Manfaat Sayuran untuk kesehatan kulit

sayur bayam untuk kulit
gambar sayuran untuk kesehatan kulit

Manfaat sayuran untuk kesehatan kulit  Sayur-sayuran bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit selain buah-buahan. Sayur-sayuran sangat kaya dengan berbagai zat gizi, terutama sayuran berserat tinggi.

Kandungan zat gizi alami dalam sayuran sangat banyak, diantaranya vitamin A dan Vitamin C. Unsur mineral yang terkandung pada sayuran juga sangat banyak, seperti: kalsium, magnesium, zat besi, seng, fosfor, dan sebagainya. Selain itu didalam sayuran juga terdapat serat, enzim, pigmen, atau zat pewarna alami seperti: karotena, klorofil dan flavonoid.

Sayuran berwarna hijau dan sayuran berwarna oranye mengandung karotena yang berfungsi sebagai antioksian.  Sedangkan flavonoid berperan sebagai antialergi, antiperadagangan, antikarsinogen dan antivirus.  Kloforil juga berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker, sebagaimana pigmen lainnya.

baca juga: merokok itu tidak keren tapi berbahaya, stop merokok untuk hidup sehat

Diantara banyaknya  sayuran yang ada di bumi kita Indonesia ini, berikut  sayuran yang memberi manfaat paling banyak untuk kulit Anda diantaranya:

  1. Bayam mengandung vitamin A, B2, B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, kromium, lodium, zat besi, magnesium, mangaan, fosfor, kalium, seleniun, natrium, seng, dan serat.Manfaat Bayam yang mungkin belum anda ketahui, diantaranya terdapat 13 jenis senyawa flavonoid pada bayam dapat menurunkan risiko penyakit penyakit, stroke, dan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, payudara, dan kaker serviks. Kandungan gizi pada bayam juga membuat sayuran ini berkhasiat untuk menyehatkan kulit dan menurunkan risiko kanker.
  2. WortelWortel mengandung vitamin B1, B3, B5, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, iodium, zat besi, magnesium, mangaan, fosfor, kalium, selenium, seng, dan serat.Wortel berkhasiat untuk kesehatan mata juga menjaga kesehatan mata. Wortel merupakan sumber beta-karoten terbaik, salah satu senyawa karotenoid yang dikonversikan menjadi vitamin A dalam tubuh yang berfungsi untuk memperkuat sel dalam melawan serangan virus, menumpas sel kanker, mencegah terjdinya penyakit jantung, menjaga kesehatan kulit, dan mempertajam penglihatan. Beta Karoten juga mempunyai efek penyembuhan kulit terhadap kulit, seperti eksim, infeksi kulit, dan jerawat.Manfaat wortel bagi kulit diperoleh dari kandungan K pada sayuran ini, penting untuk pembentukan darah akibat luka dan penyembuhan luka.
  3. BrokoliKandungan gizi yang terdapat pada brokoli antara lain vitamin B1, B3, B5, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, iodium, zat besi, magnesium, mangaan, fosfor, kalium, seng, dan serat.Vitamin A pada brokoli mengandung antioksidan yang lebih baik dibandingkan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C. Manfaat brokoli  lainnya untuk peremajaan kulit karena kandungan vitamin A yang dapat membantu menghambat dan memperlambat penuaan pada kulit.
  4. Selada AirKandungan gizi pada selada air antara lain vitamin B1, B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, iodium, zat besi, magnesium, mangaan, fosfor, kalium, dan seng.Selada air mengandung kalsium lebih banyak daripada susu, zat besi lebih banyak daripada bayam, dan vitamin C sebanyak jeruk. Keunggulan-keunggulan ini membuat selada air menjadi makanan terbaik untuk kesehatan tulang, darah, dan sistem kekebalan tubuh.Manfaat selada air lainnya mengandung glukosinolat, yaitu senyawa kimia yang dapat memperkuat aktivitas enzim pencegahan kanker. Kandungan vitamin B6 pada selada air memabntu meningkatkan aksi fagosit, yaitu sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan dengan cara menelan patogen. Peran fagosit sangat vital untuk melawan infeksi, bakteri, partikel asing yang mungkin masuk ke dalam tubuh, dan sel yang mati. Kandungan nutrisi pada selada air juga membuat sayuran ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan membersihkan racun dari dalam tubuh.
  5. Sawi HijauKandungan gizi pada sawi hijau antara lain Vitamin A, B2, B6, dan C, kalium, fosfor, tembaga, magnesium, zat besi, dan protein. Berbagai kandungan atau manfaat sawi hijau antara lain mencegah kanker, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung; membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan; mencegah mengobati penyakit pelagra; dan menghindarkan ibu hamil dari anemia.Sawi mengandung serat yang tinggi, yang membantu mengontrol kadar kolesterol, membantu mengatasi wasir, sembelit, dan penyakit kanker usus besar. Sawi hijau juga kaya antioksidan. Beberapa ahli menyatakan bahwa kandungan vitamin C pada sawi hijau kadarnya hampir sama dengan jeruk sehingga sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Kandungan vitamin A pada sawi hijau juga banyak, yang merupakan zat gizi penting untuk menjaga kulit dan penglihatan.

gambar brokoli

Kelima sayuran yang disebutkan diatas merupakan sayuran yang masih banyak kita jumpai, disamping harganya yang tidak terlalu mahal. So, mulailah beralih memanfaatkan sayuran untuk kesehatan kulit.

 

Bagikan Yuuk!

    One thought on “Manfaat Sayuran untuk kesehatan kulit

    1. lilik August 11, 2016 at

      Konsumsi sayuran dianjurkan bervariasi agar manfaatnya akan efektif buat tubuh.

    Leave a Reply

    Name *
    Email *
    Website