Jurnal Penelitian Sebelumnya, Referensi Dalam Pembuatan Tugas Akhir

Bila anda sering berkunjung atau pernah membaca tulisan-tulisan yang ada di umardanny.com, tentunya pernah melihat beberapa contoh jurnal penelitian sebelumnya yang saya share di sini. Tujuan saya sendiri sebenarnya ingin mengumpulkan semua jurnal yang berkaitan dengan Teknik dan Sistem Informatika, khususnya jurnal sistem pakar. Tetapi seiring berjalannya waktu (3 tahun blog ini berdiri),  saya ingin mengakomodir semua jurnal yang ada, tidak hanya yang berkaitan dengan sistem pakar. Seperti: jurnal penelitian kesehatan, jurnal penelitian pendidikan dan jurnal-jurnal penelitian lainnya. Jadi bagi anda yang ingin jurnal skripsinya di share di blog ini, silahkan berkomentar dibawah artikel ini atau kontak saya lewat email.

Belajar dari Jurnal Penelitian Sebelumnya

Jurnal penelitian sebelumnya merupakan sebuah jurnal yang telah diterbitkan oleh mahasiswa yang telah lulus dari program studinya, baik itu S1, S2 dan S3. Adalah hal yang wajib bagi mahasiswa menerbitkan Jurnal penelitian, karena itu merupakan salah satu syarat kelulusan tugas akhir/riset yang telah dilakukan. Dengan adanya Jurnal penelitian yang terpublikasikan, tentunya dapat membantu mahasiswa lain yang sedang melakukan riset ataupun tugas akhir sebagai landasan teori dalam penulisan.

jurnal penelitian sebelumnya
image dari Pexels.com

Jurnal penelitian umunya diterbitkan dengan format PDF, dengan jumlah tidak lebih dari 10 halaman yang berbentuk dua kolom…

Selain sebagai landasan teori apa saja yang bisa dipelajari dari jurnal penelitian sebelumnya ini…

Jurnal penelitian merupakan ringkasan dari skripsi/riset yang telah dibuat, sebagai contoh saya mengambil salah satu jurnal penelitian yang telah di share di blog ini, yaitu: jurnal sistem pakar penyakit bayi baru lahir berbasis web. Nah dari jurnal tersebut anda bisa mempelajarinya sebagai referensi (rujukan) dalam pembuatan skripsi, diantaranya:

  • Abstrak: berisikan ringkasan mengenai skripsi yang dibuat dengan penyajian atau gambaran yang ringkas, tepat dan jelas.
  • Pendahuluan: berisikan latar belakang dalam pembuatan atau penyusunan skripsi.
  • Landasan teori: berisikan penjelasan teori-teori dan konsep yang terkait dengan pengembangan sistem yang akan dirancang, yaitu yang berkaitan dengan teori kecerdasan tiruan, sistem pakar dan komponen-komponennya. Dalam bab ini juga akan dibahas mengenai teori-teori kecerdasan tiruan yang ada kaitannya dengan sistem pakar dan juga menjelaskan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem pakar.
  • Rancangan sistem dan aplikasi : representasi pengetahuan dari seorang pakar berdasarkan jenis dan ciri-ciri penyakit yang terjadi pada bayi baru lahir. Jurnal pada bagian ini menjelaskan mengenai metode pelacakan, penelusuran yang akan dipakai, perancangan pohon keputusan, pembuatan aturan-aturan (rule) dan rancangan tampilan.
  • Hasil dan pembahasan: menguraikan mengenai implementasi dan analisa dari diagnosa penyakit bayi baru lahir serta menjelaskan mengenai cara pengoperasian sistem pakar dengan menampilkan tampilan layar serta tampilan program.
  • Kesimpulan: Menguraikan mengenai kesimpulan dari keseluruhan pembahasan serta kesimpulan dan saran yang dapat bermanfaat dan membangun bagi pihak yang berkepentingan serta untuk pengembangan sistem pakar ini lebih lanjut.
  • Daftar Pustaka: berisikan daftar referensi yang dijadikan acuan dalam pembuatan skripsi/penelitian, bisa berisikan buku, jurnal dan website.

Isi dari jurnal penelitian sebelumnya diatas, tentunya dapat dikembangkan atau dimodifikasi menjadi sebuah judul atau tema skripsi yang baru. Contoh:

  • Bila aplikasi yang digunakan berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP ubah atau upgradelah ke dalam bahasa pemrograman JAVA atau Android yang berbasis mobile.
  • Mengganti metode yang digunakan Forward Chaining (penalaran maju) menjadi Backward Chaining (penalaran mundur ) atau mungkin Certainty (Faktor Kepastian)
  • Mengganti Judul atau tema skripsi yang ada, misalnya dari bayi menjadi anak atau mungkin manula..

Kesimpulan: Jurnal penelitian sebelumnya sangat penting bagi anda yang sedang menjalani penelitian atau tugas akhir. Dengan adanya jurnal penelitian sebelumnya anda bisa tau skripsi apa yang sudah pernah dibuat/diterbitkan, sehingga tidak bisa digunakan untuk skripsi selanjutnya (copy paste)..Tetapi merubah/upgrade sebuah skripsi bukan merupakan pelanggaran, jadi kenapa tidak? Anda belajar dari jurnal penelitian sebelumnya.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website