Ebook Panduan Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Berbasis Perlindungan Anak

Perlindungan anak di bidang kesehatan diselenggarakan melalui berbagai upaya pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi anak termasuk untuk bayi baru lahir. Pelayanan kesehatan untuk bayi baru lahir merupakan salah satu program kesehatan anak yang bertujuan untuk menjamin kelangsungan hidup , tumbuh kembang anak
secara optimal dan perlindungan khusus dari kekerasan dan diskriminasi. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan anak Indonesia yang sehat , cerdas ceria, berahlaq mulia dan terlindungi sebagai modal dasar bagi
pembangunan bangsa.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Bina Kesehatan Anak telah menyelenggarakan berbagai program kesehatan anak yang diimplementasikan di puskesmas dan jaringannya dengan mengacu pada norma, standar, pedoman dan kriteria pelayanan kesehatan anak bagi tenaga kesehatan.

Dewasa ini, kita sering mendengar kejadian yang mengebohkan masyarakat dan menjadi berita media masa karena terjadinya penculikan dan perdagangan bayi baru lahir di Puskesmas dan Rumah Sakit. Penculikan dan perdagangan bayi ini termasuk kriteria perdagangan orang (trafiking in person). Kejadian ini merupakan suatu tantangan bagi upaya peningkatan kualitas program kesehatan bayi baru lahir yang saat ini menjadi prioritas utama pembangunan kesehatan.

Sementara fokus utama pelayanan kesehatan masih ditujukan pada upaya penurunan kematian bayi, prevalensi balita gizi kurang, dan prevalensi bayi berat lahir rendah (BBLR) yang masih tinggi. Ternyata kita menghadapi kejadian penculikan dan perdagangan bayi baru lahir dengan trend yang meningkat dan apabila dibiarkan dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas dan jaringannya.

Menyikapi hal tersebut, telah disebarluaskan Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Nomor… tanggal…….. kepada Kepala Dinas Kesehatan Propinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk menerapkan standar pelayanan kesehatan ibu bersalin dan bayi baru lahir secara ketat dan meningkatkan keamanan di puskesmas dan jaringannya. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, pelayanan kesehatan anak diarahkan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan secara komprehensif bagi anak yang meliputi preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif termasuk perlindungan anak dari penculikan dan perdagangan bayi.

Sejalan dengan itu, maka disusunlah PanduanPelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Berbasis Perlindungan Anak. Panduan ini akan  dipergunakan oleh tenaga kesehatan dan tenaga lainnya di puskesmas dan jaringannya dalam memberikan pelayanan kesehatan bayi secara komprehensif sebagai bentuk upaya pemenuhan hak anak.  (Direktur Bina Kesehatan Anak, dr. Hj. Fatni Sulani, DTM&H, M.Si)

foto bayi baru lahir

Review

  • Judul : Panduan Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Berbasis Perlindungan Anak
  • Oleh : Direktorat Kesehatan Anak Khusus
  • Tahun : 2010
  • Format : PDF
  • Halaman : 68

Daftar Isi

  • Kata Pengantar, Daftar Isi, Tim Penyusun
  • Bab I Pendahuluan : Latar Belakang, Tujuan, Sasaran, Dasar Hukum, Pengertian, Ruang Lingkup
  • Bab 2 Standar Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir: Tatalaksana bayi baru lahir, pelayanan kesehatan bayi baru lahir, Jenis dan Kopetensi Sumber Daya Manusia, Fasilitas dan Prafasilitas.
  • Bab 3 Upaya Perlindungan Bayi di Puskesmas dan Jaringannya: Hak Anak, Bentuk Kekerasan dan tindak pidana, Prosedur Pelayanan yang Berorientasi Pada Perlindungan Anak
  • Bab 4: Penutup

Download

Untuk mendownload ebooknya silahkan klik disini

Buku Cara Merawat Bayi

Selain buku panduan kesehatan bayi baru lahir yang bisa anda download di atas. Anda bisa memiliki buku panduan lengkap bayi 1 tahun pertama yang berisi antara lain: perkembangan bayi, merawat bayi dan problematika bayi. Silahkan klik banner di bawah ini untuk pemesanan

buku panduan cara merawat bayi

Semoga ebook panduan palayanan kesehatan bayi baru lahir ini bermanfaat 🙂

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website