Custom URL Shortener Menggunakan Bitly dan Google (goo.gl)

Custom URL Shortener – Judul sebuah artikel yang terlalu panjang terasa kurang sedap dipandang mata, walau dari sisi SEO menurut para pakar SEO (Search engine optimization) yang bergelut dalam pencarian mesin google, “Long tail Keyword itu akan lebih mampu bersaing di mesin pencari untuk mengalahkan website-website yang sudah dulu masuk di halaman pertama mbah google”.

Yang jadi permasalahan atau bisa juga bukan permasalahan sih (dari sudut mana anda melihatnya, hehehehe..) adalah saat kita mempaste URL Shortener ke sosial media atau memberikan sebuah link tulisan pada banner/gambar yang diletakkan di bagian header atau sidebar blog. Bila tidak dipendekan, maka kurang dari segi estetika, istilahnya tidak enak dilihat, karena barisan tulisan yang panjang akan terlihat saat kursor didekatkan ke gambar tersebut.

Custom URL Shortener di Bitly

Untuk mensiasati (solusi) memperpendek URL yang panjang, anda bisa menggunakan 2 URL Shortner yang paling banyak digunakan, diantaranya, bitly dan satu lagi produk keluaran google yaitu goo.gl. Saya sendiri lebih sering menggunakan bitly untuk menshare artikel saya ke berbagai sosial media seperti facebook dan twitter. Alasannya? Salah satu alasannya adalah bisa customize URL/domain.

Oh ya custom URL shortener yang saya maksudkan di sini adalah merubah URL/Alamat yang telah dipendekkan menjadi lebih terlihat user friendly atau enak dilihat. Berikut cara customize url menggunakan bitly:

Silahkan klik bitly.com, lalu masukkan username dan password yang anda miliki, bila belum punya akun, silahkan buat atau bisa membaca tulisan saya sebelumnya, cara mudah perpendek URL panjang dengan bitly . Setelah anda masuk di dashboard bitly, silahkan masukkan URL yang ingin anda pendekkan. Saya ambil contoh tulisan yang ada di blog umardanny.com, yaitu :

http://umardanny.com/cara-menggunakan-rumus-kombinasi-excel-dengan-contoh-kasus-soal

Masukkan URL di atas, ke dalam kotak paling atas seperti gambar di bawah ini:

kotak untuk merubah url bitly

Setelah dimasukkan URLnya, maka muncul kotak otomatis disebelah kanan, seperti gambar ini:

perpendek url dengan bitly

Pada gambar di atas, anda sudah bisa membagikan URL yang telah dipendekkan (lihat tanda panah) dengan cara mengklik tombol share atau mengklik tombol copy untuk anda simpan dan membaginya/paste ke sosial media, blog dan lain-lain. Untuk title dan Note, kalau saya pribadi, biarkan saja kosong. Karena URL yang telah dipendekkan terasa kurang kurang enak dilihat/user freindly, anda bisa mengcustom-nya dengan memasukkan kata/kalimat yang anda inginkan. Dalam hal ini, saya memasukan kalimat fungsi-gabungan ke dalam kotak customize, seperti terlihat di bawah ini:

custom-url-bitly

Setelah dimasukkan ke dalam kotak customize, silahkan klik tombol Save di bawahnya, maka hasil yang didapatkan, bisa dilihat seperti ini:

hasil-setelah-custome-url

Di atas (lihat arah panah) URL Shortener yang telah di custome terlihat lebih jauh keren, dibandingkan anda menggunakan URL Shortener yang belum di custome.

Oke, Satu hal yang perlu diketahui selain custom URL, saat punya akun di bitly, anda bisa mengecek berapa banyak link yang telah di klik oleh pengguna. Hal ini cukup penting saat bermain affiliate atau menerima jasa pasang iklan di blog yang anda kelola untuk memonitoring banyak/tidaknya klik yang terjadi.

Bila anda tidak merasa perlu untuk punya akun di bitly secara gratis. Anda tetap bisa menggunakannya dengan langsung mempaster URL yang anda inginkan dengan langsung menuju halaman web bitly (bitly.com) dan paste (tempelkan) URL yang anda inginkan di kotak yang telah disediakan.

Perpendek URL dengan Goo.gl

Untuk menggunakan url shortner dari google, silahkan klik goo.gl, lalu masukkan alamat yang ingin anda pendekkan di kotak paste your long URL here:

shortner-url-google

Setelah dimasukkan alamat yang ingin dipendekkan, silahkan ceklist tulisan I’m not a robot, lalu klik tombol Shorten URL, maka anda akan menerima sebuah alamat yang lebih pendek, seperti gambar berikut di bawah ini:

setelah-dipendekkan-menggunakan-shortner-google

Pada gambar di atas, terlihat gambar dari sebuah alamat blog yang telah anda masukkan. dan di atasnya terlihat perubahan alamat menjadi lebih pendek dari sebelumnya. Untuk menyimpannya, silahkan press CTRL-C to copy (tekan di keyboard komputer anda tombol CTRL dan huruf C berbarengan).

Dengan URL Shortener yang telah dipendekkan anda bisa melihat banyaknya statistik klik, browser yang digunakan oleh pengunjung, asal negara dan lain-lain, seperti halnya menggunakan bitly. Untuk itu anda harus mempunyai akun di goo.gl.

Caranya?

Gunakan email google anda untuk membuat akun, belum punya? Silahkan buat atau baca tulisan cara membuat email baru di google mail.

Demikian tulisan mengenai custom URL Shortener dengan Bitly dan Google (goo.gl), jangan lupa baca tulisan saya juga belanja penuh diskon di hari belanja online nasional (harbolnas) 2015

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website