Ebook Belajar Bahasa Pemrograman C, C++ Bahasa Indonesia

Belajar algoritma dan struktur data, biasanya diberikan pada awal masuk perguruan tinggi khususnya yang mengambil jurusan teknik dan sistem informatika. Struktur data merupakan karakteristik yang terkait dengan sifat dan cara penyimpanan sekaligus penggunaan data, sedangkan algoritma adalah alur pikiran dalam menyelesaikan suatu masalah yang merupakan gabungan antara seni dan sains. Algoritma dan struktur data Dalam prakteknya, banyak dituangkan dalam bahasa pemrograman c, C++, java, dan lain sebagainya, untuk lebih memudahkan mempelajarinya.

baca juga : contoh flowchart program sistem pakar

Mengutip dari buku Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java karya Moh. Sjukani “Algoritma, pada dasarnya, adalah alur pikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, yang dituangkan dalam bentuk tertulis yang dapat dimengerti oleh orang lain. Yang ditekankan disini adalah alur pikiran seseorang dapat berbeda dengan alur pikiran orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang sama dengan hasil yang sama.

Dalam bentuk tertulis, maksudnya dapat berupa narasi dalam bentuk kalimat, dapat juga berbentuk gambar atau bagan, atau dalam bentuk tabel.

Dalam pelajaran algoritma, direncanakan bahwa yang akan melaksanakan alur pikiran tadi adalah komputer. Komputer memang dirancang untuk dapat melaksanakan perintah yang diberikan oleh manusia. Perintah tersebut dapat diberikan dalam bentuk kumpulan instruksi-instruksi yang disebut program. Program ditulis dalam suatu bahasa yang disebut bahasa pemrograman (programming language) seperti bahasa COBOL, bahasa BASIC, bahasa pascal, bahasa C, Bahasa Java, dan masih banyak nama lainnya. Dari sekian banyak bahasa pemrograman, penulisan instruksi dapat sama, hampir sama, atau sama sekali tidak sama, untuk suatu maksud yang sama.

Artikel terkait: contoh flowchart penerimaan bank

Contoh Program Sederhana Penulisan C, C++ dan Java

Ada banyak compiler C, antara lain Turbo C/C++ buatan Borland C, Microsoft C dan Microsoft C++, yang dibuat oleh Microsoft Co. Bahasa pemrograman C , C++ dan java mempunyai banyak persamaan, seperti contoh program menghitung total dua buah bilangan (misal 5 dan 2), kemudian mencetak total tersebut, yang ditulis dalam Bahasa C, C++ dan Java.

Penulisan dalam Bahasa C

#include <stdio.h>
Void main ()
{ int A, B, T;
A=5;
B=2;
T=A+B;
Print f (“%i”, T);
}

Penulisan dalam Bahasa C++

#include <iostream.h>
void main ()
{ int A, B, T;
A=5;
B=2;
T=A+B;
cout << T;
}

Penulisan dalam Bahasa Java

Public class Contoh1
{ public static void main (String args[])
{ int A, B, T;
A=5;
B=2;
T=A+B;
System.out.println ( T );
}
}

Untuk penulisan bahasa c dan C++ diatas, Anda bisa menggunakan editor sekaligus compiler turbo c++ dan berjalan di operating system (OS) windows seperti windows 7. Bagi Anda yang ingin mendownload editor turbo c++, silahkan download turbo c++ disini. Sedangkan untuk editor Java bisa menggunakan jcreator ataupun netbeans.

Ebook Bahasa Pemrograman C dan C++

Buku elektronik (ebook) Belajar bahasa pemrograman java, telah saya bagikan sebanyak dua buah buku yang bisa anda download dan baca pada tulisan di umardanny.com, diantaranya:
–  Tutorial java lengkap PDF
–  Tutorial Java Bahasa Indonesia PDF

Untuk Anda yang ingin belajar bahasa pemrograman C, silahkan download ebook karya achmad solichin “Pemrograman Bahasa C dengan Turbo C” dalam bentuk PDF, disini. Sedangkan untuk ebook belajar bahasa pemrograman C++, silahkan download ebook bahasa c++.

Semoga tulisan singkat ebook belajar bahasa pemrograman c, c++ bahasa Indonesia bermanfaat bagi Anda.

14 Comments

Add a Comment
  1. Ane masih belajar ini gan dikampus terima kasih sharingnya

  2. ilmunya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Panduan Belajar Ms. Office | Sistem Pakar © 2017 Frontier Theme