Hal yang Perlu dipersiapakan, Saat Mengambil Tugas Akhir TI (Teknik Informatika)

Persiapan Tugas Akhir – Sebagai mahasiswa yang ingin menyelesaikan S1 (Strata 1) diwajibakan mengikuti skripsi/tugas akhir. Untuk mengikuti proses tugas akhir, setiap mahasiswa diwajibkan membayar biaya administrasi terlebih dulu. Untuk Tugas akhir umumnya SKS yang harus diselesaikan sebanyak 6 SKS. Dengan jumlah sebanyak itu, kisaran biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa kisaran 1.000.000 – 2.000.000 rupiah, tergantung kebijakan lembaga pendidikan (universitas) tentunya. Skripsi tidak hanya soal biaya, tetapi persiapan yang matang dengan menguasai ilmu yang telah dipelajari dalam bentuk pengaplikasian/program, menjadi bagian penting yang tak terpisahkan, untuk anda meraih gelar S1.

Artikel terkait: untuk lulus skripsi, harus menguasai bahasa pemprograman atau cukup dengan metode?

bersantai bersama teman di java team

Tulisan pada artikel ini, lebih saya fokuskan ke mahasiswa yang ingin/sedang mengambil Tugas Akhir dengan jurusan Teknik Informatika, tetapi tidak menutup untuk anda yang kebetulan berkuliah selain TI/SI. Mengapa? Karena pada jurusan TI, mahasiswa selain harus menyelesaikan administrasi pembayaran, mereka juga harus membuat program dengan biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Contohnya?

  • Untuk membuat skripsi dengan judul “pemanfaatan radio frequency identificiation (RFID) Untuk Sistem absensi Pegawai”. Pada skripsi ini mahasiswa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian alat RFID.
  • Untuk membuat skripsi dengan judul “sistem pakar untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung kicau menggunakan metode best first search berbasis mobile J2ME”. Diperlukan biaya untuk hosting dan handphone yang support java.
  • Untuk membuat skripsi denan judul “Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web” diperlukan biaya untuk hosting.

Baca juga: jurnal sistem pakar PDF

Oke, untuk mempermudah anda mempersiapkan skripsi, saya akan mengambil contoh satu judul di atas, yaitu sistem pakar mendiagnosa penyakit bayi berbasis web. Untuk membuat skripsi ini apa saja yang perlu dipersiapkan dan berapa kisaran harga yang perlu anda keluarkan.

Tools yang Digunakan

Untuk membuat aplikasi sistem pakar berbasis website, anda bisa menggunakan bahasa pemprograman PHP dengan databasenya MySQL. Selain bahasa pemprograman, tools apa saja yang bisa anda gunakan, silahkan baca tulisan saya sebelumnya 6 tools yang diperlukan untuk membuat aplikasi sistem pakar berbasis web.

Shared Hosting

Setelah aplikasi yang anda buat selesai, waktunya anda mengupload ke penyedia hosting. Mengapa saya menganjurkan membeli hosting, kan yang gratisan ada? Bisa aja anda menggunakan hosting gratisan, tetapi dikhawatirkan saat anda sedang demo program saat sidang, server tempat meletakkan file aplikasi skripsi down. Mau anda gagal sidang dan mengulang skripsi semester depannya? Jadi saran saya, gunakanlah hosting yang berbayar. Untuk harga tidak terlalu mahal kok, antara 100-150 ribu rupiah.

Bila anda menggunakan aplikasi berbasis website, harga yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan aplikasi/program yang menggunakan alat.

Jadi, kisaran biaya yang harus anda keluarkan untuk skripsi menggunakan aplikasi berbasis website adalah biaya administrasi (SKS) ditambah biaya untuk shared hosting (1.200.000+150.000) kurang lebih 1.700.000 rupiah.
Oh ya, harga ini belum termasuk biaya internet, paper skripsi (print, hard copy, soft copy), ongkos yang harus anda keluarkan ke tempat riset/penelitian, dan biaya tak terduga lainnya.

Semoga tulisan mengenai hal yang perlu dipersiapkan, saat mengambil tugas akhir TI (teknik Informatika) bermanfaat bagi anda.

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Hal yang Perlu dipersiapakan, Saat Mengambil Tugas Akhir TI (Teknik Informatika)

    1. Hendry December 19, 2015 at

      Txs infonya sobb…

      • umar danny December 21, 2015 at

        @hendry: terima kasih kembali bang hendry, sukses buat kerjaannya ya.

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website