Jurnal TI ~ Sistem Pakar Identifikasi Jenis Daun dan Akar Rimpang untuk Pengobatan

Jurnal Teknik Informatika dengan judul sistem pakar identifikasi jenis daun dan akar untuk pengobatan berbasis mobile yang akan saya review kali ini, merupakan sebuah karya dari hasil skripsi teman saya Agung Pratama lulusan Universitas budi luhur Jakarta tahun 2014. Pada tulisan review jurnal kali ini, saya akan sedikit mengulas beberapa point penting pada jurnal ini. Oh ya, Anda juga dapat mendownload jurnal TI sistem pakar ini, pada akhir tulisan.  Berikut beberapa bagian yang penting yang ada pada jurnal ini, diantaranya:

Abstrak

Daun dan akar rimpang bisa menaklukan aneka sakit penyakit. Entah itu kanker, diabetes, hipertensi, batu ginjal,
jantung, batuk, pegal-pegal dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya jenis daun dan akar rimpang, tentu kita akan
kesulitan untuk mengidentifikasinya. Karena itu perlu dilakukan sejumlah cara untuk mengidentifikasi jenis daun
dan akar rimpang yang bermanfaat untuk pengobatan.

Dengan adanya permasalahan diatas, peneliti akan membuat aplikasi sistem pakar identifikasi jenis daun dan akar rimpang untuk pengobatan. Adapun teknik representasi pengetahuan yang digunakan pada sistem pakar ini adalah kaidah produksi dan teknik pelacakan. Teknik pelacakan yang digunakan adalah teknik pelacakan ke depan (Forward Chaining), dengan teknik penelusuran yang digunakan adalah Best First Search.

Hasil yang didapat dari penguji adalah membuat sistem pakar untuk identifikasi jenis daun dan akar rimpang untuk pengobatan, dapat dijalankan serta diakses secara mudah dengan perangkat mobile bagi para penggunanya dan meng-update secara otomatis aturan (rule) ketika dimasukkan yang baru melalui aplikasi mobile untuk admin. Manfaat yang di dapat dari sistem pakar ini adalah untuk mengenali jenis daun dan dan akar rimpang yang berkhasiat untuk pengobatan, dengan dukungan referensi dari para pakar jenis daun dan akar rimpang.

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, penulis membuat alasan menjadikan daun dan akar rimpang menjadi topik yang diangkat dalam skripsinya, berikut kalimatnya yang saya kutip ” Dewasa ini, mencuat kembali banyak orang beralih ke pengobatan herbal. Salah satunya adalah memanfaatkan khasiat daun-daun dan akar rimpang yang ada di sekitar kita. Terbukti, dari daun dan akar rimpang bisa menaklukan aneka sakit penyakit. Entah itu kanker, diabetes, hipertensi, batu ginjal, jantung, batuk, pegal-pegal dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya jenis daun dan akar rimpang, tentu kita akan kesulitan untuk mengidentifikasinya. Karena itu perlu dilakukan sejumlah cara untuk mengidentifikasi jenis daun dan akar rimpang yang bermanfaat untuk pengobatan.

Dengan adanya permasalahan diatas, peneliti akan membuat aplikasi sistem pakar untuk mengindentifikasi jenis daun dan akar rimpang berbasis mobile. Pengembangan teknologi informasi banyak memanfaatkan perangkat yang serba canggih, diantaranya dengan memanfaatkan perangkat bergerak/genggam (mobile device) seperti telpon selular (phone). Telpon selular saat ini tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh, tetapi juga sudah banyak yang mendukung aplikasi Java ME. Salah satu permasalahan yang disentuh oleh sistem pakar adalah mengindentifikasi jenis daun dan akar rimpang. Sistem pakar mampu meniru kerja seorang pakar dalam berbagai bidang salah satunya mengindentifikasi jenis daun dan akar rimpang, karena sifatnya hanya meniru kecerdasan seorang pakar jenis daun akar rimpang, maka kemampuan sistem pakar ini tidak dapat menyamai  pakar jenis daun dan akar rimpang untuk pengobatan yang sebenarnya.

2. Landasan Teori

Pada bagian landasan teori, penulis banyak mengambil konsep kecerdasan tiruan yang diambil dari buku artifial intelligence. Selain itu  ada teori tentang pemrograman java, PHP dan database

3. Analisa Masalah dan Rancangan Sistem

Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pengetahuan dari seorang pakar jenis daun dan akar
rimpang dapat dijadikan aplikasi dan digunakan untuk memecahkan masalah Jenis daun dan akar rimpang yang berkhasiat untuk pengobatan. Keterbatasan pengetahuan tentang jenis daun dan akar rimpangmengakibatkan sulitnya mengidentifikasi khasiat jenis daun dan akar rimpang.

Pada rancangan sistem, Jurnal ini memuat ERD, LRS, Spesifikasi Data dalam bentuk tabel, rancangan layar, flowchart layar identifikasi dan algoritma dari flowchart yang dibuat.

4. Implementasi dan Analisa Program

Pada bagian implementai dan analisa program, ditampilkan screenshot program yang telah dibuat dan berhasil dijalankan. Seperti tampilan halaman about me yang Anda bisa dilihat di bawah ini:

implementasi program

5. Kesimpulan

Diharapkan dengan adanya sistem pakar identifikasi jenis daun dan akar rimpang untuk pengobatan yang dibuat ini, dapat membantu user dalam mengetahui jenis daun dan akar rimpang mana yang berkhasiat untuk pengobatan. Sistem pakar ini berguna juga bagi user yang baru mempunyai usaha dibidang pengobatan herbal untuk mengetahui jenis daun dan akar rimpang untuk pengobatan.Sistem pakar ini juga dapat digunakan oleh siapa saja yang
membutuhkannya, system ini sebagai panduan jika ingin menentukan jenis daun dan akar rimpang untuk pengobatan. Tetapi tidak dianjurkan untuk dijadikan sebagai penentu diagnosa jenis daun dan akar rimpang yang mutlak/kesimpulan akhir.

Download

Jurnal yang saya bagikan ini dalam bentuk PDF, untuk mendownloadnya, silahkan klik download jurnal teknik sistem pakar identifikasi jenis daun akar rimpang untuk pengobatan

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website