Jurnal TI: Pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Sistem Absensi Pegawai

Abstrak Jurnal Skripsi Pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) – Seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi, manusia dituntut untuk selalu bekerja dengan cepat dan efisien. Pengembangan teknologi informasi banyak memanfaatkan perangkat yang serba canggih. Tuntutan akan kehadiran perangkat lunak identifikasi otomatis semakin tinggi di dunia modern saat ini, mulai dari kebutuhan pendataan kehadiran karyawan dikantor, kartu akses kendali (access control) untuk memasuki ruangan khusus, smart card, kartu tol, dan kartu multi guna lainnya. Masih menggunakannya kartu print untuk absen pegawai, masih manualnya rekaptulasi untuk pengolahan data dan sulitnya melakukan pencarian dokumen/arsip absensi pegawai yang telah lampau, menjadi alasan saya untuk membuat aplikasi Absensi ini. Aplikasi ini di rancang dengan menggunakan RFID starter kit. RFID ini di hubungkan ke komputer dengan serial port yang sudah di convert menjadi usb port. Pegawai cukup mendekatkan id card ke RFID starter kit saat absen datang dan pulang. Aplikasi ini juga dirancang untuk membuat shift para pegawai , membuat hari kerja perusahaan, dan juga untuk mencetak laporan absensi pegawai. Dengan hasil laporan yang tepat dan real time aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah-masalah absensi pegawai.

Review Jurnal

Jurnal Skripsi Teknik Informatika ini dibuat oleh Hamdy Nasrullah, Universitas Budi Luhur Jakarta. Selain isi abstraksi yang telah sadur dari jurnal tersebut di atas, Jurnal TI ini berisikan juga diantaranya:

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan berisikan tentang tujuan penulisan Pembuatan Skripsi, dimana tujuan penulisan ini untuk melaporkan proses membuat sebuah aplikasi absensi pegawai dengan memanfaakan RFID Starter Kit, yang nantinya diharapkan dengan dibuatnya sistem ini dapat membantu kinerja pegawai khususnya absensi pegawai agar lebih cepat dan efisien. Selain itu juga diharapkan agar sistem ini dapat memudahkan pegawai untuk melakukan absensi.

Penulisan ini membatasi masalah hanya pada absensi pegawai menggunakan RFID Starter Kit, perekaman data pegawai, perubahan data pegawai, menhapus data pegawai serta perekaman data absensi dan laporan data absensi menggunakan bahasa pemograman java.

Dalam perancangan sistem ini di gunakan beberapa metode, yaitu : pengumpulan data, analisa masalah, desain aplikasi, pembuatan aplikasi, ujicoba dan evaluasi.

2. Landasan Teori

Landasan teori pada Skripsi Teknik Informatika ini, menjelaskan penggunaan RFID yang menunjukan bahwa RFID teknologi menggunakan gelombang radio secara otomatis mengidentifikasi benda – benda. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dengan database (Basis Data) menggunakan MySQL.

3. Rancangan Sistem dan Aplikasi

Sistem absensi yang diajukan terdiri dari tag card yang berfungsi sebagai media pegawai untuk absen, di dalam tag card terdapat data unik, data unik inilah yang akan di ambil oleh RFID Starter Kit pada saat tag card di dekatkan ke RFID Starter Kit, RFID Starter Kit sendiri berfungsi untuk membaca data yang ada di tag card tiap pegawai lalu mengirim kan data itu ke software aplikasi absensi melalui serial port. Penghubung antara RFID starter kit dengan komputer menggunakan cable USB dan USB to Serial DB9.
Untuk mengelola data absen yang sudah masuk ke dalam database menggunakan komputer yang berbeda, agar tidak mengganggu pegawai yang sedang absen. Ilustrasi sistem terlihat pada gambar dibawah ini.

arsitektur sistem absensi

Rancangan Basis data yang terdiri ERD, Transformasi Erd ke LRS,Logical Record Structure (LRS) dan Spesifikasi Data sebanyak 8 tabel.

4. Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini dijelaskan secara lengkap tampilan-tampilan layar pada program aplikasi Sistem Absensi seperti: tampilan layar form absensi, tampilan form login, tampilan layar menu utama, tampilan layar form pegawai, tampilan layar form shift, tampilan layar form hari kerja, tampilan layar form jadwal waktu, tampilan layar form laporan dan tampilan layar form administrator.

5. Kesimpulan

Dari hasil analisa terhadap permasalahan dan penyelesaian masalah dari sistem yang telah dikembangkan, maka dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu : Mudahnya para pegawai absen pada saat masuk dan pulang kerja, Sudah tidak sulit melakukan pencarian dokumen / arsip absensi pegawai yang telah lampau, karena semua sudah tersimpan di database, komponen yang digunakan pada tugas akhir ini mudah ditemukan sehingga akan memudahkan dalam pengembangan sistem ini dikemudian hari.

6. Daftar Pustaka

Untuk daftar pustaka, referensi yang digunakan sebanyak 14 (empat belas referensi).

Download

Untuk Lengkapnya, Silahkan download Contoh jurnal Teknik Informatika Pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Sistem Absensi Pegawai, disini.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk referensi makalah, proposal penelitian, skripsi/tugas akhir, karya tulis ataupun jurnal.

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Jurnal TI: Pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Sistem Absensi Pegawai

    1. nabiladlh July 2, 2015 at

      Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai berbagai jurnal yang bisa anda kunjungi di http://publication.gunadarma.ac.id Publikasi Sastra

    2. umar danny July 27, 2015 at

      @nabiladlh: gunadarma, hmm.. salah satu universitas ternama di Indonesia ya 🙂

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website