Flowchart dan Algoritma Program Sistem Pakar Menu “Kamus Istilah”

Pada contoh flowchart program sistem pakar, telah dibahas alur flowchart serta algoritma menu utama dan konsultasi pada aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi. Bila anda lihat pada tampilan awal/homepage anda bisa melihat beberapa menu utama, diantaranya: “home”, “kamus istilah” dan menu “login”. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
konsultasi bayi online

 

Saat menu kamus istilah aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi berbasis web dijalankan (di klik), maka tampilannya akan seperti berikut ini:

tampilan program kamus istilah

Kemudian, bila user mengisikan kritera pencarian dengan memasukan kata kunci, maka akan tampil seperti berikut ini:

tampilan pencarian kamus istilah

 

Rancangan Layar Kamus Istilah

Tampilan gambar di atas (program/aplikasi yang sudah jadi), sesuai dengan rancangan layar kamus istilah yang dibuat menggunakan microsoft visio. Biasanya, sebelum program/aplikasi dibuat, penulis skripsi membuat sebuah rancangan layarnya terlebih dahulu. Tujuan pembuatan Rancangan layar kamus istilah untuk mencari kata atau istilah yang tidak diketahui oleh user, dengan memasukkan kata yang akan dicari, akan ditampilkan kata atau istilah yang sesuai dengan keterangannya. Rancangan layar kamus ini ada dua rancangan yaitu rancangan layar form kamus dan rancangan layar tampil kamus.

Artikel terkait : 6 tools yang diperlukan untuk membuat aplikasi sistem pakar berbasis web

1. Rancangan layar form Kamus istilah

Gambar rancangan layar form kamus istilah, tampak seperti berikut ini:

rancangan layar form kamus

2. Rancangan layar List Kamus

Sedangkan gambar rancangan layar list kamus, akan tampak seperti gambar berikut ini:

rancangan layar list kamus

Tulisan kali ini, khusus membahas flowchart dan algoritma program sistem pakar menu kamus istilah, dengan harapan anda yang sedang mencari tulisan seputar sistem pakar atau skripsi sistem pakar, dapat terbantu dengan tulisan ini, atau setidak-tidaknya dapat menjadi referensi yang dibutuhkan.

Flowchart Kamus Istilah

Flowchart kamus istilah menggambarkan alur proses saat menu kamus istilah dijalankan. Flowchart menu kamus istilah tersebut dapat dilihat berikut ini:

flowchart kamus istilah sistem pakar

Keterangan flowchart:

  1. Menu Kamus Istilah diwakili dengan Tulisan KMS yang berada dalam simbol off page reference (Menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang berbeda).
  2. Tulisan Tampil Layar Kamus Istilah digambarkan dengan simbol data yang berfungsi Menggambarkan kegiatan masukan atau keluaran yang dihasilkan.
  3. Tulisan isi Field kata “kunci” sama dengan tamil layar kamus istilah yang digambarkan dengan simbol data.
  4. Pilih=cari digambarkan dengan simbol flowchart decision yang berfungsi Menggambarkan suatu keputusan atau tindakan yang harus diambil pada kondisi tertentu.
  5. Cari ke tabel kamus yang nilainya sama dengan field “kunci” digambarkan dengan simbol flowchart predefine proses yang berfungsi menggambarkan proses-proses yang masih bisa dijabarkan dengan algoritma. Predefine proses dalam beberapa kasus bisa anda ganti dengan menggunakan simbol flowchart “proses” yang berbentuk hanya persegi panjang.
  6. Ditemukan digambarkan dengan simbol flowchart decision.
  7. Tampil hasil pencarian digambarkan dengan simbol flowchart data yang berarti Menggambarkan kegiatan masukan atau keluaran yang dihasilkan.
  8. Angka 1 setelah tampil hasil pencarian (no7) digambarkan dalam bentuk lingkaran atau diwakili dengan simbol flowchart on-page reference yaitu Menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang sama. Dalam hal ini bila dijabarkan ke algoritma, angka 1 ini merujuk ke angka 1 yang tepat berada di atas tulisan isi field kata kunci (no. 3).
  9. Tampil hasil pencarian=0 digambarkan dengan simbol flowchart data (sama dengan no.7).
  10. Angka 2 setelah tampil hasil pencarian=0 digambarkan dalam bentuk lingkaran atau simbol flowchart on page refference.
  11. Pilih = home jika user tidak memilih/menggunakan kamus pencarian, digambarkan dengan simbol decision.
  12. MU (menu utama) digambarkan dengan simbol off page refference yaitu Menghubungkan suatu simbol dengan simbol yang lainnya pada halaman yang berbeda. Dalam hal ini, user akan dibawa (menuju) ke halaman home.
  13. Pilih=konsultasi jika user tidak tidak memilih/menggunakan kamus pencarian, tetapi lebih memilih menu konsultasi digambarkan dengan decision.
  14. Kns (konsultasi) bila user memilih menu konsultasi) akan dibawa ke halaman konsultasi, yang digambarkan dengan simbol flowchart off page refference.
  15. Angka 1 jika user memilih kembali field kata kunci yang digambarkan dengan simbol on page refference.

Algoritma Kamus Istilah

flowchart kamus istilah yang telah dibuat, bisa dijabarkan dengan mengunakan algoritma seperti berikut ini:

1.  Tampil layar kamus istilah
2.  Isi field kata ”kunci”
3.  If pilih=cari then
4.    Proses cari ke tabel kamus yang nilainya sama dengan field ”kunci”
5.    If kesimpulan ditemukan=true then
6.     Tampil hasil pencarian
7.     Kembali ke baris 2
8.    Else
9.     Tampil hasil pencarian=”0”
10.   Menuju ke baris 3
11.  End if
12.else if pilih=home then
13.  menuju ke menu utama
14.Else if pilih=konsultasi then
15.  Menuju ke menu konsultasi
16. Else
17.  Kembali ke baris 2
18.End if

Flowchart dan algoritma tentang sistem pakar bisa anda dapatkan, selengkapnya pada tulisan saya kumpulan skripsi sistem pakar, khususnya skripsi sistem pakar yang dibuat oleh mahasiswa budi luhur. Semoga tulisan flowchart dan algoritma program sistem pakar menu “kamus istilah” bermanfaat bagi anda.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website