Jurnal TI ~ Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Jenis-Jenis Burung Kicau

Jurnal Teknik Informatika pada tulisan ini, merupakan jurnal dari skripsi sistem pakar untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung kicau menggunakan metode best first search. Bagi anda yang ingin mendownload jurnal lengkapnya, silahkan download pada bagian akhir tulisan.

Review Jurnal

Beberapa point penting yang saya ambil dari jurnal yang dibuat oleh Doddy Fristanto lulusan Teknik Informatika Budi Luhur yang kebetulan teman saya ini, diantaranya:

Abstraksi

Pada bagian abtraksi, mengutip salah satu buku yang menjadi referensi pada skripsi sistem pakar untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung kicau. Sumber buku yang dijadikan acuan oleh doddy, bisa anda temukan pada bagian daftar pustaka jurnal ini.

tampilan awal program sistem pakar berbasis mobile
tampilan awal, saat program dijalankan

Bagian pendahuluan jurnal sistem pakar ini, berisikan kurang lebih sama dengan abstraksi yang dibuat, seperti saya kutip berikut ini:

“Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800-10.200 spesies burung di seluruh dunia, sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves. Dengan banyaknya jenis burung berkicau tentunya akan kesulitan bagi orang yang ingin memelihara atau menggeluti bisnis burung berkicau untuk mengeidentifikasinya. Karena itu diperlukan sejumlah cara untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung berkicau. Dengan adanya permasalahan diatas, peneliti akan membuat aplikasi sistem pakar untuk mengindentifikasi jenis-jenis burung kicau”.

Metode dan Pembuatan Program

Sistem pakar mampu meniru kerja seorang pakar dalam berbagai bidang, salah satunya mengindentifikasi jenis-jenis burung berkicau, karena sifatnya hanya meniru kecerdasan seorang pakar burung berkicau, maka kemampuan sistem pakar ini tidak dapat menyamai pakar burung berkicau yang sebenarnya.

Untuk memudahkan pengerjaan skripsi sistem pakar untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung kicau, dipilihlah metode best first search atau pencarian terbaik berbasis Mobile J2ME.

Database

Pembuatan database sistem pakar ini, banyak mengambil data-data dari buku seputar burung kicau (daftar pustaka) dan tempat riset.

baca: kampus dan internet, tempat mencari sumber referensi buat skripsi

Download

Sistem pakar yang dibuat doddy ini, diharapkan dapat membantu user dalam memilih dan membedakan burung kicau. Untuk mendownloadnya, silahkan klik jurnal sistem pakar untuk mengidentifikasi jenis-jenis burung kicau.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website