Jurnal TI ~ Penerapan Metode Backward Chaining pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tulang Manusia

Jurnal Teknik Informatika pada tulisan ini mengambil sebuah jurnal TI dengan judul Penerapan Metode Backward Chaining pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tulang Manusia. Bagi anda yang mencari referensi tentang penggunaan metode backward chaining dan  teknik pencarian depth first search, bisa menjadikan jurnal ini sebagai acuan untuk pembuatan makalah, jurnal, skripsi, thesis, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait: Pengertian Metode Forward dan Backward Chaining Sistem Pakar

Sedikit review yang saya kutip dari jurnal yang dibuat oleh: Siska Iriani, STKIP PGRI Pacitan, diantaranya:

Abstraksi

Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Pada Manusia merupakan aplikasi yang berguna untuk mengetahui jenis penyakit pada tulang manusia, beserta gejala yang dialami pemakai. Pembahasan utama dalam sistem ini adalah perancangan dan pembuatan sistem pakar untuk melakukan diagnosa dan memberikan informasi-informasi mengenai penyakit tulang, gejala-gejala pada penyakit tersebut serta cara pencegahan, pengobatan dan penyebabnya.

Model inferensi yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar ini adalah penalaran mundur (Backward Chaining) sedangkan teknik pencarian menggunakan Depth First Search. Penentuan diagnosa dalam sistem pakar ini dilakukan melalui proses konsultasi antara sistem dan pemakai. Jawaban disesuaikan dengan aturan yang berada di dalam sistem, jika jawaban yang dimasukkan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka sistem ini akan memberikan hasil diagnosa berupa informasi penyakit. Diharapkan dengan dibuatnya Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Pada Manusia ini dapat memberikan hasil diagnosa, penyebab, pengobatan,serta pencegahan terhadap suatu penyakit. Sistem ini disebut dengan Sistem Pakar ( Expert Sistem ).

Baca juga: jurnal sistem pakar PDF

contoh form tampilan sistem pakar tulang

Tujuan Penelitian

Penulis jurnal ini memberikan 3 tujuan dalam skripsi sistem pakar nya, yaitu:

  1. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pemakai dapat mengetahui jenis penyakit serta cara pencegahan dan pengobatannya secara cepat dan akurat, sehingga penyakit tersebut dapat dihindari.
  2. Membuat sistem pakar untuk membantu mengetahui jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang tulang manusia, melalui penelusuran gejala-gejala dari penyakit tulang itu sendiri.
  3. Membantu dokter maupun petugas kesehatan dalam menangani penyakit pada tulang manusia dan kemudian memberikan solusi yang tepat berupa pengobatan dan saran pencegahan.

Landasan teori

Pada landasan teori, berisikan pengertian tulang, dimana tulang adalah jaringan dinamis yang diatur oleh faktor endokrin, nutrisi dan aktivitas fisik. Selain itu, landasan teori jurnal ini, berisikan Data Flow Diagram/ DFD, penerapan metode backward chaining.

Untuk penerapan metode bakward chaining, berisikan diantaranya:

Pohon merupakan struktur penggambaran pohon secara hirarkis. Struktur pohon terdiri dari node-node yang menunjukkan objek dan arc (busur) yang menunjukkan hubungan antar objek.

Dalam penelusuran ini menggunakan metode penalaran runut balik (Backward Chaining). Dalam runut balik penalaran dimulai dari konsekuen ke anteseden. Runut balik bekerja secara Backward untuk mendapatkan fakta-fakta yang mendukung hipotesa. Pada penelusuran ini menggunakan metode Depth First Search yang akan melakukan penelusuran kaidah secara mendalam dari simpul akar bergerak menurun ke tingkat dalam yang berurutan.

Node awal dari diagram di lambangkan dengan gejala G001, dari node tersebut bercabang ke node selanjutnya dengan kaidah aturan ya atau tidak. Bila kaidah aturan (rule) salah satunya tidak terpenuhi oleh sistem maka akan menanyakan aturan berikutnya, jika node yang dipertanyakan mempunyai jawaban ya maka jawaban akan disimpan ke dalam sistem kemudian akan dilanjutkan dengan node yang lain sampai menemukan kesimpulan nama penyakitnya. Jika node yang dipertanyakan mempunyai jawaban tidak maka jawaban tidak akan disimpan ke dalam sistem dan akan dilanjutkan pertanyaan lain sampai menemukan jawaban ya. Node gejala penyakit disimbolkan dengan huruf G dan dimulai dari 001, sedangkan untuk penyakit disimbolkan dengan huruf P dan dimulai dari 001.

Bahasa pemprograman

Untuk bahasa pemrograman, pada jurnal sistem pakar tidak dibahas oleh penulisnya. Tetapi bila saya lihat dari jurnalnya, bahasa pemprograman yang digunakan adalah Visual Basic dengan menggunakan Ms. Access sebagai databasenya.

Oh ya, bagi anda yang ingin mengembangkan sistem pakar dengan bahasa pemprograman lainnya, bisa membaca dan mendownload beberapa ebook yang ada di blog ini untuk dipelajari, diantaranya:

  1. 2 buku gratis bahasa pemrograman web dengan PHP dan MySQL
  2.  Tutorial Java Lengkap PDF
  3. 4 buku gratis panduan belajar asp.net
  4. Ebook android gratis, download pada tulisan : sejarah android dan perkembangannya dari masa ke masa

Download

selain yang sebutkan diatas, jurnal sistem pakar ini juga berisikan batasan masalah, pohon keputusan, form penyakit, form gejala, daftar pustaka dan kesimpulan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan download, jurnal TI ~ penerapan metode backward Chaining pada sistem pakar diagnosa penyakit tulang manusia

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website