dapat memberikan gambaran yang efektif, jelas, dan ringkas tentang prosedur logic. Teknik penyajian yang bersifat grafis akan lebih baik daripada uraian-uraian yang bersifat teks khususnya dalam menyajikan logika-logika yang bersifat kompleks.

2.Analysis
Dengan adanya pengungkapan yang jelas dalam model atau chart, maka para pembaca dapat dengan mudah melihat permasalahan atau memfokuskan perhatian pada area-area tertentu sistem informasi.

3. Communication
Karena simbol-simbol yang digunakan mengikuti suatu standar tertentu yang sudah diakui secara umum, maka flowchart dapat merupakan alat bantu yang sangat efektif dalam mengkomunikasikan logika suatu masalah atau dalam mendokumentasikan logika tersebut.

Daftar Simbol pada Flowchart

gambar simbol flowchart

Baca juga : jurnal sistem pakar PDF

Contoh Flowchart Program Sistem Pakar “Rancangan layar Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi”

flowchart digunakan untuk pengembangan sebuah aplikasi, dan memudahkan dalam pembuatan sebuah program. Sebelum menggunakan flowchart, biasanya kita membuatkan dulu sebuah rancangan layar yang disesuaikan dengan kebutuhan data dan kebutuhan pengguna. Kali ini, saya akan mengambil dua buah contoh rancangan layar menu utama dari aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi dengan gambar rancangan layar seperti di bawah ini:

1. Gambar rancangan layar halaman menu utama (homepage)

gambar rancangan layar menu utama

2. Gambar rancangan layar halaman menu konsultasi

gambar rancangan layar konsultasi

Melihat contoh rancangan layar di atas, flowchart yang akan dibuat adalah seperti berikut ini:
1. Flowchart menu utama

gambar contoh flowchart menu utama
gambar flowchart

Dari gambar flowchart menu utama di atas, dapat dijelaskan ditampilkannya menu utama hingga respon dari program saat user memilih pilihan yang ada di menu utama. Bila dijelaskan lebih detail, dengan menggunakan simbol dan keterangan flowchart dapat dijabarkan langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh user sebagai berikut:

a. User/pengguna pilih “start” yang diwakili oleh simbol terminator yang menggambarkan kegiatan awal atau akhir dari suatu proses. Pada langkah ini simbol terminator menjabarkan kegiatan awal program tampilan halaman menu utama.
b. Kemudian tampil halaman utama dimana diwakili oleh simbol proses yang berfungsi menggambarkan suatu proses.
c. Setelah tampil halaman menu utama, user disediakan beberapa pilihan menu yang harus dia pilih. Setiap menu yang ada diwakili oleh simbol decision yang berfungsi menggambarkan suatu keputusan atau tindakan yang harus diambil pada kondisi tertentu (T/F).
d. Jika user memilih “Home” maka user akan tetap berada di halaman utama, ditunjukkan dengan simbol line connector yang mengarah ke “tampil menu utama”.
e. Jika pilih “konsultasi” maka user akan dibawa/masuk ke halaman konsultasi yang ditunjukkan dengan simbol off-page reference yang berfungsi menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang berbeda.

Keterangan: pada saat user memilih menu konsultasi, maka user dibawa ke menu konsultasi (lihat simbol off-page reference) yang digambarkan pada flowchart konsultasi

f. Jika user tidak memilih “konsultasi” tapi memilih “kamus istilah” maka user akan dibawa ke halaman “kamus istilah” pada halaman yang sama dengan diwakili simbol on-page reference yang berfungsi menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang sama.
g. Jika user tidak memilih “kamus istilah” tapi memilih “login” maka user akan di bawa ke halaman “ADM/administrator”.  Dan jika user tidak memilih semua dari tampilan menu utama yang ada, user bisa pilih keluar/exit dari program yang ada, dengan diwakili oleh simbol terminator “END”.

2. Flowchart Konsultasi

gambar flowchart konsultasi

Pada Flowchart Konsultasi diatas menggambarkan alur proses konsultasi saat menu konsultasi dijalankan. Penjabaran mengunakan simbol dan keterangan flowchart di atas, tidak berbeda jauh dengan flowchart menu utama, hanya saja di flowchart konsultasi ini, ada simbol predefine proses yang berfungsi mengambarkan proses-proses yang masih bisa dijabarkan dalam algoritama.

Kedua flowchart di atas, bisa dijelaskan/dijabarkan dengan menggunakan Algoritma. Dimana algoritma ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak dan menelusuri kesalahan-kesalahan pada program dan mempermudah dalam pembuatan program.

Algoritma Menu Utama dan Konsultasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi Baru Lahir

Algoritma merupakan suatu bahasa yang memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap permasalahan yang dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax dari bahasa pemrograman yang akan digunakan atau dari bahasa pemrograman tertentu. Algoritma digunakan untuk menjembatani bahasa sehari-hari programmer dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan.

1. Algoritma Menu utama
Algoritma menu utama ini akan menjelaskan proses tentang menu yang akan dipilih oleh user. Berikut Algoritma dari program menu utama sistem pakar diagnosa penyakit bayi.

1. Start
2. Tampil Menu Utama
3. If pilih = home then
4.   Kembali ke baris 2
5. Else if pilih – kamus istilah then
6.   Menuju ke menu konsultasi
7. Else if pilih = kamus istilah then 
8.  Menuju ke kamus istilah
9. Else if pilih = login then
10.   Menuju ke administrator
11. Else
12.   end
13. End if

2. Algoritma Konsultasi
Algoritma konsultasi menjelaskan proses untuk mendiagnosa penyakit pada bayi baru lahir.

1.   Tampil pertanyaan
2.   If pilih=pertanyaan then
3.    proses cari pertanyaan berdasarkan id_tanya sebelumnya
4.    Tampil pertanyaan
5.    If pilih=pertanyaan then
6.     Proses cari kesimpulan berdasarkan id_simpul
7.      If Kesimpulan ditemukan=true then
8.       Tampil kesimpulan
9.       If pilih=tanya lagi then
10.      Kembali ke baris 1
11.      Else if pilih=tombol kembali then
12.       Menuju menu utama
13.      Else
14.       Kembali ke baris 9
15.     End if
16.  Else
17.    Menuju ke baris 3
18.  End if
19. Else if pilih=arahan then
20.  Proses cari arahan berdasarkan id_tanya dan id_simpul
21.   Tampil arahan
22.   Menuju baris 9
23.  End if
24. Else if pilih=tombol kembali then
25.  Menuju ke menu utama
26. Else
27.  Kembali ke baris 5
28. End if

Untuk contoh lengkap rancangan layar, simbol flowchart (flowchart yang digunakan) dan Algoritama sistem pakar, Anda bisa melihatnya di artikel kumpulan skripsi sistem pakar pada bab 3 (Analisa masalah dan rancangan sistem) skripsi dari Universitas Budi Luhur Jakarta

Demikian artikel contoh flowchart program sistem pakar semoga bermanfaat

Bagikan Yuuk!

    11 thoughts on “Contoh Flowchart Program Sistem Pakar

    1. Sunandar June 29, 2014 at

      sedikit rumit ya mas 😮 saya kurang paham, disekolah ngga diajarin sih 🙂

      • umar danny June 29, 2014 at

        nanti pas mas nandar kuliah fakultas teknik informatika, biasanya di ajarin tuh mas simbol dan pengertian flowchart, atau kalau di SMK materi RPL kayaknya ada juga deh.. 🙂

        • Sunandar July 6, 2014 at

          wah iya mas kayanya kan saya anak TKJ mas jadi ga tau :p hehe

    2. Kelatas June 29, 2014 at

      Ternyata ada teorinya yang rinci tentang ini kalau saya biasanya asal-asalan aja… apalagi untuk mempelajari hal ini cukup rumit

      • umar danny June 30, 2014 at

        iya, teorinya ada mas kelatas, biasanya kalau di perkuliahan ada di materi algoritama dan struktur data. Saya juga terkadang sering lupa mas teorinya 🙂

    3. maman July 7, 2014 at

      wah gak mudeng babar blas. salut ama mas admin yang bisa memahami sesuatu yang menurut saya rumet banget. salut!!!

      • umar danny July 7, 2014 at

        terima kasih kunjungannya bang maman 🙂

    4. kaela July 9, 2014 at

      harus aku akui aku bingung liat dagram diatas. pokoe salam kenal ajah deh…

      • umar danny July 9, 2014 at

        salam kenal kembali kaela…

    5. bendix May 23, 2016 at

      saya lagi semester awal malah ga paham2.. sekarang paham dengan sendiri nya karena kepepet skripsi…
      uhuhuhu 😛

      • umar danny May 24, 2016 at

        @bendix: memang rata-rata mahasiswa seperti itu mas, sama kayak saya dulu…pahamnya kalau sudah kepepet, ya itu pas skripsi..mau ga mau kan harus bisa buat flowchart dan mengerti alurnya

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website