Contoh Proposal Penelitian Sistem Pakar

Pengertian penelitian – Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta. Penyelidikan intelektual ini menghasilkan suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu peristiwa, tingkah laku, teori, dan hukum, serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan tersebut. Istilah ini juga digunakan untuk menjelaskan suatu koleksi informasi menyeluruh mengenai suatu subyek tertentu, dan biasanya dihubungkan dengan hasil dari suatu ilmu atau metode ilmiah. Sebelum melakukan penelitian, biasanya mahasiswa membuat sebuah proposal, sebagai syarat atau izin, apakah mahasiswa tersebut diizinkan atau tidak untuk melakukan penelitian di tempat yang diinginkannya.

artikel terkait : sulitnya mencari tempat riset untuk skripsi

Bagi anda yang kebetulan sedang mencari tempat riset/penelitian, tentunya memerlukan referensi contoh proposal penelitian yang sudah ada. Contoh proposal penelitian ini berisikan tentang sistem pakar, untuk isi atau bagian dari proposal ini, bisa anda tambahkan atau kurangi sesuai dengan kebijakan kampus/universitas masing-masing.

baca juga : contoh proposal skripsi ekonomi manajemen sumber daya manusia

Sama halnya dengan membuat skripsi/tugas akhir. Dalam pembuatan proposal penelitian, biasanya menggunakan ukuran kertas/paper yang umum, yaitu letter/kuarto atau A4 (tergantung kebijakan kampus). Untuk margin/ukuran kertas, umumnya menggunakan settingan kiri 4 cm, atas 4 cm, kanan 3 cm dan bawah  3 cm. Bagaimana kalau ukuran anda belum cm, misal inches ? Silahkan anda klik office button atau tombol office yang berada pada ujung kiri paling atas (microsoft word), lalu pilih word options, setelah itu pilih advanced, scroll mouse ke bawah sampai ketemu menu display lalu pada tulisan show measurements in units of: ganti ukuran menjadi centimeter/cm. Seperti gambar di bawah ini:

mengubah ukuran inchi ke centimeters
mengubah ukuran inchi ke centimeters

artikel lainnya: panduan belajar microsoft office 2007

Oke, setelah kertas dan ukurannya telah benar/sesuai, tinggal membuat isi contoh proposal penelitian, dalam hal ini saya mengangkat tema seputar sistem pakar, dengan judul “Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Bayi Baru Lahir Berbasis Web”. Berikut isi ringaksan contoh proposal penelitian yang saya buat, diantaranya:

1. Cover

Pada cover atau judul halaman depan, pastinya berisikan judul yang akan kita buat, dalam cover ini, judulnya adalah sistem pakar mendeteksi penyakit bayi baru lahir berbasis web. Selain judul, nama plus nim pembuat proposal penelitian, nama fakultas dan universitas, serta tahun pembuatan, adalah hal-hal yang tidak boleh dihilangkan pada bagian cover.

2. Surat Izin Penelitian

Surat izin penelitian sangat diperlukan sebelum mahasiswa melakukan penelitian di tempat yang diinginkan, karena itu harus dibuat dahulu dalam bentuk teks tertulis, dan disatukan menjadi bagian dalam halaman proposal penelitian.

3. Daftar Isi

Berisikan daftar lengkap, halaman apa saja yang ada dalam proposal penelitian yang dibuat.

4. Pendahuluan

Berisikan ringkasan/review singkat dari Bab 1 sampai dengan Bab 5. Serta latar belakang munculnya ide pembuatan sistem pakar tentang bayi baru lahir, seperti kalimat yang saya kutip dari proposal penelitian tentang penyakit bayi baru lahir berikut ini:

“Selama ini bayi baru lahir yang kecil atau mempunyai masalah yang berat dapat mengancam kehidupannya (dalam keadaan emergensi) memerlukan diagnosis dan pengelolaan segera. Terlambat dalam penanganan masalah atau manajemen yang tepat akan mengakibatkan kematian. Indonesia pada saat ini masih menghadapi berbagai kendala dalam pembangunan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang kesehatan. Hal itu tampak antara lain dari masih tingginya kelahiran dan kematian neonatal atau sebelum bayi menginjak usia sebulan”.

“Oleh karena itu dalam penulisan penelitian ini akan dibuat sistem pakar untuk diagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web. Sistem pakar ini nantinya akan mempermudah bagi petugas kesehatan seperti Dokter, Bidan dan perawat untuk diagnosa secara cepat kondisi bayi, serta menemukan solusi dari masalah bayi. Sistem pakar ini akan lebih terasa efektif serta efisien, apabila pengguna dapat dengan mudah dan cepat mudah mendapatkan informasi dimana pun dan kapan pun. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi sistem pakar berbasis web yang bersifat dinamis”.

5. Daftar Pustaka

Berisikan sumber yang dijadikan acuan/referensi dalam pembuatan penelitian tentang penyakit bayi baru lahir.

Download

Bagi anda yang membutuhkan referensi contoh proposal penelitian tentang sistem pakar mendeteksi penyakit bayi baru lahir berbasis web ini, silahkan klik disini

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website