Jurnal Teknik Informatika ~ Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy

Jurnal teknik informatika pada tulisan ini merupakan jurnal dari sebuah skripsi tentang sistem pakar, dengan judul “Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Dan Mobile”. Jurnal ini di buat oleh Denok Puspitasari Lulusan Politeknik Elektronika Negeri Surbaya ITS. Dalam jurnal ini dijelaskan bahwa skripsi yang dibuat menggunakan JSP (Java Server Pages) sebuah teknologi web berbasis pemrograman java dan J2ME (Java 2 Micro Edition)  untuk mobile.

Baca juga: tutorial java bahasa Indonesia PDF

Berikut beberapa point penting yang mungkin bisa  anda jadikan referensi dalam pembuatan makalah, jurnal, thesis, skripsi, dan lain sebagainya, yang saya kutip dari Jurnal sistem pakar diagnosa diabetes nefropathy.

1. Pendahuluan

Sistem Pakar (Expert System) adalah program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi dengan kualitas pakar untuk problema-problema dalam suatu domain yang spesifik. Implementasi sistem pakar banyak digunakan dalam bidang kesehatan karena sistem pakar dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar pada bidang tertentu dalam program komputer sehingga keputusan dapat diberikan dalam melakukan penalaran secara cerdas.

Salah satu implementasi yang diterapkan sistem pakar dalam bidang kesehatan yaitu sistem pakar untuk melakukan diagnosa penyakit diabetes nefropathy dan pencegahannya (memberikan solusi pada pasien) dengan menggunakan metode Certainty Factor (CF). Diabetes Nefropathy (Nefropati Diabetik) adalah penyakit ginjal yang disebabkan karena diabetes yang merupakan penyebab terbesar dari gagal ginjal. Tak kurang dari sepertiga penderita diabetes akan menjadi nefropati diabetik. Orang dengan diabetes dan penyakit ginjal akan lebih buruk dibanding hanya menderita sakit ginjal saja. Hal ini disebabkan orang dengan diabetes cenderung untuk memiliki penyakit lain yang menahun seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan penyakit pembuluh darah (atherosclerosis). Orang dengan diabetes juga cenderung memiliki penyakit yang berhubungan dengan ginjal seperti infeksi saluran kemih dan rusaknya syaraf yang berhubungan dengan saluran kemih.

Kemampuan analisa yang tepat dan akurat merupakan hal penting yang diperlukan dalam melakukan diagnosa apakah seseorang menderita diabetes nefropathy atau tidak, sehingga dapat memperkecil resiko-resiko kesalahan dalam proses diagnosa pada umumnya.

Dalam proyek akhir ini akan dibangun sebuah sistem pakar berbasis web dan mobile yang nantinya akan membantu dokter dan paramedis dalam mengambil keputusan tentang penyakit apa yang diderita oleh pasien berdasarkan inputan yang diberikan pada sistem. Sehingga paramedis dapat memberikan solusi-solusi apa yang harus dilakukan oleh pasien dalam mengatasi penyakit yang dideritanya secara tepat dan sedini mungkin.

Dengan adanya perangkat lunak ini diharapkan mampu membantu Rumah Sakit dalam meningkatkan pelayanannya kepada pasien dan dapat digunakan para dokter dan tenaga medis untuk membantu mendiagnosa penyakit Diabetes Nefropathy dan memberikan solusi tepat sedini mungkin. Kemudahan dalam mengakses perangkat lunak melalui komputer atau handphone diharapkan dapat mempercepat proses diagnosa secara tepat.

2. Faktor Kepastian

2.1 Faktor Ketidakpastian

Dalam menghadapi suatu masalah sering ditemukan jawaban yang tidak memiliki kepastian penuh. Ketidakpastian ini bisa berupa probabilitas atau kebolehjadian yang tergantung dari hasil suatu kejadian. Hasil yang tidak pasti disebabkan oleh dua faktor yaitu aturan yang tidak pasti dan jawaban pengguna yang tidak pasti atas suatu pertanyaan yang diajukan oleh sistem. Hal ini sangat mudah dilihat pada sistem diagnosis penyakit, dimana pakar tidak dapat mendefinisikan tentang hubungan antara gejala dengan penyebabnya secara pasti, dan pasien tidak dapat merasakan suatu gejala dengan pasti pula. Pada akhirnya ditemukan banyak kemungkinan diagnosis.

Sistem pakar harus mampu bekerja dalam ketidakpastian. Sejumlah teori telah ditemukan untuk menyelesaikan ketidakpastian, termasuk diantaranya probabilitas klasik (classical probability), probabilitas Bayes (Bayesian probability), teori Hartley berdasarkan himpunan klasik (Hartley theory based on classical sets), teori Shannon berdasarkan pada probabilitas (Shannon theory based on probability), teori Dempster-Shafer (DempsterShafer theory), teori fuzzy Zadeh (Zadehís fuzzy theory) dan faktor kepastian (certainty factor). Dalam penelitian ini yang digunakan adalah factor kepastian.

2.2 KetidakPastian Aturan

Ada tiga penyebab ketidakastian aturan yaitu aturan tunggal, penyelesaian konflik dan ketidakcocokan (incompatibility) antar konskuen dalam aturan.

Aturan tunggal yang dapat menyebabkan ketidakpastian dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu: kesalahan, probabilitas dan kombinasi gejala (evidence). Kesalahan dapat terjadi karena:

a. ambiguitas, sesuatu didefinisikan dengan lebih dari satu cara
b. ketidaklengkapan data
c. kesalahan informasi
d. ketidakpercayaan terhadap suatu alat
e. adanya bias

Probabilitas disebabkan ketidakmampuan seorang pakar merumuskan suatu aturan secara pasti. Misalnya, jika seseorang mengalami sakit kepala, demam dan bersin-bersin ada kemungkinan orang tersebut terserang penyakit flu, tetapi bukan berarti apabila seseorang mengalami gejala tersebut pasti terserang penyakit flu.

2.3 Pengertian Faktor Kepastian

Pengertian faktor kepastian Faktor kepastian (certainty factor) diperkenalkan oleh Shortliffe Buchanan dalam pembuatan MYCIN (Wesley, 1984). Certainty factor (CF) merupakan nilai parameter klinis yang diberikan MYCIN untuk menunjukkan besarnya kepercayaan.

Model untuk menghitung Certainty Factor dari Rule

Sampai saat ini ada dua model yang sering digunakan untuk menghitung tingkat keyakinan (CF) dari sebuah rule, yaitu:

a.  Menggunakan metode  ‘Net Belief’ yang diusulkan oleh E. H. Shortliffe dan B. G. Buchanan.

b. Dengan menggali Hasil wawancara dengan Pakar.

Tampilan Program Web dan Mobile

Dalam paper ini terdapat 2 percobaan yaitu melalui uji WEB dan Uji Emulator. Untuk bisa melakukan konsultasi maka user harus login terlebih dahulu dengan account yang sudah didaftarkan sebelumny. Tampilan untuk website tampak seperti gambar di bawah ini:

tampilan website

Tidak hanya pada aplikasi WEB, pada aplikasi mobile, untuk bisa melakukan konsultasi maka user harus login terlebih dahulu dengan account yang sudah didaftarkan sebelumnya. Tampilan untuk mobile, seperti berikut ini:

tampilan mobile

Artikel lainnya: jurnal sistem pakar PDF

Download

Untuk lebih lengkap membaca jurnal Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Dan Mobile, dalam bentuk PDF. Silahkan download disini

Bagikan Yuuk!

    One thought on “Jurnal Teknik Informatika ~ Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Nefropathy

    1. Jurnalweb.com August 24, 2016 at

      Wow keren

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website