Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut dan Obat Diabetes Melitus

Lidah buaya awalnya merupakan tanaman lidah buaya yang tumbuh liar. Sekarang sudah menjadi primadona bisnis.  Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai tanaman hias, yakni ditanam dalam pot. Lebih menariknya lagi, bila media pot diberi dari tanah subur dan pupuk organik. Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagai manfaat lidah buaya untuk rambut , obat diabetes melitus, obat sembelit, obat wasir, obat kencing darah dan obat luka terbakar atau tersiram air panas. 

Nama lain lidah buaya 
Lidah buaya mempunyai nama latin aloe vera linn, nama daerah lidah buaya adalah ilat baya (Jawa), letah buaya (Sunda). Sedangkan untuk nama asing crocodiles tongues (Inggris), Jadam (Malaysia), Salvila (Spanyol), Lu hui (China). Sinonim lidah buaya diantaranya aloe barbadensis, mill. aloe vulgaris, lamk.

Ciri-ciri lidah buaya
Lidah buaya mempunyai akar serabut pendek dan berada di permukaan tanah. Panjang akar berkisar antara 50-100 cm. Batang lidah buaya pendek, bahkan nyaris tidak kelihatan. Hal itu dikarenakan batangnya tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Melalui batang ini akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadi anakan. Lidah yang bertangkai panjang juga muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun. Dari batangnya bisa disetek untuk perbanyakan tanaman.

manfaat lidah buaya
manfaat lidah buaya

Daun lidah buaya mirip dengan “lidahnya buaya” atau “pedang”, karena bergerigi dan ujungnya meruncing. Berbentuk pita dengan helaian duri lemas dipinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 50-70 cm, dengan berat 0,5 kg – 1 kg, daun melingkar rapat di sekeliling batang bersaf-saf. Daunnya berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, bersifat sukulen (banyak mengandung air) dan banyak mengandung getah atau lendir (gel) sebagai bahan baku obat. Hebatnya, justru bersifat sukulen, ia tahan terhadap kekeringan.

Bunga lidah buaya berwarna kuning atau kemerahan berupa pipa yang mengumpul, keluar dari ketiak daun. Bunga berukuran kecil, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Bunga biasanya muncul bila ditanam dipegunungan. Bunga bertangkai yang panjangnya 60-90 cm.

6 Manfaat Lidah Buaya yang sangat luar biasa !!!
Berikut bahan, cara membuat dan menggunakan manfaat lidah buaya yang sangat  luar biasa, diantaranya:

1. Penyubur rambut 
Bahan:
daun lidah buaya: secukupnya
Cara Membuat
Daun lidah buaya dicuci bersih, dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar(gel).
Cara Menggunakan:
Digosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain. Esok harinya rambut dicuci. Lakukan selama 2-3 bulan rambut jadi subur dan indah

2. Luka Terbakar atau tersiram air panas
Bahan:
daun lidah buaya: secukupnya
Cara Membuat 
Daun lidah buaya dicuci bersih, dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar(gel).
Cara Menggunakan: 
Tempelkan pada bagian tubuh yang terluka

3. Diabetes melitus
Bahan:
–  Daun lidah buaya: 1 batang
– Air bersih : 3 gelas
Cara Membuat
Daun lidah buaya dicuci bersih, dibuang durinya, lantas dipotong-potong seperlunya. Direbus dengan air sampai menjadi 1 1/2 (satu setengah) gelas.
Cara Menggunakan:
Diminum 3 kali sehari, setiap minum 1/2 (setengah) gelas, sehabis makan.

4. Kencing Darah
Bahan:
– Daun lidah buaya: 15 gram
–  Gula pasir : 30 gram
–  Air beras : secukupnya
Cara Membuat
Daun lidah buaya dicuci bersih, dibuang durinya, lantas dipotong-potong seperlunya. Diperas dan ditambah gula pasir dan air beras, diaduk kemudian disaring.
Cara Menggunakan:
Diminum 3 kali sehari

5. Wasir
Bahan:
– Daun lidah buaya: 1/2 (setengah) batang
– Air matang : 1/2 (setengah) cangkir
– Madu : 2 sendok makan
Cara Membuat
Daun lidah buaya dicuci bersih, dibuang durinya, lantas dipotong-potong seperlunya. Diparut dan ditambah air matang dan madu, diaduk kemudian disaring.
Cara Menggunakan:
Diminum 3 kali sehari

6. Sembelit
Bahan:
– Daun lidah buaya : 1/2 (setengah) batang
– Air panas : 1/2 (setengah) cangkir
– Madu : 1 sendok makan
Cara Membuat
Daun lidah buaya dicuci bersih, dibuang kulit dan durinya, lantas dicincang. Diseduh dengan air panas dan tambahkan madu.
Cara Menggunakan:
Dimakan hangat-hangat 2 kali sehari

Artikel manfaat lidah buaya untuk rambut dan diabetes ini diambil dari buku karangan Hienronymus Budi Santoso (tumpas penyakit dengan 40 daun akar 10 akar rimpang). Semoga bermanfaat.

Bagikan Yuuk!

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website