Contoh Proposal Skripsi Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2002), proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah proposal (http://id.wikipedia.org). Jadi, mahasiswa dituntut untuk bisa membuat sebuah proposal sebelum mereka membuat tugas akhir atau skripsi. Pada tulisan kali ini, saya akan  memberikan contoh proposal skripsi ekonomi manajemen sumber daya manusia (SDM), yang mungkin bisa membantu atau menjadi sumber referensi bagi anda yang membutuhkan.

baca juga : contoh tugas manajemen proyek rekayasa perangkat lunak

contoh proposal skripsi ekonomi
gambar dari http://ti.umk.ac.id

Untuk membuat proposal skripsi ekonomi, diperlukan beberapa bagian atau poin penting yang perlu dipersiapkan, diantaranya ukuran kertas/paper. Umumnya kertas yang digunakan adalah ukuran letter/kuarto dan A4, dengan margin kiri 4 cm, atas 4 cm, kanan dan bawah 3 cm. Oke, setelah semua itu sudah ada sesuaikan, berikut isi yang ada dalam contoh proposal skripsi ekonomi manajemen, diantaranya:

1. Cover

Pada bagian cover, berisikan judul, nama pembuat proposal skripsi, nomor induk mahasiswa, program studi, fakultas, nama kampus/universitas dan tahun pembuatan. Cover biasanya diletakkan di halaman paling depan.

2. Surat Izin Permohonan Penelitian

Surat izin permohonan ditujukkan kepada perusahaan/lembaga tempat dimana mahasiswa akan melakukan penelitian.

artikel terkait: sulitnya mencari tempat riset untuk skripsi

3. Daftar Isi

Berisikan judul setiap Bab dan Sub Bab yang ada dalam proposal penelitian yang dibuat. Umumnya dibuat dari Bab 1 sampai Bab 5 disertai nomor halaman pada setiap Bab atau Sub Babnya.

4. Bab I (Pendahuluan)

Bab I, umumnya berisikan latar belakang dari pembuatan proposal skripsi, Identifikasi masalah, Pembatasan masalah, perumusan masalah, kerangka berfikir yang bisa diambil/dikutip dari berbagai sumber, contoh: Komarudin Sastradipura (2002: 51) menjelaskan bahwa “pendidikan merupakan proses pengembangan jangka panjang yang mencakup pengajar dan praktek sistemik yang menekankan pada konsep-konsep teoritis dan abstrak”. Pelatihan yang kadang-kadang disebut latihan adalah salah satu jenis proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan praktik daripada teori”. Selain itu, Bab I juga berisikan tentang hipotesis penelitian dan Sistematika Penelitian yang umumnya berbentuk resume/kesimpulan dari Bab 1 sampai Bab 5

5. Daftar Pustaka

Berisikan referensi yang dijadikan acuan dalam pembuatan proposal skripsi ekonomi manajemen sumber daya manusia, seperti buku, jurnal penelitian dan lain sebagainya.

baca juga : contoh proposal manajemen proyek perangkat lunak (MPPL)

Download

Bagi anda yang ingin mendownload contoh proposal skripsi ekonomi manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam bentuk doc. Silahkan download contoh proposal skripsi ekonomi

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website