Ini Loh Fitur Microsoft Access 2010, yang Tidak ada di Versi Sebelumnya

Microsoft access pertama kali dirilis tahun 1992, dengan versi pertamanya microsoft acess 1.1. Microsoft access sendiri merupakan bagian dari microsoft office, seperti halnya: microsoft word, excel, powerpoint, visio, dan lain-lain. Sampai tahun 2015 ini, versi terakhir microsoft office adalah Microsoft Office Professional 2013. Walaupun begitu, masih banyak pengguna aplikasi perkantoran yang lebih familiar dengan versi office 2007 (termasuk saya) dan 2010.

baca juga : panduan belajar microsoft office 2007

Fitur Microsoft Access 2010

Berbeda dengan versi 2007, microsoft access 2010, memiliki fitur-fitur baru yang tidak terdapat pada versi sebelumnya. Mengutip dari ebook panduan belajar microsoft access 2010 plus sql berikut fitur-fitur yang tersedia pada versi ms.access 2010.

1. Calculated untuk jenis data (Data Type) pada Table Design.

Pada saat pembuatan tabel, Anda dapat memasukkan rumus (expression) yang pada versi sebelumnya tidak dapat membuat atau menambahkan rumus dan hanya bisa dilakukan pada Query, Control, Macro maupun Code VBA misalkan field TOTAL= UNIT* HARGA.

contoh pembuatan tabel ms.access 2010

2. Navigation Control

Access 2010 memiliki fitur kontrol navigasi baru, yang memungkinkan Anda dengan cepat menambahkan navigasi dasar untuk aplikasi database, dan ini sangat membantu jika Anda membuat database Web.

3. Web Database Access 2010

Memiliki cara baru untuk menggunakan aplikasi database ke server SharePoint sebagai database Web. Hal ini memungkinkan Anda dan rekan kerja Anda untuk menggunakan database dalam browser Web, atau dengan menggunakan Access 2010 untuk membukanya dari situs SharePoint. Jika Anda merancang database untuk web-kompatibel, dan memiliki akses ke server yang menjalankan SharePoint Layanan Access, Anda dapat mengambil keuntungan dari metode penyebaran baru.

artikel lain : tutorial MySQL untuk pemula hingga mahir

d. Data Macros.

Mirip dengan “pemicu” dalam Microsoft SQL Server, macro Data memungkinkan Anda untuk melaksanakan tugas pemrograman setiap kali data yang diubah dalam sebuah tabel.  Anda dapat melampirkan macro langsung ke eventtertentu, seperti After Insert, After Update, atau Before Change, atau Anda dapat membuat macro mandiri data yang disebut dari Event.

e. Dan fitur-fitur lainnya.

Itulah beberapa fitur-fitur terbaru dari microsoft access 2010. Selain itu access 2010 memiliki beberapa objek database, diantaranya:

1. Tables, adalah objek database yang digunakan sebagai sarana untuk menyimpan data yang telah diolah.

2. Queries, adalah objek database yang berfungsi untuk menampilkan, menyunting dan menyaring suatu data sesuai dengan kriteria yang diinginkan serta dapat memasukkan suatu expresi.

3. Form, adalah objek database yang digunakan untuk memasukkan dan mengedit data atau informasi yang ada dalam suatu database dengan menggunakan bentuk tampilan formulir.

4. Report, adalah objek database yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk laporan.

5. Macros, adalah rangkaian perintah yang dapat disimpan dan dijalankan secara otomatis, misalnya membuka form, mencetak laporan di layar, dan lain-lain.

6. Moduls, adalah program kecil atau procedur yang kegunaannya adalah untuk perancangan modul aplikasi pengolahan database tingkat lanjut.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website