Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Referensi Mencari Kerja

Setelah masa liburan idul fitri, para pemudik banyak yang kembali ke tempat dimana mereka tinggal atau tempat yang notabene tidak jauh dari mereka bekerja. Kini, waktunya mencari rupiah lagi dengan kembali bekerja menjalani rutinitas hidup untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, dan berharap semoga tahun depan bisa mudik lagi ke kampung halaman atau kampung mertua dengan bekal yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebagaimana kita ketahui, jumlah warga kota besar di Indonesia condong bertambah penduduknya setelah hari Raya idul fitri. Hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya: para pemudik yang kembali ke kota terkadang sering membawa saudara/tetanggnya untuk bekerja di kota, lalu ada juga yang lebih memilih meneruskan pendidikannya di kota besar karena fasilitas dan SDM yang dirasakan lebih baik dan Keinginan masyarakat daerah yang ingin mencoba peruntungan nasibnya di kota besar, seperti Jakarta.

Pada tulisan kali ini, saya tidak membahas panjang lebar tentang “kota-kota besar yang dibanjiri para warga baru” ataupun membahas masalah sosial seputar mudik lebaran..heheheehe.

Tulisan kali ini saya titik beratkan pada tips bagaimana cara melamar pekerjaan lewat internet atau bagaimana cara menulis/mengetik lamaran kerja di microsoft word. Perlu diketahui, biasanya masa saat libur lebaran merupakan momentum yang tepat untuk mereview atau intropeksi “langkah apa yang harus diambil untuk meningkatkan penghasilan”. Pertanyaan-pertanyaan, seperti: Apakah kita harus berhenti dari tempat kerja yang lama dan mencari pekerjaan di tempat yang baru? Atau berhenti bekerja dan membuka usaha menjadi enterpreuship/wiraswasta? Menjadi hal yang lumrah dalam menyikapi tantangan hidup ditengah sengitnya persaingan dalam dunia kerja.

cara buat akun jobstreet

Oh iya, sedikit tips dari saya sebaiknya Anda jangan berhenti bekerja dari tempat dimana sekarang Anda bekerja, sebelum mendapatkan tempat kerja yang baru. Jadi, pastikan dulu Anda diterima ditempat yang baru! Setelah itu, baru deh Anda berhenti , tentunya bila di tempat yang baru tersebut sesuai dengan kriteria pekerjaan yang Anda inginkan.

Berikut beberapa tulisan yang pernah saya buat, yang bisa Anda jadikan referensi untuk melamar pekerjaan, diantaranya:
1. Membuat lamaran kerja dengan microsoft word. Pada tulisan ini, dibuatkan langkah-langkah membuat lamaran pekerjaan menggunakan microsoft word. Bagi Anda yang tidak mau ribet untuk mengetikkannya kembali, saya juga menyediakan link download file contoh lamaran pekerjaan dilengkapi dengan daftar riwayat hidup/CV.
Silahkan baca : contoh surat lamaran kerja dengan ms word

2. Membuat lamaran kerja dengan bahasa inggris via email. Pada tulisan ini, dibuatkan langkah-langkah membuat lamaran pekerjaan dengan bahasa inggris dan melampirkannya ke dalam email. Di sertakan juga file download contoh lamaran pekerjaan dan CV dalam bahasa inggris, yang nantinya bisa dirubah sesuai dengan data-data yang Anda miliki.
Silahkan baca : contoh surat lamaran kerja bahasa inggris dengan ms word dan contoh surat lamaran kerja bahasa inggris via email

3. Membuat Akun di jobstreet. Pada tulisan yang satu ini, diberikan langkah-langkah membuat akun di jobstreet.
Silahkan baca : cara melamar pekerjaan di internet

4. Contoh resume dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pada artikel ini, diberikan langkah-langkah cara membuat resume dengan aplikasi Microsoft Word. Baca: cara buat resume untuk melamar kerja online dengan Ms. Word

Semoga ketiga tulisan tersebut di atas, dapat membantu Anda mencari pekerjaan, sesuai dengan yang Apa yang Anda inginkan.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website