Jurnal TI ~ Sistem Pakar Untuk Identifikasi Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Bunga berkhasiat menaklukan berbagai macam penyakit, di samping itu juga sebagai media pembelajaran masyarakat tentang jenis bunga yang bermanfaat bagi kesehatan. Dengan banyaknya jenis bunga, tentu kita akan kesulitan untuk mengidentifikasinya. Karena itu perlu dilakukan sejumlah cara untuk mengidentifikasi nama tanaman bunga. Dengan adanya permasalahan diatas, peneliti akan membuat aplikasi sistem pakar untuk identifikasi bunga yang bermanfaat bagi kesehatan. Aplikasi sistem pakar yang digunakan adalah Teknik pelacakan ke depan (Forward Chaining), dengan teknik penelusuran yang digunakan adalah Best First Search. Hasil yang didapat dari penguji adalah membuat sistem pakar untuk identifikasi bunga yang bermanfaat bagi kesehatan, dapat dijalankan serta diakses secara mudah dengan perangkat mobile bagi para penggunanya dan meng-update secara otomatis aturan (rule) ketika dimasukkan yang baru melalui aplikasi mobile untuk admin. Manfaat yang di dapat dari sistem pakar ini adalah untuk mengenali tanaman bunga yang bermanfaat bagi kesehatan, dengan dukungan referensi dari para pakar tanaman bunga. (Abstrak)

contoh sistem pakar berbasis mobile

Review Jurnal

Selain dari abstraksi di atas, jurnal sistem pakar untuk identifikasi bunga yang bermanfaat bagi kesehatan yang dibuat oleh Ibrahim Soleh (universitas Budi Luhur Jakarta) berisikan juga diantaranya:

1. Pendahuluan

Pada pendahuluan contoh jurnal sistem pakar ini, dijelaskan latar belakang pembuatan sistem pakar. Dimana pada kalimat pembukanya mengutip Dini Nuris Nuraini, S.Si (2014:1), yaitu: “Alam memberikan banyak sekali manfaat bagi kita, termasuk tanaman dan bunga-bunga yang terdapat padanya. Allah menciptakan segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sia-sia, begitu pula dengan penciptaan bunga. Bunga, tak sekedar menjadi alat reproduksi generatif atau memperindah lingkungan saja. Lebih dari itu, bunga juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan, bahan makanan, produk kecantikan, pewarna dan sebagainya”.

Bunga merupakan bagian dari tanaman yang biasanya indah. Umumnya bunga digunakan sebagai penghias halaman rumah. Selain itu bunga dapat pula digunakan sebagai bahan obat-obatan atau untuk kesehatan. Dengan banyaknya jenis bunga yang ada, tentu kita akan kesulitan mengidentifikasi jenis bunga yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini merupakan masalah yang ada dan berkaitan dengan tanaman bunga, diantaranya: Bagaimana membuat aplikasi sistem pakar yang bisa mendeteksi jenis bunga sebagai media pembelajaran untuk memberikan informasi ke masyarakat, jenis bunga yang bermanfaat bagi kesehatan ?

2. Landasan Teori

Pada bagian landasan teori berisikan diantaranya konsep dasar kecerdasan tiruan, sistem pakar dan komponen sistem pakar. Landasan teori pada jurnal ini sebagian besar diambil dari buku artificial intelligence (kecerdasan buatan) seperti Basis pengetahuan, mesin inferensi (inference engine), teknik depth first search, breadth first search dan teknik best first search atau pencarian terbaik.

3. Analisa Masalah dan Rancangan Sistem

Kuntum bunga banyak jenisnya, baik ciri ataupun bentuknya. Diantaranya ada bunga majemuk dan tunggal. Dari bentuknya sangat beragam, mulai dari berbentuk terompet, kecil-kecil seperti bintang dan sebagainya. Tidak kalah beragam dengan bentuknya, warnanya pun bermacam-macam ada hijau keunguan atau kuning muda, kuning, kunging semburat, ungu muda dan kemerahan.

Hal tersebut di atas membutuhkan keahlian seorang pakar untuk mengidentifikasi nama jenis bunga. Keterbatasan pengetahuan tentang jenis bunga mengakibatkan sulitnya mengidentifikasi nama bunga.

Selain analisa masalah di atas, pada rancangan sistem pakar ini diusulkan berbasis mobile agar dapat memudahkan penerimaan informasi secara cepat. Sistem ini memiliki beberapa proses sebelum mencapai sebuah keputusan yaitu proses pertanyaan dan proses memilih jawaban yang disediakan. Kemudian ada rancangan basis data seperti ERD, LRS, Spesifikasi data, rancangan layar menu utama, flowchart layar identifikasi dan Algoritma identifikasi.

4. Pembahasan

Pada bagian ini dijelaskan secara lengkap tampilan-tampilan layar pada program aplikasi Sistem Pakar. Seperti: tampilan layar awal, tampilan layar form utama, tampilan layar form identifikasi, tampilan layar form kesimpulan, tampilan layar kamus dan profil pembuat skripsi sistem pakar.

5. Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai sistem pakar untuk identifikasi bunga yang bermanfaat bagi kesehatan, dapat dihasilkan kesimpulan diantaranya: Diharapkan dengan adanya sistem pakar untuk mengidentifikasi bunga, dapat membantu memberikan informasi ke masyarakat tentang jenis bunga yang bermanfaat bagi kesehatan.

Download

Untuk lebih lengkapnya, silahkan download jurnal sistem pakar untuk identifikasi bunga dalam bentuk PDF

Bagikan Yuuk!

    One thought on “Jurnal TI ~ Sistem Pakar Untuk Identifikasi Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

    1. nur fajri June 14, 2015 at

      nama : Nur Fajri
      Kelas : x.pemasaran 3
      nama blog : bosrok.blogspot.com
      nurfajri301.gmail.com
      tugass mengenai E-Book

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website