Jurnal TI ~ Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi Baru Lahir Berbasis Web

Abstrak dari Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi Baru Lahir Berbasis Web – Selama ini bayi baru lahir yang kecil atau mempunyai masalah berat dapat mengancam kehidupannya (dalam keadaan emergensi) memerlukan diagnosis dan pengelolaan segera. Terlambat dalam penanganan masalah atau manajemen yang tepat akan mengakibatkan kematian. Kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai atau terbatasnya sumber daya manusia di bidang kesehatan, menyebabkan tingginya angka kematian pada bayi baru lahir. Dengan menggunakan sistem pakar ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan manusia (Human Error) dalam diagnosa penyakit pada bayi lahir. Dengan interface yang disediakan, tenaga medis atau user hanya cukup terhubung ke Internet sudah dapat melakukan diagnosa dengan memilih pertanyaan yang ditanyakan oleh sistem untuk mencari penyakit apa yang dihadapi oleh tenaga kesehatan tersebut. Setelah memilih gejala-gejala yang terjadi pada bayi baru lahir maka akan diketahui penyakit pada bayi lahir tersebut beserta solusinya. Dengan adanya sistem pakar berbasiskan web, maka user dimanapun dapat akses ke internet dan terhubung dengan program sistem pakar ini. Sistem pakar yang telah dibuat ini diharapkan dapat membantu dalam diagnosa penyakit bayi baru lahir. Agar rancangan sistem pakar ini tidak terpaku pada metode dan teknik penelusuran yang sama, maka perlu dikembangkan dengan metode dan teknik penelusuran yang lainnya. Fasilitas update knowledge-base dari user diperlukan sebagai kemampuan sistem untuk dapat belajar sendiri sehingga tidak selalu bergantung pada administrator.

foto bayi baru lahir

Review Jurnal

Jurnal Skripsi Teknik Informatika dengan judul “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Bayi Baru Lahir” ini dibuat oleh Umar Danny, Universitas Budi Luhur Jakarta. Selain isi abstraksi di atas, Jurnal TI ini berisikan juga diantaranya:

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan berisikan penjelasan tentang latar belakang dan tujuan pembuatan skripsi sistem pakar diagnosa penyakit bayi baru lahir, dimana kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai atau terbatasnya sumber daya manusia di bidang kesehatan, menyebabkan tingginya angka kematian pada bayi baru lahir (neonatal). Sedangkan tujuan pembuatan skripsi ini untuk membantu petugas kesehatan mengetahui penyakit pada bayi baru lahir, penyebab penyakit dan solusinya.

2. Landasan Teori

Pada landasan teori skripsi sistem pakar diagnosa penyakit bayi baru lahir ini, menggunakan referensi buku kecerdasan buatan/tiruan (Artificial intelligence) dari ir. Siswanto, yang bisa Anda dapatkan juga bukunya dalam bentuk ebook secara gratis pada tulisan saya sebelumnya tutorial sistem pakar

Proses dalam pembuatan sebuah program sistem pakar melibatkan beberapa unsur, unsur yang paling berinteraksi yaitu perekayasaan pengetahuan (Knowledge enginer), pakar pada bidang keahlian (domain expert), dan pemakai akhir atau pemakai sistem pakar yang diinginkan untuk dibuat (end user). Tentunya dengan melalui proses dan langkah tahapan dari sistem pakar itu sendiri.

Bahasa pemrograman yang digunakan pada skripsi penyakit bayi baru lahir ini adalah PHP dengan databasenya MySQL.

3. Rancangan Sistem dan Aplikasi

Analisa masalah

Setiap tahun diperkirakan 4 juta bayi meninggal pada bulan pertama kehidupannya, dan dua pertiga nya meninggal pada minggu pertama. Penyebab utama kematian pada minggu pertama kehidupan adalah komplikasi kehamilan dan persalinan seperti asfiksia, sepsis dan komplikasi berat lahir rendah. Kurang lebih 98% kematian ini terjadi di negara berkembang dan sebagian besar kematian ini dapat dicegah dengan pengenalan dini dan pengobatan yang tepat. Sebetulnya penggunaan peralatan canggih tidak diperlukan untuk menolong sebagian besar bayi ini. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana seseorang yang bukan pakar atau petugas kesehatan seperti dokter, bidan dan perawat yang belum berpengalaman dapat mendiagnosa penyakit bayi baru lahir dengan tepat layaknya seorang pakar.

Rancangan Layar

Rancangan layar Konsultasi adalah inti dari sistem pakar, pada layar ini, user dapat berkonsultasi mengenai penyakit bayi baru lahir. User akan diberikan pertanyaan yang akan mengacu pada sebuah kesimpulan. Untuk menjawab user dapat memilih salah satu opsi pertanyaan sesuai dengan yang ingin dikonsultasikannya.

Artikel terkait : aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web

gambar rancangan layar menu utama

Download

Untuk lebih lengkapnya, silahkan download jurnal teknik informatika sistem pakar diagnosa penyakit bayi baru lahir berbasis web, disini. Semoga bermanfaat

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website