Lowongan Kerja IT Support, Masihkan Menjanjikan?

Tingginya angka pencari kerja di Indonesia, sayangnya tidak dibarengi dengan lowongan pekerjaan yang ada. Hal ini menyebabkan jumlah pengangguran terus bertambah seiring waktu. Dengan semakin minimnya lowongan pekerjaan yang ada tentunya tingkat persaingan para pencari pekerja akan semakin tinggi dan sulit pastinya.  Banyak usaha dilakukan baik oleh pemerintah maupun swasta dengan mendirikan sekolah/lembaga yang berorientasi atau berbasis Teknik Informatika. Hal ini untuk menunjang agar setelah mereka lulus dari sekolah langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya atau mereka dapat membuka usaha sendiri alias wiraswasta sehingga dapat menciptakan/membuka lowongan pekerjaan. Dengan begitu akan mengurangi tingginya angka pengangguran yang ada di Indonesia. Bila setiap tahun sekolah/lembaga meluluskan jutaan siswa/i-nya, ditambah  lagi lulusan Universitas baik swasta dan negeri, masihkah Anda berfikir untuk mencari lowongan pekerjaan?Atau mungkin membuka usaha sendiri? Lalu bagaimana dengan lowongan kerja IT support?

Dari paragraf pertama di atas, sebenarnya artikel kali ini membahas tentang IT Support dimana pada akhir artikel ini, Anda dapat mendownload materi IT support buat modal Anda yang mau belajar IT Support. Bila Anda bertanya kok mesti bawa-bawa pekerjaan hanya untuk share (baca:bagikan) materi IT support? Hmmm, jawaban saya adalah bila pemerintah/swasta untuk mengurangi angka pengangguran dengan membuka sekolah atau lembaga yang berbasis/berorientasi langsung ke praktek pekerjaan. Mungkin saya sebagai blogger bisa berbagi lewat tulisan dan  file-file yang saya upload untuk Anda download dengan gratis untuk dipelajari. Siapa tau dengan tulisan atau file-file yang saya upload Anda dapat belajar, dan mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan. Nah salah satunya ya mengenai pembahasan artikel IT Support ini. So, langsung saja yuuk kita mengenal IT Support lebih jauh.

Artikel lain: cara mempromosikan diri dan mengisi profil di Jobstreet

Tugas IT Support (Job Desk IT Support)

IT Support merupakan sebuah pekerjaan yang memberikan jasa atau layanan berupa instalasi software, hardware maupun maintenance (perawatan) kepada klien/pelanggannya. Pekerjaan IT Support  atau tugas dari seorang IT Support lebih dititikberatkan pada kondisi jaringan dan perangkat IT secara fisik. Mempunyai keahlian di bidang IT Support sekarang ini cukup menjanjikan, mengapa saya katakan seperti itu? Dengan berkembangnya internet bahkan sampai ke pelosok desa, tentunya dibutuhkan orang yang bisa merawat atau memaintaincenya. Belum lagi dengan banyaknya perusahaan hosting ataupun penyedia jasa layanan IT support di Indonesia, tentunya semakin menambah peluang terbukanya kesempatan untuk menempati posisi pekerjaan ini. Berdirinya banyak perusahaan/layanan di bidang IT tentunya membutuhkan banyak technical support atau dukungan teknis untuk membantu dan melayani pelanggan (klien) mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi, baik itu konfigurasi, pemakaian maupun troubleshooting. Untuk mengatasi setiap masalah yang terjadi pada pelanggan/klien, setiap perusahaan pastinya membagi tugas masing-masing IT Support. Sesuai dengan keahlian dan tingkatannya, biasanya tingkatan dalam dunia kerja IT Support atau layanan support itu terbagai atas tiga level pada sebuah perusahaan.

baca juga : Materi Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

1. IT Support Level 1

Pada tingkatan pertama ini, biasanya bertugas menerima telepon dari klien, membalas email atau chatting seputar masalah yang dihadapi oleh klien atau pelanggan. Posisi level 1 ini bisa disebut juga Customer Support ataupun IT Helpdesk yang bertugas mengarahkan klien untuk memecahkan permasalahannya seperti mengumpulkan informasi pelanggan dan menganalisa permasalahan untuk mencari tahu dasar masalah yang terjadi pada klien. IT Support level 1 ini biasanya memiliki pengetahuan umum tentang masalah yang dihadapi oleh klien seperti konfigurasi standar dan instalasi. Jika masalah klien belum bisa diselesaikan oleh Level 1 biasanya akan ditindaklanjuti oleh level 2, berdasarkan informasi-informasi yang telah dikumpulkan IT Support level 1.

2. IT Support Level 2

IT Support pada level kedua biasa disebut juga Technical Support. Untuk bekerja pada level ini diharuskan Anda memiliki pengetahuan dalam penanganan teknis. Seperti pemantauan performa server, mampu menangani downtime server, troubleshooting, hingga melakukan remote hosting client untuk penanganan lebih dalam.

3. IT Support Level 3

Level ketiga lebih dikenal dengan nama Advanced Support. Untuk berada posisi ini, Anda diharuskan menguasai(memiliki) kemampuan konfigurasi ulang, instalasi ulang, dan merancang program tambahan, dengan tetap mempertahankan integritas data di server.  Level III bekerja untuk memberikan solusi untuk masalah-masalah baru, yang tidak bisa dipecahkan oleh level II.

gambar advanced it support
gambar dari www.mediabisnisonline.com

Menarik bukan pekerjaan IT Support di atas? Untuk proses menuju ke arah sana Anda pun pasti bisa. Dari pengalaman saya sendiri, banyak kok teman-teman saya yang belajar secara otodidak(belajar sendiri) walaupun dia hanya tamatan SMA/SMK, dan setau saya gaji seorang IT Support biasanya sudah di atas UMR (tergantung posisi level IT support).  So, bila Anda mau belajar saya mempunyai materi yang bisa Anda download untuk dipelajari.

Artikel terkait  : contoh surat lamaran kerja dengan microsoft word 2007 

Download Materi IT Support 

Materi belajar IT Support ini berbentuk PPT (powerpoint) ada dua bagian yang bisa Anda download, di bawah ini:

1. Download IT Support  sebanyak 192 halaman

2. Download cara pemasangan kabel (sistem pengkabelan) sebanyak 10 halaman

Bisa disimpulkan bahwa  pekerjaan IT Support masih sangat menjanjikan bukan? Masih tertarik dengan lowongan kerja IT Support? Demikian artikel seputar IT support. Semoga ada manfaatnya.    

Bagikan Yuuk!

    13 thoughts on “Lowongan Kerja IT Support, Masihkan Menjanjikan?

    1. hendry May 22, 2014 at

      Nice article…..Gan umar

      • umar danny May 22, 2014 at

        thanks kunjungannya..

    2. Hamim FA May 23, 2014 at

      wah… informasinya bagus banget mas, ga cuma tutorial aja tapi info2 yang lain juga sip, nambah wawasan saya… thanks ya mas 🙂

      • umar danny May 23, 2014 at

        oke sama-sama mas, thanks juga atas kunjungannya 🙂

    3. Sunandar May 27, 2014 at

      menarik sekali mas, saya mending pilih yang IT Support Level 1 :p

      mampir balik ya mas.

      • umar danny May 27, 2014 at

        untuk lowongan kerja it support, level 3 yang paling oke mas, tapi tanggungjawab yang paling tinggi…udah kok mampir ke websitenya mas.. 🙂

    4. harry November 13, 2014 at

      emang ada enak sama enganya mas jadi it support, ane juga kerja sebagai it support, klo lagi nga ada kerjaan nyantai, salam kenal mas, kunjung balik ya

    5. Ferry May 5, 2015 at

      mantep postingannya (y)

      • umar danny May 5, 2015 at

        @ferry: makasih kunjungannya

    6. Erwin November 14, 2015 at

      Izin download ppt nya mas buat belajar.. btw, nice share mas.. thank you.. 🙂

      • umar danny November 14, 2015 at

        @erwin: oke, silahkan mas

    7. Archie Chuenca December 21, 2015 at

      jadi staff IT entu bener-bener harus memiliki kemampuan analisa yang baik & mesti memiliki tingkat kesabaran yang tinggi

      • umar danny December 21, 2015 at

        @archie: Hampir semua pekerjaan tidak terkecuali staff IT harus memiliki kesabaran mas apalgi kalau lagi banyak komplain atau trouble

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website