Kumpulan Jurnal Asuransi Indonesia

Pengertian asuransi – Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premium asuransi yang bertujuan untuk memberikan, diantaranya:

  1. Penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan.
  2. Tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti.
  3. Pembayaran uang yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Sedangkan usaha perasuransian merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan bukan bank yang menjanjikan perlindungan kepada pihak tertanggung (pihak yang mengasuransikan sesuatu) agar apabila terjadi sesuatu dengan yang diasuransikan tersebut di masa mendatang, pihak tertanggung akan memperoleh uang untuk mengganti (mengurangi) kerugian yang terjadi dari pihak penanggung (lembaga asuransi).

Definisi asuransi menurut web Otoritas Jasa Keuangan adalah sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Jenis-jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Banyak produk dan jenis asuransi yang berkembang di Indonesia, tetapi pada prinsipnya semua itu dimasukkan kedalam 2 Jenis asuransi, yaitu asuransi jiwa dan kerugian.

1. Asuransi jiwa

Dalam Asuransi Jiwa dikenal menjadi 2 golongan pokok, antara lain:

a. Asuransi ordinary (biasa)

Dalam produk asuransi jiwa ordinary ada beberapa produk yang juga menawarkan program investasi untuk para konsumennya, asuransi jiwa ordinary tidak hanya mengenai tentang hidup dan meninggalnya seorang pemilik polis asuransi, tetapi menyediakan juga produk untuk kelangsungan bisnis suatu perusahaan agar keuangan perusahaan tetap berjalan meskipun pelaku bisnis tersebut meninggal dunia.

Life insurance ordinary policy membagi 3 jenis produknya dalam lingkup pertanggungan jiwa tertanggung, yaitu :
1) Term life insurance (asuransi jiwa berjangka), memberikan manfaat kematian jika tertanggung meninggal dalam suatu jangka waktu tertentu.

2) Permanent life whole life insurance (asuransi jiwa tetap/seumur hidup), memberikan pertanggungan asuransi jiwa seumur hidup bagi tertanggung dan juga memiliki unsur tabungan.

3) Endowment insurance (asuransi jiwa dwiguna), memberikan manfaat polis yang dibayar pada saat tertanggung meninggal atau pada tanggal yang ditentukan jika tertanggung masih hidup sampai tanggal tersebut.

Disamping memberikan pertanggungan asuransi jiwa, perusahaan asuransi juga memasarkan berbagai produk yang dirancang untuk memberikan cara kepada konsumen untuk mendapatkan manfaat kelangsungan bisnis, manfaat bagi karyawan dan manfaat penghasilan berkala, diantaranya:

1) Business Continuation Insurance, suatu program asuransi yang dirancang untuk memungkinkan pemilik perusahaan dalam menjamin kelangsungan operasi perusahaannya jika pemilik atau key person meninggal

2) Employee Benefit Insurance, suatu program asuransi yang dirancang untuk memberikan manfaat kepada karyawan perusahaan jika meninggal dan memberikan manfaat lainnya seperti pensiun.

b. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan dibagi menjadi 2 golongan, yaitu :

1) Rawat Inap (Inpatient)
2) Rawat Jalan (outpatient)

Dalam asuransi kesehatan, perusahaan Asuransi menawarkan berbagai macam produk untuk menjamin biaya kesehatan yang akan dikeluarkan tertanggung jika sakit.

2. Jenis-jenis produk Asuransi Kerugian

Dalam Asuransi kerugian dikenal beberapa jenis asuransi, antara lain:

a. Asuransi Kebakaran

Asuransi Kebakaran adalah produk asuransi yang menjamin risiko kerugian atau kerusakan yang terjadi pada harta benda Anda terhadap risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia. Asuransi ini juga dikenal dengan nama Asuransi Semmua Risiko Harta Benda.

b. Asuransi Pengangkutan

Asuransi pengangkutan adalah produk asuransi yang bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap barang yang diangkut baik melalui darat, laut maupun udara. Asuransi pengangkutan diperuntukan bagi pemilik barang baik perseorangan, lembaga ataupun perusahaan, yang memerlukan perlindungan atas pengangkutan barang.

c. Asuransi Rekayasa (Engineering)

Asuransi Rekayasa adalah polis asuransi yang terdiri dari lima program jaminan: Asuransi Semua Risiko Kontraktor (Contractor All Risk) Asuransi Semua Risiko Pemasangan (Erection All Risk) Asuransi Kerusakan Mesin (Machinery Breakdown)

d. Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan adalah jenis asuransi khusus kendaraan, di mana resiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam pemilihan asuransi kendaraan hal-hal yang perhatikan adalah kekuatan keuangan (security), jasa (service) dan biaya atau beban.

e. Asuransi Kecelakaan Pribadi

Pengertian Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) adalah asuransi yang memberikan santunan terhadap risiko kematian, cacat total, serta biaya pengobatan yang disebabkan oleh risiko yang datang secara tiba-tiba atau tidak terduga.

f. Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi Tanggung Gugat adalah produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada Tertanggung, terhadap risiko yang timbul karena adanya tuntutan dari pihak lain (Pihak Ketiga) sehubungan dengan aktifitas personal/perusahaan milik Tertanggung. Produk Asuransi Tanggung Gugat tidak terlepas dari Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH).

g. Asuransi Bonding

Asuransi bonding (SECURITY BOND) adalah jaminan yang diterbitkan oleh Perusahaan Asuransi Kerugian, yang menjamin risiko kerugian yang mungkin akan diderita oleh pihak Pemilik Proyek (OBLIGEE) yang disebabkan pihak Pelaksana Proyek (PRINCIPAL) gagal/wan prestasi melaksanakan pekerjaannya.

gambar untuk asuransi
Image dari pixabay.com

baca juga: daftar lengkap, 90 contoh produk asuransi

Download Jurnal Asuransi

Oke, diatas telah dijelaskan mengenai jenis dan produk Asuransi, untuk menambah referensi Anda yang butuh informasi seputar asuransi yang ada di Indonesia, saya megumpulkan beberapa jurnal tentang asuransi, yang mungkin akan berguna dalam pembuatan thesis, skripsi, makalah, buku, ebook dan sebagainya.

Sesuai dengan janji saya pada tulisan sebelumnya, jurnal penelitian sebelumnya sebagai referensi untuk pembuatan skripsi dimana pada tulisan tersebut saya akan mengumpulkan beberapa jenis jurnal, tidak hanya jurnal sistem pakar.

Berikut beberapa jurnal ilmiah tentang asuransi yang bisa anda download, dalam bentuk PDF.

  1. Analisis Investasi Dalam Asuransi Syaraih di Indonesia Terhadap Portfolio Optimal. Dibuat oleh: Ade Nanda Sawitri, Alumni Fakultas Ekonomi Trisakti 2012. Untuk mendownload jurnalnya, silahkan klik disini
  2. Analisis Investasi dan Kendala Pengembangan Asuransi Syariah di Kota Medan (Jurnal Ekonomi dan Keuangan). Dibuat oleh: Rizki Redhika dan Kasyful Mahalli. Untuk mendownloadnya, silahkan klik disini
  3. Analisis Strategi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada Bumi Putera Syariah Cabang Depok (Jurnal Asuransi dan Manajemen Resiko). Dibuat oleh: Abung Fayshal dan Henny Medyawati, Mahasiswa Univ. Gunadarma, 2013. Untuk mendownloadnya silahkan klik disini
  4. Perlindungan Konsumen Asuransi Pasca Terbentuknya UU No. 21 Tahun 2011 Tentang Otoritas Jasa Keuangan. Dibuat oleh: Depris Rolan Sirait, Fakultas Hukum Univ. Atmajaya, Yogyakarta 2013. Untuk mendownloadnya, silahkan klik disini.
  5. Analisis Pengaturan Akad Tabarru’ dan Akad Tijarah Pada Asuransi Syariah Menurut Fatwa DSN Nomor 21/DSN-MUI/X/2001 Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah. Dibuat oleh: TazkiahAshfia, Sihabudin2 dan Prayudo Eri Yandono, Fakultas Hukum Univ. Brawijaya, Malang 2014. Untuk download, klik disini 
  6. Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah: Perbedaan Dalam Lingkup Akuntansi. Dibuat oleh: Nur Hidayati Rosidah, Universitas Negeri Surabaya. Untuk download, klik disini
  7. Jurnal Bisnis dan Ekonomi ~ Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Wanita Pekerja. Oleh: Tri Harsini Wahyuningsih, Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta 2015. Untuk download, klik disini
  8. Jurnal Skripsi ~ Penerapan Asas Keadilan Dalam Polis Asuransi Kendaraan Bermotor dan Perlindungan Konsumen PT. Asuransi Wahana Tata. Oleh: Nanda Indrawati, Univ. Atmajaya Yogakarta, Fakultas Hukum, 2015. Untuk download, klik disini
  9. Jurnal Ilmiah ~ Pelaksanaan Prinsip Ta’awun Dalam Pengelolaan Premi Tabarru’ Asuransi Syariah Menurut Hukum Positif Indonesia. Oleh: Agus Nuryanto, Fakultas Hukum Univ. Mataram 2015. Untuk download, klik disini
  10. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi ~ Penetapan Target Premi Asuransi Jiwa Syariah Untuk mencapai Titik Impas. Oleh: Sugeng Soedibjo dan Rachma Fitriati, Tahun 2009. Untuk download, klik disini
  11. Pertumbuhan Industri Asuransi Jiwa di Indonesia ~ Suatu Kajian Dari Sisi Penawaran. Oleh: Firdaus Djaelani dari Program Studi Kebijakkan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah mada, Jeremias T. Keban dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada, Suad Husnan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Mamduh M. Hanafi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada 2011. Untuk dwonload, klik disini

Tulisan mengenai kumpulan jurnal asuransi Indonesia ini, akan terus diupdate seiring waktu. Atau anda ingin menambahkan? Silahkan menghubungi saya lewat alamat kontak yang ada di blog ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    2 thoughts on “Kumpulan Jurnal Asuransi Indonesia

    1. Kartu kredit August 12, 2016 at

      Trimakasih atas infonya pak umardhany..

      Untuk Rekan-rekan yang ingin membuat KARTU KREDIT
      Saya ada Trik Cara membuat Kartu kredit Tanpa Slip Gaji
      Semoga bisa menambah wawasan sobat-sobat sekalian yang membutuhkannya
      Kurang pantas, sekiranya saya menjelaskan panjang lebar disini
      Untuk Penjelasannya silahkan klik link di bawah ini :
      http://goo.gl/iahJSy

    2. bpkb jaminan November 3, 2016 at

      asuransi sangat penting, terutama asuransi jiwa..

      thanks to info

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website